20 Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Keren Banget

Tempat Wisata Di Klaten - Berikut daftar obyek wisata di Klaten Jawa Tengah yang terbagus serta menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, tempat rekreasi keluarga, lokasi untuk berlibur anak, wisata air, wisata paling baru, hingga kuliner Klaten ada semuanya di sini.

20 Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Keren Banget

Sebagai daerah yang terdapat pada Jogja serta Solo, Kota Klaten mempunyai tempat yang cukup strategis sebagai tempat transit untuk beberapa traveler. Walau termasuk juga kota kecil, Klaten mempunyai banyak object wisata yang layak untuk dikunjungi.

Akomodasi yang ada di Lokasi Klaten Jateng termasuk juga komplit, mulai dari hotel/penginapan, transportasi, tempat tinggal makan, serta jalan yang bagus ada semuanya di sini. Tidak kalah deh sama Jogja serta Solo. Nah, untuk Anda yang menginginkan coba menjelajahi pariwisata Klaten,

Tempat Plesir sudah mempersiapkan daftarnya. Yuk, simak referensi obyek wisata asyik serta seru yang ada di daerah Klaten serta sekitarnya tersebut!

Berikut Daftar Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah Yang Bagus, Menarik, Serta Harus Dikunjungi

1. Umbul Ponggok Klaten

 Umbul Ponggok Klaten

Obyek wisata air di Klaten yang satu ini cocok banget untuk Anda yang menginginkan rasakan menyelam (diving) sebelumnya betul-betul terjun ke laut. Umbul Ponggok Klaten dapat jadi tempat latihan diving atau snorkeling Anda. Kolam alami dengan kedalaman pada satu sampai tiga mtr. ini sering dikunjungi oleh wisatawan untuk lakukan snorkeling serta bebrapa photo bawah air. Jadi begitu sayang bila Anda tak mendokumentasikannya lewat photo.

Pasalnya, ada panorama bawah air berbentuk bebatuan alami yang berpadu dengan warna-warni dari beragam type ikan. Di kolam ini ada ikan air tawar serta basic kolamnya adalah pasir, hingga wisatawan dapat snorkeling sembari lihat ikan berwarna-warni di sini.

Umbul Ponggok tempatnya ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Obyek wisata di Klaten Umbul Ponggok ini adalah satu kolam besar yang memiliki ukuran 6000 mtr. persegi yang juga memakai sumber mata air hingga airnya cukup jernih.

2. Object Mata Air Cokro (OMAC) /Umbul Cokro Tulung

Object Mata Air Cokro (OMAC) /Umbul Cokro Tulung

Obyek wisata yang bagus di Klaten seluas 10 hektar ini sesungguhnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra (OMAC). Tetapi, lebih populer dengan sebutan Umbul Cokro Tulung lantaran letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten.

Di sini ada kolam renang atau sejenis waterpark dengan beragam permainan, diluar itu juga ada kolam renang alami yang datang dari mata air murni. Air di tempat wisata ini jernih serta fresh lantaran segera dari mata air Cakra.

Tidak cuma itu, wisata Cokro Klaten juga menyuguhkan wahana yang lain, seperti waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, serta flying fox. Pas buat lokasi untuk berlibur anak serta keluarga di Klaten.

3. Museum Gula Jawa Tengah 

Museum Gula Jawa Tengah

Museum Gula Jawa Tengah termasuk juga satu diantara obyek wisata anak serta keluarga yang ada di Klaten. Tempat wisata ini lebih di kenal dengan sebutan Museum Gula Gondang Winangoen atau Museum Gula Klaten.

Hal semacam itu lantaran museum ini terdapat di Pabrik Gula Gondang Winangoen punya PTPN IX. Tempat-nya terdapat di Jalan Raya Jogja–Solo Km. 25, Klaten – Jawa Tengah.

