36 Tempat Wisata Di Kebumen Jawa Tengah Yang Keren

Tempat Wisata Di Kebumen - Berikut daftar obyek wisata yang terbagus serta indah di Kebumen Jawa Tengah. Tempatnya yang terdapat di pesisir selatan Pulau Jawa, bikin Kabupaten Kebumen kaya wisata alam, air terjun, serta pantai yang cantik. Tidak cuma itu, kota ini dapat miliki kuliner enak yang tidak bisa ditinggalkan demikian saja.

36 Tempat Wisata Di Kebumen Jawa Tengah Yang Keren

Pariwisata Kebumen mungkin saja belum sepopuler kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, ataupun tetangganya Yogyakarta. Tetapi, siapa kira bila dikilas balik nyatanya terdapat beberapa obyek wisata menarik di Kebumen serta sekitarnya yang belum banyak di ketahui.

Nah, pada saat ini Tempat Plesir bakal sharing informasi referensi tempat wisata di Kebumen mulai dari destinasi yang telah populer, ataupun tempat baru yang lagi hits dikalangan wisatawan serta sosial media seperti instagram atau facebook.

Berikut 36 Tempat Wisata Di Kebumen Jawa Tengah Yang Keren

1. Curug Plumbon atau Curug Kali 

Curug Plumbon atau Curug Kali

Kita mulai review obyek wisata bagus di Kebumen dengan Curug Plumbon atau yang dikenal dengan Curug Kali. Butuh sahabat kenali curug itu artinya air terjun. Tempat Curug Plumbon terdapat pada Dusun Grigak serta Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Air terjun terindah di Kebumen ini ada tak jauh dari SD N 2 Plumbon atau dapat disebut curug ini ada tak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jaraknya dari kota Kebumen sekitaran 16 km.

Nah, di sekitaran SD N 2 Plumbon berikut nanti pengunjung memarkir kendaraan yang lalu dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai.

Curug Plumbon mempunyai ketinggian sekitaran 15 mtr.. Meskipun tak demikian tinggi, curug ini populer dengan kejernihan airnya yang siap memanjakan Anda dengan kesejukan serta kedamaian.

Kelebihan lain yang dipunyai air terjun ini yaitu memiliki bentuk yang unik, pas banget untuk bebrapa photo. Janganlah lupa sediakan kamera full baterai bila bertandang kesini. Rugi deh bila hingga melupakan tempat yang paling instagramable di Kebumen ini.

2. Pantai Menganti 

Pantai Menganti

Berikut pantai terindah di Kebumen yang lagi ngehits akhir-akhir ini, namanya Pantai Menganti. Tempat wisata pantai ini relatif tersembunyi lantaran tempatnya memanglah dikelilingi bukit hingga membuatnya seolah terhambat dari pandangan wisatawan.

Pantai Menganti terdapat di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitaran 1, 5 jam dari pusat kota Kebumen. Untuk jaraknya lebih kurang 35 Km dari Kota Gombong serta 42 Km dari Kota Kebumen.

Pantai Menganti rasa-rasanya layak masuk dalam daftar pantai terindah di Kebumen. Pasir putih dengan panorama indah dari atas bukit bikin siapapun bakal kagum. Dengan dikelilingi perbukitan serta tebing nan hijau, pantai Menganti ini jadi terlihat seperti pemandangan di Selandia Baru (New Zealand).

Sesungguhnya tempat pantai ini cuma sekitaran 7 km. dari Pantai Logending atau Pantai Ayah tetapi tidak banyak wisatawan yang ingin datang ke pantai ini. Argumennya yaitu akses menuju pantai ini lumayan cukup susah. Anda mesti melalui jalanan yang terjal sebelumnya hingga ke tempat.

Tetapi, itu narasi saat lantas, sekarang ini akses menuju kesana mulai diperbaiki serta jalan juga telah diaspal mulus. Cuma saja rute tetaplah berliku-liku serta sempit. Tempatnya yang masihlah relatif sepi pas buat Anda serta keluarga bersantai sepanjang hari di pantai.

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat anda kerjakan di sini terkecuali nikmati panorama yang eksotis. Anda dapat bertandang ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, serta Tanjung Karangbata yang ada di sekitaran pantai.

Sarana yang ada di Pantai Menganti termasuk cukuplah komplit. Di sini telah ada warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, serta mck. Anda dapat juga nikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.

3. Pantai Gebyuran 

Pantai Gebyuran

Masihlah ada di Kecamatan Ayah, lebih tepatnya di desa Pasir ada satu pantai mungil yang harus anda kunjungi. Pantai ini bernama Pantai Gebyuran yang terdapat di samping barat Tanjung Karang Penganten atau sekitaran 800 mtr. tenggara Pantai Pasir.

