10 Daftar Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Popular Dan Enak

Kuliner Khas Kebumen - Tersebut daftar dan rujukan kuliner enak khas Kebumen yang perlu dicoba. Kota Walet ini kenyataannya mempunyai sebagian makanan tradisional yg tidak kalah lezat jika di banding dengan kuliner kota-kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, ataupun Bandung.

Nah, buat anda yang kebetulan lagi liburan atau mudik ke kota Kebumen, sempatkanlah untuk mencicipi sajian kulinernya yang popular enak menggoyang lidah. Apabila perlu, bawain beberapa buat oleh-oleh rekanan atau keluarga anda. Yuk, selekasnya saja simak daftar makanan khas Kebumen yang paling enak itu.

Berikut 10 Daftar Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Popular Dan Enak

1. Nasi Penggel 

Nasi Penggel

Nasi Penggel yaitu makanan khas Kebumen yang berupa nasi berbentuk bulat seperti bola pingpong yang disajikan diatas pincuk daun pisang. Nasi itu lantas di beri sayur nangka (jangan sampai gori) serta lauk berupa kikil atau jeroan sapi.

Satu pincuk umumnya di isi 7–8 penggel. Perasaan yang gurih dan mengenyangkan pas banget untuk menjadikan sarapan saat pagi hari. Seporsi nasi penggel bisa ditebus dengan harga 8–10 ribu rupiah.

Saat ini, makanan khas ini makin langka dan hanya bisa anda peroleh di sebagian tempat khusus saja. Oya, Nasi Penggel ini konon kabarnya hanya bisa diketahui waktu pagi hari saja lho, jadi apabila sudah siangan dikit sudah susah diketahui.

2. Sate Ambal 

Sate Ambal

Siapa seh yg tidak kenal dengan Sate Ambal? Buat anda yang asli Kebumen atau yang umum bertandang di kota ini tentu sudah tak asing dengan makanan yang satu ini. Sate ayam khas Kebumen yang popular dan legendaris ini bisa pula anda peroleh di luar daerah Kebumen.

Sama seperti namanya, sate Ambal datang dari desa Ambalresmi, kecamatan Ambal yang ada di pesisir selatan Kebumen. Sepintas memang sama dengan sate Madura, namun bumbu yang digunakan sate Ambal ini jauh berbeda.

Apabila sate Madura biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan basic bumbunya, lain tentang dengan sate Ambal yang menggunakan sambal tempe untuk bikin citarasa yang unik lewat rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan berbagai rempah yang lain.

Terlebih dulu dibakar, daging satenya telah dimasak lebih dahulu sampai perasaan lembut dan gurih. Sate Ambal biasanya disajikan terpisah dari bumbunya, lengkap dengan potongan lontong atau ketupat. Untuk nikmati rasa sate Ambal yang maknyus top markotop di Kebumen, anda cukup mengeluarkan uang pada 10–15 ribu saja. Murah meriah banget bukan?

3. Sale Pisang 

Sale Pisang

Nah, apabila jajanan khas Kebumen yang satu ini biasanya dibeli untuk oleh-oleh atau oleh-oleh. Oleh-oleh khas ini datang dari desa Mangli, kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Sale pisang ini di buat dari buah pisang yang irislah tipis lantas dikeringkan lewat langkah dijemur untuk membuatnya tahan lama. Kemudian, pisang kering ini digoreng dengan tepung terigu. Perasaan manis legit dan ada gurih-gurihnya gitu.

4. Soto Tamanwinangun 

Soto Tamanwinangun

Bukan hanya Kudus dan Semarang yang popular akan kelezatan sotonya, Kebumen juga punyai soto khas yang perasaan bisa diadu. Tak meyakini? Cobain deh soto Tamanwinangun yang datang dari dari Tamanwinangun, Kebumen.

Berbeda dengan soto-soto yang lain, soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok atau itik Serati. Di masing-masing suwiran dagingnya, bumbu soto terasa meresap sempurna.

Soto ini tidak menggunakan kuah bening seperti soto umumnya, namun memakai kuah santan yang berpadu dengan kaldu entok yang nikmat dan gurih. Seporsi soto Tamanwinangun biasanya dilengkapi dengan potongan ketupat yang buat kenyang.

5. Yutuk Goreng 

Yutuk Goreng

Yutuk yakni sejenis hewan laut yang mudah diketahui di pesisir pantai Kebumen, terutama pantai Petanahan. Oleh warga setempat, hewan bercangkang yang sama undur-undur ini diolah jadi bakwan ataupun rempeyek khas yang renyah dan gurih sama udang.

Apabila berkunjung ke pantai Petanahan, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Bakwan atau rempeyek yutuk ini paling enak menjadikan pelengkap saat menyantap pecel yang juga umum dijajakan di sana.