Lantaran berbentuk museum, jadi ditempat ini terdapat banyak beragam jenis benda bersejarah yang ada hubungan dengan industri gula serta perubahannya. Sebagian koleksi dari Museum Gula Jawa Tengah yaitu perlengkapan mesin giling yg tidak terpakai, lokomotif pengangkut tebu jaman dahulu, maket pabrik gula, beberapa macam type tebu dan lain-lain.

Terkecuali museum, di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru juga ada agrowisata yang tawarkan wisata keluarga yang menarik dan rest ruang serta kopi Banaran Cafe. Untuk Anda yang tengah melintas di ruas jalan Yogya Solo bisa singgah di sini sebatas melepas capek serta nikmati secangkir kopi atau teh.

4. Candi Prambanan 

 Candi Prambanan

Dengan cara geografis, Candi Prambanan memanglah termasuk juga lokasi Sleman, D. I. Yogyakarta. Tetapi, lantaran tempatnya terdapat di perbatasan Kabupaten Klaten serta Propinsi Yogyakarta, jadi candi ini populer sebagai satu diantara obyek wisata yang bagus di Klaten Jateng.

Candi Prambanan dapat disebutkan satu tempat wisata yang telah mendunia. Tempat ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Tidak salah bila Candi Prambanan masuk dalam daftar obyek wisata di Klaten yang harus dikunjungi.

Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari era ke-9 yang mempunyai ketinggian bangunan sekitaran 47 mtr.. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah Candi Hindu paling cantik di dunia serta Candi Hindu paling besar di Indonesia. Jam buka mulai jam 08. 00 – 17. 00 WIB. Harga tiket masuk Candi Prambanan sekitaran Rp. 20. 000, -/orang.

5. Air Terjun Luweng Sampang 

Air Terjun Luweng Sampang

Luweng Sampang termasuk juga obyek wisata air terjun di Klaten yang eksotis serta indah. Bahkan juga ada yang menyebutnya serupa Grand Canyon. Tempat serta alamat air terjun ini terdapat di perbatasan pada Kabupaten Klaten serta Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk tempat tepatnya ada di di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tetapi bersebelahan segera dengan Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Oleh karenanya, air terjun ini juga dikenal dengan sebutan Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno.

Luweng Sampang adalah satu air terjun yang mempunyai bentuk serta ornament unik hasil pengikisan air sungai yang tampak terang melukis tubuh sungai yang berbentuk batu. Air terjun kecil terlihat dari celah yang membelah batu hingga membuat gua atau luweng. Hal itu yang mengakibatkan air terjun ini dimaksud Luweng Sampang.

6. Curug Bayat/Curug Indah Tegal Rejo 

Curug Bayat/Curug Indah Tegal Rejo

Dengan cara administratif. Curug Indah Tegalrejo ini sesungguhnya terdapat di Tegalrejo, ujung timur Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun, orang-orang setempat juga menyebutnya Curug Bayat, lantaran tempatnya yang bersebelahan dengan daerah Bayat, Klaten.

Untuk akses menuju ke tempat ini, memanglah tambah lebih cepat bila Anda melalui Klaten lantas belok ke selatan menuju Bayat. Dari Yogyakarta, Anda dapat hingga ke Curug Indah Tegalrejo dalam periode waktu 1 jam, dengan memakai motor atau mobil.

Curug atau air terjun ini termasuk juga obyek wisata alam di Klaten yang masihlah tidak sering dikunjungi. Air terjun ini terbagi dalam sebagian curug yang bertingkat serta dinaungi pohon-pohon hijau di kanan kirinya.

Bila Anda miliki nyali, dapat coba terjun dari atas tebing ke curug di bawahnya. Namun hati-hati, lantaran curugnya cukup dangkal. Salah-salah Anda jadi dapat cidera waktu liburan.

Untuk datang ke curug ini, Anda cuma dipungut cost parkir yang dikelola oleh warga sekitaran. Di Curug Indah Tegalrejo situasi asri khas pedesaan bakal merasa begitu kental. Anda akan tidak kerap berjumpa sesama wisatawan disini.