Pesisir pantainya memanglah tidak sangat luas dengan ukuran tak kian lebih 100 mtr.. Ditambah tempatnya yang terjepit bikin pantai ini belum banyak terjamah oleh beberapa wisatawan. Pantai ini mempunyai panorama yang indah dengan ombak yang lebih landai karena banyak karang sebagai pemecah ombak alami di dalam laut.

Lantaran masihlah termasuk sepi, anda bakal rasakan sensasi di pantai pribadi. Dengan tebing-tebing batu yang tinggi bikin Pantai Gebyuran makin cocok untuk menentramkan diri.

Oya, di sekitaran tempat wisata ini ada ceruk kecil yang serupa goa. Mungkin saja anda dapat berteduh dibalik ceruk ini. Pantai Gebyuran juga populer dengan pesona senja yang begitu cantik.

4. Curug Kedondong atau Curug Gunungsari 

Curug Kedondong atau Curug Gunungsari

Curug Kedondong adalah obyek wisata di Kebumen yang harus dikunjungi untuk anda penggemar air terjun. Kenapa sekian? Lantaran curug yang memiliki ketinggian 23 mtr. ini unik serta indah. Air di sini turun merayap pelan di antara tebing bebatuan.

Diluar itu, obyek wisata alam di Kebumen ini masihlah tidak sering dikunjungi hingga nuansa alaminya bisa banget. Anda dapat memperoleh spot photo yang keren di sini dengan latar air terjun serta bebatuan. Hasil bidikan anda ditempat ini bakal makin bikin instagrammu semakin ngehits.

Tempat Curug Kedondong atau yang kerap dimaksud Curug Gunungsari ini ada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Jarak air terjun ini sekitaran 26 km dari kota Kebumen. Setelah tiba di desa (pemukiman warga) anda masihlah mesti jalan sekitaran 450 mtr. menuju tempat.

Lantaran curug ini belum resmi dikelola jadi tempat wisata, jadi belum ada akses masuk ataupun sarana. Anda tidak bakal temukan kolam untuk berendam dibawah curug cantik ini. Jadi, bila memanglah anda ingin berkunjung ke curug ini baiknya membawa bekal makanan serta minuman dari tempat tinggal.

5. Goa Jatijajar 

Goa Jatijajar

Nah, bila tempat wisata yang satu ini tentunya sahabat traveler telah pada tahu bukan? Ya, Gua Jatijajar yaitu satu diantara obyek wisata di Kebumen yang paling populer. Bahkan juga konon beritanya, keindahan goa ini sangatlah popular dikalangan wisatawan mancanegara lho.

Tempat Goa Jatijajar terdapat di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Jadi, bila anda bertandang ke sini dapat sekalian singgah ke Pantai Ayah. Jarak dari Kota Kebumen sekitaran 45 km.

Gua ini cukup luas dengan panjang dari pintu masuk sampai pintu keluar sekitaran 250 mtr.. Gua Jatijajar mempunyai kekhasan berbentuk ada 4 sungai atau sendang yang mengalir didalam gua. Sendang-sendang itu bernama Puser Bumi, Jombor, Mawar serta Kantil.

Dari pintu masuk gua pengunjung bakal menjumpai jembatan untuk menuju ruangan pertama yang cukup luas. Selang beberapa saat anda bakal hingga di sungai bawah tanah. Disini anda dapat lihat Sendang Mawar serta Sendang Kantil.

Sarana pendukung didalam gua dapat disebut komplit karenanya ada tangga serta pegangan untuk pengunjung supaya tak kepleset. Ada pula lampu jelas beragam warna yang bikin gradasi warna dinding gua semakin cantik.

Kurang lebih berapakah ya harga tiket masuk Goa Jatijajar ini? Harga tiketnya murah meriah kok, cuma sekitaran Rp. 7. 000, - untuk orang dewasa serta Rp. 4. 000, - untuk anak-anak.

6. Benteng Van Der Wijck 

Benteng Van Der Wijck

Bila anda orang Kebumen, pasti tidak bakal asing dengan tempat wisata yang bagus ini. Ya, Benteng Van Der Wijck memanglah termasuk juga obyek wisata yang populer di Kebumen serta sekitarnya. Dari hari ke hari benteng ini makin popular saja, apa lagi pernah dipakai untuk syuting film The Raid 2 (Bila tidak salah ya guys, hehe).

Benteng Van der Wijck terdapat di Kecamatan Gombong, lebih kurang jaraknya sekitaran 35 km dari kota Kebumen. Benteng berwarna merah ini tampak mencolok di banding bangunan kuno di sekitarnya.

Konon beritanya, benteng peninggalan Belanda ini pernah jadi tembok pertahanan paling akhir kompeni saat melawan pasukan Pangeran Diponegoro di th. 1818.

