Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Umbul Ponggok - Berikut pesona keindahan Umbul Ponggok Klaten, tempat terindah di Jawa Tengah yang cocok banget untuk snorkeling serta diving air tawar. Siapa seh yang tidak kenal dengan wisata air tawar yang satu ini? Nyaris semuanya wisatawan yang suka selfie dengan kata lain narsis pasti mengenalnya.

Umbul Ponggok memanglah akhir-akhir ini jadi satu diantara obyek wisata di Klaten yang lagi hits di sosial media seperti instagram serta facebook. Foto-foto indah bawah air Umbul Ponggok jadi viral di kelompok netizen. Tidak ayal, tempat wisata ini juga jadi makin popular serta ramai dikunjungi.

Nah, sesungguhnya apa seh kelebihan serta kekhasan yang dipunyai oleh Umbul Ponggok Klaten? Kok dapat ngehits banget ya? Untuk tahu, simak uraian/review singkat dari Tempat Plesir di bawah ini.

Apa Seh Umbul Ponggok Itu? 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Umbul Ponggok sesungguhnya yaitu satu kolam alami yang diperkembang jadi wisata tirta (wisata air tawar) di Klaten, Jawa Tengah. Air kolam ini datang dari sumber mata air alami yang fresh serta begitu jernih. Kolam alami ini telah ada mulai sejak jaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 mtr. serta kedalaman rata-rata 1, 5 – 2, 6 mtr..

Bila basic kolam renang umumnya berbentuk lantai keramik, jadi tak sekian dengan basic Umbul Ponggok. Basic kolam Umbul Ponggok masihlah begitu alami berbentuk hamparan pasir nan luas, bebatuan, serta beberapa ribu ikan warna-warni hingga suasananya betul-betul seperti dibawah laut.

Walau dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tak amis sebab airnya mengalir selalu. Bermacam ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok serta basic kolam yang indah itu membuatnya sebagai tempat favorite snorkeling serta latihan diving.

Apa Saja Kesibukan Serta Keindahan Yang Di tawarkan Oleh Umbul Ponggok Klaten? 

Mengedarnya bebrapa photo keindahan Umbul Ponggok di medsos sudah pasti makin buat penasaran beberapa wisatawan untuk mengunjunginya. Nah, untuk Anda yang menginginkan tahu pesona apa sajakah yang di tawarkan di obyek wisata air tawar ini, simak listnya tersebut.

1. Umbul Ponggok Memiliki Pemandangan Bawah Air Yang Indah Serta Cantik 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Tidak bisa disangkal, Umbul ponggok memanglah mempunyai panorama bawah air yang begitu menakjubkan. Dengan beragam type ikan air tawar di dalamnya, bakal bikin Anda merasa seperti di aquarium alami raksasa.

Basic kolam yang berpasir bikin kesan alami makin riil di umbul ponggok. Di dukung dengan bebatuan besar serta kecil yang ada di tiap-tiap jengkal basic umbul ponggok.

2. Umbuk Ponggok Mempunyai Kolam Yang Luas Serta Dalam 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Wisata air tawar yang sama dengan berenang serta snorkling sudah pasti memerlukan kolam yang luas serta dalam. Perihal ini pula yang dipunyai oleh Umbul Ponggok. Dengan ukuran 50 x 25 mtr. serta kedalaman rata-rata 1, 5 - 2, 6 mtr., bakal bikin wisatawan bebas berenang serta snorkeling ke sana kemari.

Terlebih untuk Anda yang kegemaran Underwater Selfie, pasti bakal senang temukan beragam spot yang keren di sini. Bahkan juga Anda bisa turunkan sepeda motor yang paling disayangi kedalam Umbul Ponggok untuk memperoleh kesan unik.

3. Umbul Ponggok Mempunyai Kwalitas Air Yang Bagus, Bersih, Serta Jernih 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Kwalitas air jadi tanda paling utama keamanan serta kenyamanan satu destinasi wisata air. Air yang berkwalitas baik pasti bakal bikin wisatawan kerasan berlama-lama bermain air. Bagaimana dengan Umbul Ponggok?

Air di Umbul Ponggok datang dari sumber mata air yang ada di dalam kolam. Air yang mengalir demikian deras serta tak pernah berhenti ini mempunyai kwalitas air yang bagus. Airnya yang jernih serta bersih, pasti tak beresiko untuk kesehatan kulit beberapa pengunjung yang berenang di kolam.

4. Umbul Ponggok Mempunyai Sarana Yang Komplit 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Sarana wisata Umbul Ponggok termasuk juga komplit. Hal semacam ini tampak dengan terdapatnya kamar ganti, warung makan, persewaan beragam alat untuk berenang, snorkeling, diving, pelampung, serta kamera anti air. Ada pula layanan photo prewedding dibawah air.