Malah warga sekitaran serta anak-anak sekolah yang berniat singgah untuk beri kesegaran tubuh dengan air dari sumber mata air murni lah yang seringkali Anda temui. Damai, tenang, serta tradisional. Demikianlah deskripsi Curug Indah Tegalrejo.

7. Deles Indah Klaten 

 Deles Indah Klaten

Deles Indah Klaten terdapat di kaki Gunung Merapi samping timur. Tepatnya di desa Sidorejo, kecamatan Kemalang. Tempat wisata alam di Klaten yang satu ini tawarkan panorama puncak Gunung Merapi yang legendaris serta indah. Harga tiket masuknya cukup murah meriah sekitaran kurang dari 5 ribu rupiah.

Potensi wisata di Deles Indah ini sesungguhnya begitu melimpah. Kita tidak hanya dapat nikmati situasi alam pegunungan dengan panorama hijaunya. Terdapat banyak peninggalan histori yang dapat kita dapatkan di Deles Indah diantaranya Sisa pasanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, dan Gua Sapuangin.

8. Lokasi Janti 

Pemancingan Janti

Nah, bila tempat wisata di Klaten yang satu ini pas buat traveler yang kegemaran mancing serta kuliner olahan ikan air tawar. Janti adalah satu desa yang ada di kecamatan Polanharjo. Desa ini populer dengan ruang pemancingannya.

Tempat desa Janti tidaklah terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Masuk desa Janti kita bakal menjumpai banyak pemancingan yang umumnya jadi satu dengan resto. Waktu hari libur lokasi Janti banyak dikunjungi oleh orang-orang dari Kota Solo serta sekitarnya, Jogja bahkan juga Semarang.

Ruang persawahan yang luas juga bikin lokasi ini merasa begitu damai. Di lokasi ini dapat ada satu umbul yaitu Umbul Nilo. Ukurannya memanglah tidaklah terlalu besar tetapi telah cukup untuk beri kesegaran diri

9. River Boarding di Kali Pusur  

River Boarding di Kali Pusur

Untuk Anda yang sukai river boarding, harus deh coba wisata air di Klaten yang satu ini. Namanya River Boarding Kali Pusur. Di sungai ini, Anda akan melewati tiga desa di Kecamatan Tulung serta Polanharjo, Klaten sejauh 10 km..

Anda akan rasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang beragam, ada saatnya deras, jeram serta pelan. Namun janganlah cemas, tiap-tiap pengarungan boarding akan didampingi dua orang operator.

Untuk dapat nikmati keseruan river boarding ini, Anda butuh sediakan duit Rp 150. 000/orang. Obyek wisata ini letaknya tidak jauh dari wisata air Cokro Tulung. Tidak kalah seru deh apabila dibanding dengan cave tubing Goa Pindul atau Kali Suci di lokasi obyek wisata Jogja.

10. Umbul Jalatunda 

Umbul Jalatunda/Jolotundo

Kabupaten Klaten kelihatannya memanglah surganya wisata air. Satu diantara tempat wisata air yang unik yaitu Umbul Jalatunda. Di sini Anda bisa berenang di kolam pemandian yang luas ditemani ikan-ikan kecil.

Konon tempat ini di bangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 hingga belum banyak alami pergantian, yaitu ada banyak kolam dengan kedalaman yang tidak sama serta semasing kolam dipisahkan dengan dinding batu. Kolam pemandian ini terdapat di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 km. utara Kota Klaten. Anda dapat nikmati kesegaran air yang selalu mengalir dengan tiket masuk yang murah meriah yakni Rp 3. 000, -.

11. Umbul Kapilaler 

Umbul Kapilaler

Tempat Umbul Kapilaler ada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Tempat wisata ini yaitu tempat pemandian putri yang masihlah dipakai orang-orang setempat untuk mandi.

Basic kolam ini masihlah berbentuk batu serta tanah. Umbul ini ada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga digunakan oleh satu perusahaan air minum untuk dikemas jadi air minum paket.

Umbul Kapilaler ini tidaklah terlalu besar. Ada dibawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang bikin wisatawan kerasan untuk berlama-lama di sini.