Benteng Van Der Wijck mempunyai multi manfaat lho guys. Terkecuali sebagai tempat belajar histori ada juga taman bermain anak-anak serta kereta wisata diatas benteng. Didalam benteng juga ada sangat banyak bebrapa photo mengenai histori benteng itu. Anda dapat juga lihat tank-tank Belanda yang ada di depan benteng.

Beberapa kompleks benteng sekarang ini jadikan Sekolah Calon Tamtama serta barak militer TNI AD. Sesaat sisi yang lain digunakan sebagai object wisata, komplit dengan taman bermain serta kereta mini.

Harga tiket masuk Benteng Benteng Van Der Wijck di bandrol dengan harga sekitaran Rp. 25. 000, -. Harga ini adalah tiket terusan untuk nikmati waterpark (kolam renang) serta kereta wisata.

7. Pantai Ayah atau Pantai Logending 

Pantai Ayah atau Pantai Logending

Tempat Kebumen yang ada di pesisir selatan pulau Jawa serta bersebelahan segera dengan Samudera Hindia bikin kabupaten ini kaya pantai yang eksotis. Nah, satu diantara obyek wisata pantai di Kebumen yang kerap dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Ayah atau Pantai Logending.

Pantai yang terdapat di Desa/Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini menyuguhkan situasi alam yang istimewa serta unik. Bila umumnya pantai sama dengan pohon kelapa, jadi tak sekian ada dengan Pantai Ayah.

Pantai Ayah menggabungkan pada pantai dengan pohon jati. Pantai ini dikelilingi oleh rimba jati serta jadi muara sungai Bodo. Dengan ruang yang luas, bikin anda lebih leluasa untuk nikmati keindahan Pantai Ayah.

Terdapat beberapa kesibukan yang bisa anda kerjakan berbarengan rekan atau keluarga di sini, seperti bermain bola, volly pantai atau sebatas bersantai nikmati situasi indah pesisir. Sebagian perahu nelayan juga berderet rapi, siap mengantarkan wisatawan menyusuri sungai Bodo.

8. Pantai Surumanis 

Pantai Surumanis

Tidak bisa disangkal, beberapa besar obyek wisata yang ada di Kebumen memanglah berbentuk pantai. Terkecuali Pantai Ayah, ada lagi pantai indah di Kebumen yang tidak bisa ditinggalkan demikian saja yakni Pantai Surumanis.

Pantai yang ada di lokasi Desa Pasir, Kecamatan Ayah ini akan menghiburmu dengan deburan ombak khas pantai selatan. Tebing batu yang menghiasi pantai ini pas banget untuk bebrapa photo ala anak kekinian.

Untuk rute menuju Pantai Surumanis, anda segera saja meluncur ke Pantai Pecaron. Pantai Surumanis ada pas di samping timur Pantai Pecaron. Dari pantai Pecaron anda masihlah mesti jalan sejauh 1 km dengan melalui jalan yang terjal serta susah.

Tetapi tidak usah cemas, rasa capek anda bakal pupus saat itu juga demikian hingga serta lihat keelokan Pantai Surumanis. Tidak yakin? Cobalah deh tunjukkan sendiri, tempatnya asik serta masihlah sepi lho!

9. Bukit Langit 

Bukit Langit

Berikut obyek wisata baru di Kebumen yang indah serta lagi hits banget dikalangan anak muda, namanya Bukit Langit. Tempatnya ada di Desa Giripurno, Kecamatan Karanggayam.

Bukit ini populer bakal keindahan pemandangan alamnya yang eksotis. Paling cocok nikmati Bukit Langit saat sore hari atau pagi-pagi sekali. Saat pagi serta sore hari, sengatan panas matahari akan tidak sangat kuat. Ketika itu jugalah, anda bakal memperoleh latar photo yang bagus serta keren.

Terkecuali lihat matahari terbit serta terbenam, anda dapat juga lakukan aktivitas lain yang asik serta seru di Bukita Langit. Anda dapat lakukan camping berbarengan beberapa rekanmu. Oya, untuk harga tiket masuk ke tempat wisata alam ini kelihatannya masihlah gratis.

10. Bukit Pentulu Indah 

Bukit Pentulu Indah

Anda pasti tahu gardu Pandang pohon pinus di Kalibiru bukan? Itu lho obyek wisata baru di Kulon Progo Jogja yang lagi ngehits banget dikalangan netizen. Nah, Bukit Pentulu Indah (baca : Bukit PI) ini dapat tawarkan keindahan yang sama juga dengan Kalibiru.

Di Bukit PI desa Karangsambung ini ada menara pandang yang di bangun diatas pohon untuk melihat keindahan alam berbentuk Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing dan mentari pagi yang cantik menawan. Layak rasa-rasanya memasukkan Bukit PI dalam daftar obyek wisata yang indah di Kebumen.