Harga nya murah banget kok hanya 5 ribu untuk seporsi pecel dan seribu rupiah untuk satu peyek yutuk, anda sudah bisa nikmati makanan khas ini. Oya, rempeyek yutuk ini bisa sering disebut dengan nama rempeyek undur-undur.

6. Soto Ayam Petanahan 

Soto Ayam Petanahan
Kecuali popular akan peyek yutuknya, daerah Petanahan juga popular akan kelezatan sotonya. Satu di antara soto khas Petanahan yang popular enak yakni soto Sukarman atau yang dikenal juga dengan nama Pak Kored.

Soto Petanahan ini di isi suwiran daging, lengkap dengan toge dan potongan ketupat. Anda tak akan dapatkan potongan kubis dan soun seperti soto umumnya.

Kuah soto Petanahan ini tampak kental dan terasa gurih karna disajikan dengan bumbu rempah seperti kunyit dan jahe yang menambah citarasa soto ini. Karna porsinya banyak, seporsi sudah bisa untuk anda kenyang! Tetapi, apabila perut anda tetap masih muat ya silahkan nambah lagi, hehe.

7. Bengkoang 

Bengkoang

Apabila Jogja popular dengan buah salak dan Malang popular akan buah apelnya, jadi Kebumen popular dengan bengkoangnya. Jika anda berkunjung ke kebumen jadi akan banyak saksikan sebagian penjual bengkoang di sepanjang jalan kota Kebumen.

Oya, untuk daerah penghasil bengkoang di Kebumen yang cukup popular yakni kecamatan Prembun. Bengkoang khas Prembun Kebumen ini perasaan lebih manis, warnanya lebih putih bersih, dan mempunyai bentuk lebih ideal dibanding dengan bengkoang/bengkuang di daerah lain.

Umbi-umbian yang kaya akan air ini cocok di konsumsi saat cuaca panas dan biasanya digunakan untuk gabungan rujak petis. Cobain deh, benar-benar maknyus lho!

8. Gula Merah


Perlu teman dekat traveler ketahui, Kebumen yaitu satu di antara daerah penghasil gula merah atau guka jawa yang cukup popular. Jadi, tak ada salahnya apabila anda membawa pulang gula merah khas Kebumen untuk gabungan masakan anda agar lebih nikmat dan lezat.

Gula merah ini diolah dengan bahan seperti air nira dari pohon kelapa, waktu lalu air nira di masak menggunakan wajan dan api selama kurang lebih 2-3 jam sampai air nira kental.

Air nira yang sudah kental atau sudah jadi gula cair diangkat dan di aduk, lalu gula di buat lantas ditinggalkan sampai gula itu dingin dan jadi keras. Oya, gula merah khas Kebumen ini konon kabarnya tidak ada menggunakan bahan pengawet lho, jadi lebih aman dikonsumsi bukan?

9. Jipang Kacang 

Jipang Kacang

Jipang Kacang yakni camilan manis yang unik untuk menjadikan oleh-oleh khas Kebumen yang murah dan tahan lama. Konon kabarnya, Jipang Kacang ini sudah diproduksi lewat cara tradisional sejak mulai dulu sampai sekarang ini dengan melindungi rasa aslinya.

Bahan-bahannya juga cukup sederhana, yaitu kacang, gula jawa, serta minyak sayur. Sensasi lengket di gigi khas gula jawa demikian terasa saat anda nikmati makanan ringan yang satu ini. Buat anda yang lagi sakit gigi mending tak perlu nyobain jajanan ini dulu ya guys.

10. Lanting 

Lanting Khas Kebumen

Lanting atau Klanthing termasuk satu di antara oleh-oleh khas Kebumen yang demikian popular kecuali Sale Pisang dan Jipang Kacang. Bahkan kota Kebumen juga sering dijuluki kota Lanting. Makanan kering berbentuk angka delapan ini menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya.

Pada awalnya, lanting ini hanya memiliki dua rasa saja, yaitu original dan bawang goreng. Tetapi, berbarengan dengan pergantian zaman sekarang ini lanting diproduksi dengan berbagai rasa, seperti rasa balado, keju, pedas manis, jagung bakar, dan rasa yang lain.

Perasaan yang gurih dan renyah bakal untuk anda ketagihan loh guys. Mungkin saja saja anda tak akan berhenti mengonsumsinya terlebih dulu habis sebungkus. Apabila anda mudik atau bertandang di Kebumen, jangan sampai melupakan camilan enak yang satu ini.

Nah, itu dia guys berbagai makanan lezat khas kota Kebumen yang perlu anda cobain saat menyambangi kota ini. Buat anda yang punyak rujukan kuliner enak di Kebumen yang lain bisa sharing lewat kolom komentar, semoga bermanfaat.