5. Selfie Bawah Air Berbarengan Ikan Serta Motor 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Kesibukan seru serta asik yang tidak bisa ditinggalkan di Umbul Ponggok yaitu berfoto ria dibawah air. Anda bisa mengambil gambar berbarengan ikan air tawar yang indah di sini. Serta satu lagi yang lagi hits yaitu berfoto berbarengan motor milik Anda di bawah air.

6. Berenang, Snorkeling, Serta Diving 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Terkecuali bernarsis ria, kesibukan lain yang tidak kalah menarik di Umbul Ponggok yaitu berenang, snorkeling serta diving. Umumnya untuk beraktivitas ini wisatawan mesti pergi ke laut dengan perairan yang tenang serta mempunyai terumbu karang serta hewan laut yang indah.

Nah, untuk Anda yg tidak mempunyai peluang untuk snorkelling di taman-taman laut yang indah, saat ini dapat mengerjakannya di Umbul Ponggok. Anda tidak butuh takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkelling ini tidaklah laut tetapi satu sumber mata air alami yang fresh serta begitu jernih.

Terkecuali sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga sering jadikan tempat untuk latihan diving untuk penyelam pemula sebelumnya mereka betul-betul menyelam di laut. Untuk sahabat traveler yg tidak dapat berenang ataupun tidak mau snorkelling dapat naik perahu kayuh serta melingkari Umbul Ponggok.

Lantas bagaimana dengan anak-anak? Untuk anak-anak ada kolam memiliki ukuran pendek yang dapat jadikan tempat berenang ataupun hanya bermain air. Jadi, Umbul Ponggok dapat juga jadikan sebagai satu diantara obyek wisata anak serta keluarga yang bagus.

Di mana Tempat Serta Alamat Umbul Ponggok Klaten? 

Umbul Ponggok terdapat di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari kota Yogyakarta dapat ditempuh lebih kurang 1 jam perjalanan memakai kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka sehari-hari mulai jam 07. 00 – 17. 00 WIB.

Bagaimana Rute Perjalanan Serta Langkah Menuju Ke Tempat Umbul Pongok Klaten? 

Ada 2 rute jalan yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke Umbul Ponggok Klaten, yakni :

Dari arah Jogja : cari GOR Klaten serta ikuti jalan paling utama arah menuju Karanganom. Lihat-lihat juga bila ada penunjuk arah ke desa wisata Ponggok serta janganlah malu ajukan pertanyaan dengan warga sekitaran. Dari rute ini nanti bakal ada 3 pertigaan yang bikin agak bingung.

Pertigaan pertama ada ditengah sawah yang sepi tempat tinggal, dari sini ambillah arah kanan lantas ikuti jalan paling utama kembali. Pertigaan ke-2 cukup ramai, ambillah kiri dipertigaan ke-2 ini. Sekitaran 50 mtr. dari pertigaan ke-2 ada pertigaan ketiga serta di sini harusnya ada penunjuk arahnya juga, ambillah kanan serta ikuti jalan paling utama.

Bila telah banyak tambak ikan disisi jalan bermakna telah dekat, dari arah ini umbul ponggok ada disisi kiri jalan. Anda dapat memakai GPS atau google map untuk menolong perjalanan Anda.

Dari arah Solo/Surakarta : cari pasar Delanggu. Dari perempatan lampu merah pasar delanggu maju sekitaran 200 mtr. hingga ada Toko berolahraga JEMPOL dikanan jalan, belok kanan serta ikuti jalan selain toko itu. Janganlah malu ajukan pertanyaan lho ya bila bingung.

Lurus selalu ikuti jalan paling utama menuju Polanharjo. Banyak pertigaan disepanjang perjalanan, namun ikuti saja jalan intinya. Mencari rambu pentunjuk jalan ke arah Klaten kota atau Karanganom hingga Anda temukan gapura besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK.

Bila telah berjumpa gapura itu, bermakna Anda telah dekat. Tetaplah ikuti jalan paling utama hingga masuk perkampungan serta temukan tugu ikan lalu belok kiri. Letak umbul ponggok kurang lebih 50 mtr. dari tugu ikan tadi.

Berapakah Cost Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten? 

Harga tiket masuk wisata air Umbul Ponggok sebesar Rp 5. 000 per orang. Untuk lebih detilnya tersebut daftar sewa perlengkapan snorkeling serta yang lain.