Bukit ini dapat ditempuh dengan berkendara dari pusat kota Kebumen sejauh sekitaran 21 km ke arah utara. Panorama indah yang disuguhi dari Bukit PI ini datang dari lokasi purba Cagar Geologi Karangsambung. Janganlah lupa untuk mengabadikan keindahan alam yang tidak ada duanya ini dengan lensa kameramu.

11. Curug Wringin 

Curug Wringin

Untuk anda yang sukai banget sama aktivitas cliff jumping, tidak butuh deh jauh-jauh pergi ke Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali. Datang saja Curug Wringin yang terdapat di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Dari desai ini anda cukup trekking sekitaran 30-45 menit saja.

Air terjun Curug Wringin ini adalah obyek wisata yang bagus di Kebumen untuk cliff jumping. Recommended deh, hehe. Tempatnya tersembunyi diantara kebun warga setempat serta konon beritanya belum banyak dikunjungi wisatawan.

Terkecuali enak buat cliff jumping, kolam di curug ini dapat pas sekali untuk berenang lantaran luasnya yang meraih sekitaran 6 mtr.. Tetapi, untuk anda yang tidak jago berenang, begitu tak dianjurkan menjeburkan diri di sini. Hal semacam ini lantaran kedalaman kolam dapat meraih sekitaran 4-6 mtr..

12. Curug Silangit 

Curug Silangit

Masihlah sekitar air terjun, ada neh curug indah di Kebumen yang tidak bisa anda terlewat demikian saja. Namanya Curug Silangit. Janganlah tertipu dengan namanya ya guys, walau di panggil Silangit namun curug ini tidak demikian tinggi.

Curug Silangit ini tawarkan keindahan air kolamnya yang jernih serta fresh. Tempat curug ini terdapat di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng. Untuk menuju tempat air terjun anda mesti trekking dahulu sepanjang 30-45 menitan. Rasa lelahmu bakal terbayar demikian hingga di Curug Silangit.

13. Curug Sawangan & Goa Sawangan 

Curug Sawangan & Goa Sawangan

Ke-2 tempat wisata di Kebumen yang bagus serta indah ini berniat saya menjadikan satu penjelasan lantaran tempatnya keduanya sama ada di Desa Karangduwur atau Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Jadi, sekali bertandang anda akan menjumpai 2 obyek wisata sekalian.

Air terjun Curug Sawangan ini konon beritanya dikatakan sebagai air terjun paling tinggi di Kebumen. Jalan yang dipakai untuk menuju tempat curug ini telah diperlengkapi dengan jalan setapak serta anak tangga.

Bila anda telah ada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, bermakna anda tinggal jalan kurang dari 1 km untuk meraih tempat curug. Dari curug ini anda bakal dapat lihat panorama Samudera Hindia yang luas selama mata melihat.

Goa Sawangan 

 Goa Sawangan

Terkecuali Curug yang indah, di lokasi desa Karangduwur ini anda dapat juga temukan Gua Sawangan yang populer dengan pesona stalakmit serta stalaktitnya. Gua ini dapat populer dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah.

Ujung Gua Sawangan tawarkan keindahan panorama Samudera Hindia, teluk biru, serta perbukitan karst dengan savana yang begitu eksotis.

14. Pantai & Goa Karangbolong 

Pantai Karangbolong Kebumen

Pantai serta Goa Karangbolong begitu populer di Kebumen, bahkan juga denger-denger logo Lambang gambar walet di logo Pemkab Kebumen juga tidak terlepas dari kehadiran beberapa ribu walet di Karangbolong ini.

Sesuai sama namanya di pantai ini ada karang berlubang seperti gua yang ikonik. Dalam bhs jawa " berlubang " artinya " bolong ". Karangbolong artinya karang yang berlubang. Mungkin saja seperti itu asal mula nama Pantai Karangbolong serta Gua Karangbolong.

Pantai Karang Bolong terdapat di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai ini tawarkan panorama ganasnya ombak pantai selatan, spot hunting photo dengan latar belakang karang yang berlubang, serta dapat jadi tempat bersantai serta bermain air di pantai.

Gua Karangbolong

 Gua Karangbolong

Hal menarik lain yang bisa diketemukan di pantai ini sudah pasti ada satu goa sebagai tempat walet-walet bikin sarang. Sarang walet ini yaitu satu diantara penyumbang pendapatan paling besar Kabupaten Kebumen.

Medan yang susah serta beresiko, bikin anda tak dapat masuk goa walet ini asal-asalan. Masyarakat setempat yang akan memanen walet bahkan juga mengadakan kebiasaan ngunduh sarang walet supaya di beri keselamatan.