Tak dipungut cost spesial untuk nikmati umbul ini dengan kata lain gratis. Cuma saja saat sore serta pagi hari umbul ini dipakai orang-orang setempat untuk mandi.

12. Lepen Kencono 

Lepen Kencono

Untuk Anda yang tengah mencari obyek wisata anak di Klaten, cobalah deh datang ke Lepen Kencono. Object wisata ini bisa disebut ramah keluarga serta anak-anak.

Berita paling baru terlebih, Anda tak dipungut cost sepeser juga dengan kata lain bebrapa hanya. Terkecuali airnya yang jernih, terdapat banyak type permainan di Lepen Kencono, sebut saja slider, jembatan goyang, serta tubbing anak.

13. Candi Merak

 Candi Merak

Candi Merak terdapat di punggung Merapi, tepatnya di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko. Candi ini yaitu candi Hindu yang diketemukan pada th. 1925. Lantaran dahulu di sekitaran tempat ini ada sarang burung Merak, jadinya candi ini dinamakan Candi Merak.

Nah, Anda pasti tidak butuh berdesak-desakan dengan pengunjung lain untuk nikmati keindahan candi yang tersembunyi ini lantaran relatif masihlah tidak sering dikunjungi.

14. Candi Plaosan 

Candi Plaosan

Candi yang bercorak agama Budha di Klaten ini, sedang naik daun sebagai tempat anak muda untuk berfoto ria. Bahkan juga sekelas artis Pevita Pearce juga, pernah datang serta memphoto candi yang cantik ini di Instagramnya.

Anda dapat nikmati Candi Plaosan ini sebagai latar fotomu saat saat senja tiba. Yakin deh! Hasil fotonya semakin lebih menarik serta demikian epik! Jadi, janganlah sangsi buat Anda untuk datang ke candi eksotis ini.

15. Makam Sunan Pandanaran/Makam Tembayat 

Makam Sunan Pandanaran/Makam Tembayat

Nah, untuk Anda yang sukai wisata religi dapat coba berkunjung ke Makam Sunan Pandanaran. Yang bakal kita datangi kesempatan ini memanglah satu makam, namun bukanlah sembarang makam. Terdapat di Desa Paseban, Kecamatan Bayat.

Makam Tembayat yaitu tempat peristirahatan paling akhir dari Sunan Bayat atau yang juga dikenal dengan nama Ki Ageng Pandanaran, satu diantara tokoh penyebar agama Islam yang juga yaitu murid dari Sunan Kalijaga.

Yang menarik, makam ini ada di lingkungan yang asri di atas perbukitan Gunung Jabalkat. Kompleks pemakaman ini yaitu satu diantara yang termegah di masa Kerajaan Mataram.

Untuk hingga ke puncaknya, Anda harus menapaki 250 anak tangga serta melalui gapura yang kental dengan nuansa Hindu—yang tunjukkan peralihan budaya Hindu ke Islam.

16. Pusat Kerajinan Tanduk Kerbau 

Pusat Kerajinan Tanduk Kerbau

Tertarik dengan kerajinan tangan yang unik? Blusukan saja ke Desa Wisata Keprabon yang terdapat di Kecamatan Polanharjo. Desa ini yaitu sentra kerajinan tanduk kerbau serta penyu.

Anda tidak cuma dapat melihat-lihat serta belanja cenderamata, namun dapat juga mencermati segera sistem membuatnya.

17. Puncak Clongop 

Puncak Clongop

Puncak Clongop sesungguhnya masuk kedalam lokasi Watugajah, Gedangsari, Gunung Kidul. Namun, bila Anda dari Jogja atau Solo, akses kemari lebih gampang ditempuh dari Klaten melalui jalan penghubung Klaten–Gunung Kidul. Melalui Bayat, selama jalan Anda bakal temukan sebagian tempat menarik, seperti, Curug Luweng Sampang serta Curug Indah.