  • Sewa Fin/Kaki Katak Rp 7. 000 
  • Sewa Snorkel Rp 12. 000 
  • Sewa Pelampung Rp. 7. 000 
  • Sewa Ban Rp 5. 000 
  • Sewa Kamera Underwater Rp. 60. 000/30 menit, Rp. 100. 000/60 menit 
  • Parkir Motor Rp. 2. 000 
  • Parkir Mobil Rp. 4. 000 
  • Ruangan Basuh Rp 1. 000 
  • Photo group Underwater paket untuk 7 orang Rp. 100. 000/60 menit. 
  • Paket photo untuk prewedding harga nya sekitaran Rp. 1. 699. 000, - s/d Rp. 2. 290. 000, -. 

Panduan Memphoto Di Umbul Ponggok Klaten 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Tidak bisa disangkal, kesibukan favorite wisatawan di Umbul Ponggok yaitu lakukan session pemotretan didalam air. Anda dapat membawa kamera sendiri maupun menyewa di sini.

Anjuran untuk Anda yang bakal lakukan pemotretan di Umbul Ponggok, baiknya datang pada hari Senin – Jumat jam 07. 00 – 09. 00 WIB atau jam 14. 00 – 16. 00 WIB. Sedang pada akhir minggu Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan dianjurkan datang jam 07. 00 – 09. 00 WIB.

Pemotretan pada pagi atau sore hari bakal membuahkan gambar yang semakin bagus lantaran air umbul lebih jernih serta cahaya matahari masihlah dari samping bukanlah pas diatas kepala. Diluar itu pada siang hari jumlah pengunjung umumnya jauh semakin banyak hingga tak dapat leluasa mencari spot photo yang bagus.

Bagaimana Langkah Turunkan Motor Di Umbul Ponggok Klaten Supaya Dapat Dipakai Untuk Selfie Di Bawah Air? 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Satu diantara session photo bawah air yang sekarang ini tengah hits yaitu selfie memakai motor didalam air. Banyak wisatawan yang bertanya serta penasaran mengenai bagaimana langkahnya turunkan motor kedalam Umbul Ponggok? Apakah motornya tak rusak? Apakah tak mencemari air?

Nah, untuk Anda yang penasaran, di bawah ini beberapa langkah langkah turunkan motor kedalam basic kolam Umbul Ponggok Klaten.

  • Kosongkan tangki bensin serta menguras hingga bersih 
  • Kosongkan oli mesin serta menguras hingga bersih 
  • Bila dibutuhkan, copot knalpot serta sumpal lubang menuju mesin serta karburator 
  • Bersihkan motor hingga bersih untuk meyakinkan semuanya bahan kimiawi tak mencemari Umbul Ponggok Klaten 
  • Mencari posisi yang pas untuk turunkan motor ke basic kolam 
  • Turunkan pelan-pelan sampai motor ada di basic kolam 
  • Berikanlah pemberat supaya motor tak oleng oleh ombak dari wisatawan lain yang tengah berenang 
  • Sesudah semuanya telah siap, giliran Anda bergaya dengan motor di basic kolam Umbul Ponggok 

Panduan Snorkeling Yang Aman Di Umbul Ponggok Klaten 

Wisata Umbul Ponggok Klaten Tempat Untuk Snorkeling Serta Diving Di Air Tawar

Terkecuali photo underwater, kesibukan asik serta seru di Umbul ponggok yaitu snorkeling. Nah, sebelumnya Anda mengerjakannya, sebaiknya simak terlebih dulu panduan yang dihidangkan tersebut.

  • Cari info apa sajakah perlengkapan yang dibutuhkan untuk snorkeling supaya aman serta nyaman. 
  • Yakinkan semuanya perlengkapan yang Anda miliki dalam kondisi komplit serta bersih. Jika Anda menyewa, jadi alangkah sebaiknya bila perlengkapan itu dibikin bersih dulu. 
  • Tekuni tehnik clearing untuk beberapa jagalah apa apabila tabung snorkelmu mendadak kemasukan air. 
  • Gunakan dengan benar semuanya perlengkapan snorkeling. 
  • Janganlah sangat jauh dari pemandu atau rekan supaya mudah mencari pertolongan. 

Bagaimana sahabat traveler? Asik serta seru bukanlah berlibur di Umbul Ponggok? Nah, untuk Anda yang kebetulan tengah nikmati bermacam obyek wisata di Jogja, tidak ada kelirunya singgah ke sini. Tempatnya tidak demikian jauh kok dari pusat kota gudeg. Demikian dahulu informasi wisata mengenai keindahan Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah, mudah-mudahan berguna.

Selamat berlibur,jangan lupa BAHAGIA ya........!!!