Tetapi, tidak usah cemas, anda bakal tetaplah dapat lihat sistem memanen walet. Cuma saja di goa walet tiruan yang pasti bakal menaikkan pengetahuan anda mengenai itu.

15. Gua Langse 

Gua Langse

Terkecuali kaya wisata pantai, Kebumen juga miliki banyak Goa yang bagus serta indah untuk dikunjungi. Satu diantara gua yang lagi ngehits di instagram yaitu Gua Langse.


Tempat Goa Langse terdapat di desa Totogan, kecamatan Karangsambung. Di sekitaran desa ini ada satu bukit bernama Bukit Jatibungkus. Nah, di bukit berikut anda bisa menjumpai banyak gua seperti Gua Langse di segi barat, Gua Sikepul serta Gua Silodong di samping timur.

16. Goa Silodong 

Goa Silodong

Tempat Goa Siladong ada di Desa Kalisana, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Dari Desa Kalisana anda masihlah mesti meniti perjalanan sekitaran 30 menit untuk meraih tempat gua. Goa Silodong lumayan tersembunyi serta masihlah tidak sering dikunjungi.

Anda mesti hati-hati saat menuju tempat Goa, lantaran meskipun akses jalan menuju gua telah diatur dengan baik namun anda bakal menjumpai jalanan berbatu terjal. Yang harus di perhatikan lagi yaitu saat anda selfie jangan pernah lupa diri.

Gua unik di Kebumen ini mempunyai 3 lantai dengan kedalaman gua sekitaran 150 mtr.. Anjuran untuk anda yang bakal berkunjung ke gua ini baiknya membawa perlengkapan serta peralatan sendiri, lantaran belum ada penyewaan alat-alat. Alangkah lebihbaiknya anda memohon pertolongan warga sekitaran untuk temanimu masuk kedalam goa..

17. Gua Barat 

Gua Barat Kebumen

Satu lagi obyek wisata gua di Kebumen yang harus dikunjungi yakni Gua Barat. Gua yang terdapat di Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini konon beritanya miliki 100 air terjun di dalamnya.

Tempat Goa Barat ini ada di pegunungan karst Gombong Selatan serta jadi satu diantara gua paling populer serta banyak dieksplorasi beberapa wisatawan, bahkan juga oleh peneliti gua dari dalam serta luar negeri.

Gua Barat cukup susah untuk dijelajahi hingga tak kebanyakan orang dapat nikmati keindahan ruang gua itu. Didalam gua ini ada air terjun setinggi 8 mtr. yang dinamakan Jump Ullyses serta air terjun setinggi 32 mtr. bernama Superman’s Big Sister.

Oleh warga setempat, anda bakal dipandu menjamahi keelokan stalagtit serta stalagmit dalam goa, dengan gemuruh nada beberapa air terjun sebagai latarnya. Lebih kurang tiga jam menyusuri goa, anda bakal temukan keelokan air terjun yang dinamakan Superman’s Big Sister.

Terdapat banyak paket wisata yang dapat anda tentukan untuk nikmati caving di gua Barat. Anda dapat pilih paket dengan harga Rp 240 ribu per 6 orang atau paket ke-2 sebesar Rp 400 ribu (optimal 10 orang). Semuanya paket caving itu pasti telah sudah termasuk juga alat-alat pengamannya.

Gua Barat sesungguhnya ada tak jauh dari gua Jatijajar. Dari Gua Jatijajar anda masihlah mesti meneruskan perjalanan dengan naik ojek atau jalan kaki sekitaran 1 km.

Di sekitaran Gua Barat juga telah ada penginapannya. Jadi bila anda sangat capek untuk segera caving, mending nginap dahulu di homestay yang ada di sekitaran desa. Lebih asik serta seru bila anda berkunjung ke gua ini bareng-bareng dengan rekan anda.

18. Jembangan Wisata Alam 

Jembangan Wisata Alam Kebumen

Dari hasil penelusuran di mesin pencari Google, kelihatannya cukup banyak netizen yang mencari wisata alam Jembangan Kebumen. Saya jadi penasaran sesungguhnya seperti apa seh tempat wisata yang satu ini? Bagaimana dengan anda sahabat traveler? Penasaran juga kan?

Jembangan Wisata Alam nyatanya satu diantara obyek wisata keren yang terdapat di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno. Tempat rekreasi ini berbentuk satu restoran terapung di alam terbuka dengan pemandangan perbukitan yang asri serupa diluar negeri.

Sepintas mungkin saja nyaris sama juga dengan tempat wisata Klaten yang bernama Warung Apung Rowo Jombor. Tetapi, keunggulan restoran ini yaitu sudah memiliki beragam sarana yang ideal untuk jadikan lokasi untuk berlibur berbarengan keluarga, pasangan (baca : istri) maupun rekan-rekan.