Untuk meraih Puncak Clongop, Anda harus lewat jalan menanjak yang cukup curam. Hati-hati, gunakan kendaraan yang " sehat " serta " powerfull " bila ingin kesini. Di Puncaknya, Anda bakal temukan pemandangan pegunungan serta kota Klaten dari kejauhan.

18. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo 

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo sesungguhnya adalah sarana kolam renang yang disiapkan oleh Hotel Galuh Prambanan. Tempatnya terdapat di Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454.

Tetapi tempat ini telah diperkembang oleh pengelola untuk orang-orang luas sebagai wisata anak serta keluarga yang mengasyikkan. Anda serta keluarga bisa berenang ditempat ini dengan beragam permainan air yang bermacam. Di tempat ini dapat disebutkan sebagai mini waterboom, hingga beberapa orang yang datang ke tempat ini.

19. Warung Apung Rowo Jombor Klaten

 Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Sesudah menjelajahi bermacam obyek wisata di Klaten yang bagus serta eksotis, waktunya Anda mencicipi bermacam kuliner Klaten. Nah, satu diantara obyek wisata kuliner di Klaten yang enak, populer, serta harus dikunjungi yaitu Warung Apung Rowo Jombor Klaten. Di sini menghidangkan bermacam makanan dengan bahan basic ikan air tawar.

Tempatnya ada di Desa Jombor Krakitan Bayat Klaten, atau berjarak sekitaran 6 – 8 km dari kota Klaten. Untuk meraih Rawa Jombor Klaten, ada dua rute yang bisa dilewati yakni lewat jalur barat serta lewat jalur timur.

Rute lewat jalur barat : Kota Klaten – pertigaan Bendogantungan Desa Sumberejo, belok kiri/ke arah selatan – Desa Danguran – Desa Glodogan – Desa Jimbung – Rowo Jombor. Rute Lewat jalur timur : Kota Klaten – Stasiun Klaten – By Pass – belok kanan/ke arah selatan – Terminal Klaten yang bari di bangun — Kelurahan Buntalan – Desa Jimbung – Rowo Jombor.

20. Sop Ayam Pak Min Klaten 

Sop Ayam Pak Min Klaten

Berlibur ke Klaten tidak komplit pastinya tanpa ada singgah ke Sop Ayam Pak Min yang begitu populer. Bahkan juga cabangnya ada dimana-mana, hingga keluar Klaten seperti Jogja. Masuk ke warung pak Min di sini sungguh merasa seperti ada di desa, warungnya masihlah menggunakan bambu sebagai tiangnya serta anyaman bambu sebagai dindingnya, sungguh masihlah begitu tradisional.

Namun janganlah salah, pengunjung di sini betul-betul ramai bahkan juga ada yang ikhlas makan lesehan diatas trotoar yang dialasi tikar, agar lebih enjoy kata mereka. Pesan menu sop ayam telah jadi keharusan di sini, lantaran memanglah itu saja menu yang ada disini.

Terdapat banyak pilihan sisi ayamnya, dapat pilih daging, uritan, kulit, cakar, kepala, sayap, bruthu serta ati ampela. Semangkuk nasi putih serta semangkuk sop ayam daging dihidangkan dengan cara terpisah. Sop ayam dihidangkan dengan kuah bening dengan rasa yang begitu enteng serta fresh.

Porsinya yang tidaklah terlalu besar tetapi cukup mengenyangkan, serta lagi harga nya yang relatif murah bila dibanding dengan kwalitas rasa yang didapat. Penasaran? Anda dapat coba datang di satu diantara cabangnya di Jl. Mayor Kusmanto no. 23 Klaten.

Nah, itu dia bermacam destinasi wisata di Klaten yang harus dikunjungi waktu singgah kesana. Demikian dahulu informasi wisata kesempatan ini dari saya. Mudah-mudahan referensi serta daftar obyek wisata di Klaten Jawa Tengah yang bagus serta menarik itu bisa berguna.

Selamat berlibur,jangan lupa BAHAGIA......!!!!