Tempat Bersejarah Daerah Bekasi yang Menjadi Objek Wisata

Semakin berkembangnya waktu, semakin banyak pula yang menjadikan tempat berserah menjadi tempat wisata terfavorit masing-masing yang mengunjungunya. Diantaranya mungkin akan kita bahas dibawah ini beberapa tempat bersejarah yang kini menjadi objek wisata khususnya untuk para pecinta sejarah, dan kali ini kita akan membahas bangunan tua bersejarah yang ada di daerah Bekasi, apa sajakah mari kita simak dibawah ini.

4 Tempat Bersejarah Daerah Bekasi yang Menjadi Objek Wisata



  • Gedung Juang

Tempat Wisata Bersejarah Daerah Bekasi

Gedung Juang terletak di daerah Bekasi atau tepatnya di Bekasi Timur Kecamatan Tambun Selatan, terletak dipinggir jalan yang hampir berhadapan dengan Pasar Tambun. Gedung Juang dahulu disebut Gedung Tinggi untuk sebagian orang yang pernah merasakan ketika bangunan tua itu masih dibawah kuasa para penjajah Belanda.

Memang benar atas sebutan Gedung Tinggi itu, karena almarhum Kakek sayapun mengenalnya dengan sebutan Gedung Tinggi, akan tetapi tidak sedikit pula yang menyebutnya Gedung Pejuang, Gedung Juang 45 dan sampai detik ini akhirnya orang bekasi mengenal bangunan tua itu sebagai Gedung Juang. Bangunan tua ala Eropa itu banyak menyimpan sejarah tentang bagaimana pahlawan kita berjuang melawan para penjajah.

Baca Juga: Keindahan Wisata Goa Jatijajar Di Kebumen Jawa tengah

Bagaimana nilai sejarah pada Gedung Juang tidak banyak yang saya tahu, akan tetapi jika kalian ingin tahu lebih dalam tentang saksi bisu kemerdekaan Indonesia ini kalian bisa langsung datang dan bertanya pada orang yang ada disana. Sepertinya untuk berkunjung dan melihat atau berfoto diarea maupun didalam banguan ini tidak ada biaya yang harus dikeluarkan, kalian dapat berkunjung dan mendapat informasi sejarah secara Gratis.

Mungkin karna Gedung Juang ini tidak banyak orang yang tahu maka dari itu sepertinya hal yang bernilai tinggi ini akan kita dapat secara cuma-cuma. Saya sendiri belum pernah mendatangi tempat ini walaupun saya tinggal tidak jauh dari lokasinya, mungkin jika ada kesempatan saya akan segera mendatanginya.

  • Saung Ranggon

Tempat Wisata Bersejarah Daerah Bekasi

Tempat bersejarah yang berikutnya adalah Saung Ranggon yang memiliki nilai paling bersejarah karena usia bangunannya yang sudah menginjak 500 tahun. Seperti namanya Saung Ranggon berbahan dasar kayu yang hingga kini masih sangat terawat dan dijaga keasliannya oleh orang setempat. Saya sendiri belum pernah kesana, akan tetapi mendengar cerita dari seseorang yang pernah berkunjung sepertinya saya tertarik untuk mendatanginya nanti.

Baca Juga: Waterpark serta Kolam Renang di Bekasi

Berjarak kurang lebih 750 meter dari Kantor Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, ada beberapa akses yang bisa kita tempuh menuju lokasi ini. Pertama, akses dari arah Cileungsi melalui jalur alternatif Setu. Dari arah Cileungsi menuju Setu, setelah melewati Desa Taman Sari dan pertigaan Setu Cimuning, sebelum Pasar Setu, kita mengarahkan kendaraan ke arah kanan. Jalan berkelak kelok dengan perkampungan penduduk dan diselingi persawahan di wilayah Desa Telajung, mengarahkan kita menuju Desa Cikedokan.

  • Rumah Tuan Tanah Pebayuran

Tempat Wisata Bersejarah Daerah Bekasi

Bangunan rumah ini cukup megah dibangun dengan gaya Eropa (artdeco), dan hiasan melengkung (geometris), memiliki beranda depan dengan lapangan parkir yang cukup luas. Ruang sisi barat sekarang digunakan sebagai mushola (tempat beribadat) maka atap mengalami perubahan dengan atap menyerupai kubah masjid. Dahulu rumah ini digunakan sebagai tempat tinggal Tuan Tanah Pebayuran, dan sekarang digunakan sebagai kantor Polisi Sektor (Polsek) Pebayuran/ruang pertemuan.

Baca Juga: 5 Alamat Tempat Hiburan Malam di Bandung Yang Terkenal

Di sisi barat terdapat bangunan pendamping dengan kondisi rusak berat, digunakan sebagai  rumah tinggal anggota Polsek Pebayuran. Rumah menghadap ke arah utara ke Jalan Raya Pebayuran;  arah selatan, barat dan timur dibatasi rumah-rumah penduduk. Sedangkan pada arah utara rumah ini, sekitar 50 meter di seberang jalan raya Pebayuran terdapat bekas gudang dan pabrik beras, tetapi sudah tidak berfungsi dan diperkirakan sebagai kelengkapan dan kebutuhan penggilingan padi atau hasil bumi daerah setempat. Artefak yang masih dapat kita lihat adalah lapik pintu masuk yang terbuat dari batu andesit berbentuk bulat dengan diberi pahatan dan pada bagian atas terdapat lubang persegi 12 untuk menancapkan tiang pintu masuk.

  • Gedung Papak


Tempat Wisata Bersejarah Daerah Bekasi

Sebagai daerah pertahanan, Kabupaten Bekasi memiliki banyak sekali peninggalan bernilai sejarah. Selain Gedung Juang Tambun dan Rumah Tuan Tanah Pebayuran, masih ada Gedung Papak yang berkaitan dengan masa penjajahan Belanda. Gedung Papak berlokasi di jalan Insinyur Haji Juanda No. 100, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Bekasi. Gedung yang dibangun pada awal abad ke-20 tersebut berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektar. Luas bangunannya mencapai 2.500 meter persegi.

Baca Juga: 15 Wisata Kuliner Khas Klaten Paling Enak

Bangunan yang oleh masyarakat sekitar disebut Gedong Papak ini dibangun tahun 1930. Gedong berarti rumah. Sedangkan kata papak berasal dari istilah pak-pak yang bermakna rumah yang atapnya tidak menggunakan genteng melainkan dibuat rata. Hal itulah yang menjadi ciri khas Gedung Papak. Sebenarnya Gedung Papak sangat cocok sekali untuk kalian yang sedang mencari objek Wisata bersejarah.

Nah.. itulah beberapa tempat bersejerah yang menjadi Objek Wisata di daerah Bekasi, ternyata memang benar dengan adanya bangunan-bangunan tersebut ini menjadi bukti besar bagaimana para pejuang kita mempertahankan negara ini. Baru saja kalian membaca artikel tentang Tempat Wisata Bersejarah Daerah Bekasi jika ada kesempatan kita akan membahas lebih banyak tentang tempat bersejarah yang ada diseluruh penjuru kota.

0 Response to "Tempat Bersejarah Daerah Bekasi yang Menjadi Objek Wisata"

Post a Comment