Sebagian sarana yang dipunyai Jembangan Wisata Alam diantaranya kebun binatang mini, arena bermain air seperti sepeda air serta restoran terapung yang miliki view fotogenik seperti di Eropa. Untuk ke sini, Anda cuma memerlukan saat sekitaran 45 menit dari pusat kota Kebumen dengan memakai kendaraan bermotor.

19. Pantai Bopong 

 Pantai Bopong

Referensi obyek wisata bagus serta indah di Kebumen selanjutnya yaitu Pantai Bopong yang terdapat di kecamatan Puring. Pantai ini mempunyai laguna alami yang keren buat jadikan objek photo ataupun untuk berenang. Kehadiran laguna ini belum banyak di ketahui oleh wisatawan yang bertandang ke Pantai Bopong.

Saat anda bertandang ke pantai ini, cobalah deh jalan ke arah samping timur Pantai Bopong hingga menjumpai lokasi yang dilewati aliran sungai. Nah aliran sungai meliuk-liuk berikut yang lalu membuat sejenis kedung diisi air jernih yang dikatakan sebagai laguna.

20. Hutan Mangrove Logending 

Hutan Mangrove Logending

Tidak kalah dengan pariwisata Cilacap serta Surabaya yang miliki hutan mangrove, Kebumen juga mempunyai hutan mangrove yang cantik alami. Namanya yaitu Hutan Mangrove Logending yeng ada di selama pinggir muara Sungai Bodo, desa Logending.

Panorama rimba mangrove alami yang hijau pastinya bakal beri kesegaran mata anda kembali. Hutan bakau ini dikelilingi oleh rangkaian perbukitan Karst Gombong Selatan yang tampak demikian gagah.

Nah, untuk lihat pemandangan indah itu anda dapat menaiki gardu pandang yang sudah disediakan. Hamparan tanaman bakau, pantai, serta kawanan burung bakal jadi suguhan yang eksotis.

21. Alian Butterfly Park 

 Alian Butter Fly Park Kebumen

Berikut obyek wisata yang harus dikunjungi di Kebumen untuk anda penggemar kupu-kupu. Namanya Alian Butterfly Park yang mengoleksi bermacam tanaman bunga bersama bermacam type kupu-kupu yang konon beritanya paling komplit di Pulau Jawa.

Tidak kalah dengan Butterfly Park yang ada di Bali, taman kupu-kupu Kebumen ini mengoleksi sekitaran 60 type kupu-kupu hidup. Untuk anda yang menginginkan bertandang ke sini baiknya datang saat pagi hari waktu kupu-kupu beterbangan menegur bunga-bunga di sekitaran taman.

Untuk menuju ke tempat taman ini, anda cukup berkendara sepanjang 30 menit dari pusat kota Kebumen menuju Desa Krakal, Kecamatan Alian. Alian Butterfly Park dapat jadi lokasi untuk berlibur akhir minggu anda berbarengan anak-anak, rekan, serta keluarga.

22. Pantai Karang Agung 

Pantai Karang Agung

Sesuai sama namanya, Pantai Karang Agung memanglah dipenuhi batu karang selama pantai. Berkunjung ke pantai ini seolah mengingatkanmu pada satu diantara obyek wisata populer di Bali yang bernama Tanah Lot.

Bebatuan karang menjulang, menghamparkan panorama alam yang indah serta menarik. Terlebih ditambah deburan ombak pantai selatan yang memecah karang. Sungguh cantik menakjubkan.

Untuk nikmati pantai di Kebumen yang masihlah sepi serta tidak sering dikunjungi ini dapat anda mesti melalui jalan setapak sepanjang sekitaran 1/2 jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Harga tiket masuk pantai sekitaran Rp. 5. 000, -.

23. Pantai Pecaron 

Pantai Pecaron

Pantai Pecaron yang terdapat di samping timur Pantai Menganti. Untuk meraih pantai ini, anda mesti lewat bukit yang cukup terjal. Akses jalan ke pantai ini juga masihlah kurang bagus lantaran baru di buka.

Tetapi anda tidak usah cemas, lantaran perjuangan beratmu bakal terbayar dengan keindahan Pantai Pecaron yang masihlah sunyi, cuma nada debur ombak yang bersahut-sahutan memecah keheningan. Terasanya di private beach gitu deh.

24. Curug Silancur 

Curug Silancur

Curug Silancur terdapat di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, Kebumen. Curug ini tingginya meraih sekitaran 20 mtr. ini airnya jatuh ke batuan purba di bawahnya, hingga tak membuat kolam.

Untuk meraih air terjun Curug Silancur, anda dapat meniti perjalanan sejauh 35 km dari Kebumen, lantas jalan lebih kurang 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke basic jurang.

25. Puncak Gunung Duwur 

Puncak Gunung Duwur

Untuk anda yang sukai hiking atau trekking ke puncak gunung serta perbukitan, kelihatannya mesti coba mengalahkan Puncak Gunung Duwur. Panorama Samudera Hindia yang terhampar luas dari atas puncak gunung ini sungguh begitu indah.

Untuk menuju ke puncak Gunung Duwur, anda mesti trekking sepanjang satu jam lewat medan tanah berbatu. Anda harus waspada serta tinggalkanlah sinyal sebagai penunjuk waktu anda pulang kelak. Jangan pernah tersesat lantaran belum ada jalur pendakian resmi.

26. Bukit Pranji 

Bukit Pranji Kebumen

Tidak cuma Jogja serta Bandung yang miliki bukit bintang untuk lihat pusat kota dari Ketinggian, Kebumen juga miliki. Namanya Bukit Pranji yang terdapat di Desa Watulawang serta Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan.

Bukit Pranji sekarang ini jadi satu diantara obyek wisata favorite anak muda untuk nikmati panorama kota Kebumen dari ketinggian. Beberapa dari mereka bahkan juga berniat menginap di sini untuk sekedar untuk melihat bintang-bintang dan sinar lampu kota (city light).

Bukit ini dapat jadi spot yang asik buat menunggu fajar menyingsing di ufuk timur. Tempat ini memanglah indah serta prima untuk menyongsong sunrise. Terlebih bila langit bersih, anda dapat lihat gunung Sindoro serta Sumbing berdiri gagah dari kejauhan.

27. Waduk Sempor 

Waduk Sempor Kebumen

Waduk Sempor terdapat di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Anda bakal dapat rasakan birunya langit memantul dari permukaan waduk yang dikelilingi perbukitan hijau. Bila dapat juga berkeliling waduk dengan perahu motor yang disewakan di sini.

28. Arung Jeram Padegolan

 Arung Jeram Padegolan Kebumen

Nah, untuk anda sukai dengan wisata ekstrim yang meningkatkan adrenalin, harus deh nyobain arung jeram di Padegolan. Sungai Padegolan adalah sungai limpahan air dibawah Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun.

Titik start arung jeram diawali dari Desa Sendang Dalam serta selesai di Bendungan Pejengkolan. Lantaran datang dari waduk, air sungai ini begitu jernih. Ditambah lagi dengan panorama pohon-pohon di kanan serta kiri sungai akan buat trek ini asik serta mengasyikkan.

29. Cagar Alam Geologi Karangsambung 

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung terdapat di Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Tempat wisata edukasi ini yaitu tempat yang mempunyai type batuan terlengkap di muka bumi, hingga jadikan untuk tempat mempelajari histori perubahan bumi.

Terkecuali pelajari bebatuan, anda dapat juga beli batu-batu perhiasan atau akik yang bersumber dari Sungai Luk Ulo. Batu-batu ini sudah di proses jadi cindera mata oleh warga setempat yang berprofesi sebagai perajin batu akik.

30. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan Kebumen

Tempat Pantai Petanahan ada di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan. Airnya yang jernih serta pantainya yang luas bikin anda dapat nikmati deburan ombak serta melihat hamparan laut selatan hingga senang.

Terkecuali jalan-jalan menelusuri pantai yang demikian luas, anda dapat juga sekedar duduk enjoy di pantai yang penuh dengan tumbuhan cemara serta pohon pandan ini. Duduk bercanda serta bercengkrama berbarengan rekan serta keluarga sembari melihat birunya laut pasti begitu mengasyikkan bukan?

Pantai Petanahan umumnya ramai dikunjungi saat musim libur lebaran. Harga tiket masuknya cukup murah meriah yakni Rp. 3. 000, - untuk pengunjung dewasa serta Rp. 2. 000, - untuk anak-anak.

31. Pantai Suwuk 

Pantai Suwuk Kebumen

Anda bisa meraih pantai ini sesudah meniti jarak sekitaran 50 km dari pusat kota Kebumen. Pantai Suwuk ini termasuk juga obyek wisata di Kebumen yang ramai pengunjungnya. Mungkin saja lantaran komplitnya sarana yang ada di sini.

Di Pantai Suwuk anda dapat temukan satu pesawat Garuda Boeing 737 sebagai kelebihan dari pantai ini. Oya, tempat Pantai Suwuk terdapat di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebemen. Harga tiket masuknya relatif murah cumu 3 ribu rupiah untuk dewasa, serta 2 ribu rupiah untuk anak-anak.

32. Pantai Lampon 

Pantai Lampon

Pantai Lampon termasuk juga satu diantara pantai bagus di Kebumen yang masihlah termasuk sepi serta belum terjamah. Pantai yg tidak demikian luas ini keadaannya masihlah alami. Situasi yang sunyi bakal bikin anda terasa di dalam pantai pribadi punya sendiri (private beach).

Dengan pasir yang berwarna kecoklatan, pantai ini harus dikunjungi untuk anda yang menginginkan memperoleh ketenangan dari hiruk-pikuk kota serta aktivitas. Terkecuali tawarkan situasi hening serta pesona pasir pantai, pantai ini dapat menyuguhkan keindahan tebing-tebing batu yang keren buat bebrapa photo.

Pantai Lampon ada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Harga tiket masuknya sekitaran 5 ribu rupiah. Untuk parkir kendaraan sebesar 2 ribu rupiah. Untuk anda yang bakal ke sini berharap bawa bekal dari tempat tinggal ya, lantaran belum ada warung makan serta semacamnya.

33. Pemandian Air Panas Krakal 

 Pemandian Air Panas Krakal Kebumen

Tidak cuma Tegal serta Garut yang miliki pemandian air panas, Kebumen juga ada. Untuk anda yang menginginkan memanjakan diri sepanjang ada di Kebumen dengan berendam air panas, datang saja kePemandian Air Panas Krakal.

Object wisata keluarga ini mempunyai ruang bermain untuk anak-anak dan taman di sekitarnya. Ditempat ini ada kamar VIP yang semasing terpisahkan oleh beton serta jumlah kamar itu ada 6 buah. Bangku-bangku panjang yang juga disiapkan untuk menanti dibagian depan kamar itu.

Oya, anda janganlah lupa untuk menengok serta membaca satu per satu poster yang diisi ketentuan di sini. Sepanjang ada di pemandian ini, anda harus ikuti tiap-tiap ketentuan yang ada sebelumnya memakai kamar VIP untuk berendam.

Sebagian ketentuan itu pada lain kali berendam yang dibatasi sampai lebih kurang 15 menit. Pria serta wanita dilarang untuk menggunakan kamar rendam kurun waktu berbarengan di kamar rendam yang sama. Sabun juga tak diijinkan untuk dipakai saat mandi sebab di kuatirkan bisa lengket.

Jam Pemandian Air Panas Krakal dari mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Harga tiket masuknya sekitaran 3 ribu rupiah untuk orang dewasa, sedang anak-anak dipakai 2 ribu rupiah. Tetapi untuk pengunjung yang menginginkan mandi sekalian, mesti membayar duit sebesar 7. 500 rupiah.

34. Pantai Lembupurwo 

Pantai Lembupurwo

Masihlah ada satu pantai indah lagi di Kebumen yang sayang untuk ditinggalkan, yakni Pantai Lembupurwo. Tempat pantai ini ada di Desa Lembupurwo, sisi samping timur dari pusat kota Kebumen.

Akses jalan untuk menuju tempat wisata ini sangatlah bagus serta gampang unuk dilewati memakai kendaraan pribadi. Meskipun pantai ini berpasir hitam tetapi dengan air laut yang bersih bakal bikin anda kerasan untuk berlama-lama di sini.

Anda dapat bersantai sembari nikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi. Bakal jadi tambah nikmat lagi bila sembari makan tempe mendoan dengan rasa khas dari daerah sini. Anda dapat juga nyobain rempeyek undur-undur yang konon beritanya serupa seperti rasa udang.

36. Gua Petruk

Gua Petruk

Tempat Gua Petruk ada di lokasi wisata eko-karst Gombong selatan, tepatnya di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, sekitaran 4. 5 km arah selatan dari Goa Jatijajar. Gua Petruk ini mempunyai 3 sisi gua.

Di bagian gua pertama anda bakal menjumpai kelelawar dengan bau kurang enak serta beterbangan kesana kemari. Dibagian ke-2 gua atau yang dinamakan dengan Goa Semar anda mulai dapat nikmati pemandangan bebatuan yang begitu indah. Denger-denger gua ini paling indah se Indonesia lho. Bener tidak seh?

Sisi paling akhir yaitu sisi Goa Petruk. Dimaksud Goa Petruk lantaran konon beritanya dibagian ini anda bakal menjumpai batu yang serupa banget sama bentuk hidung Petruk.

Bila anda menginginkan menelusuri sampai ujung mesti dengan pemandu. Setelah tiba pada ujung gua anda dapat berkunjung ke pantai maupun air terjun yang ada dekat di ujung gua.

Bagaimana sahabat traveler? Kota Kebumen serta sekitarnya betul-betul kece abiz bukan? Untuk anda yang asli Kebumen, yuk buruan mudik, hehe. Oya, barang kali anda miliki informasi baru mengenai obyek wisata di Kebumen yang bagus serta indah yang lain janganlah sungkan-sungkan untuk berbagi lewat kolom komentar ya.

Selamat liburan,jangan lupa BAHAGIA...............!!!