Tempat Wisata Bersejarah Candi Jiwa Karawang

Tempat Wisata Bersejarah Candi Jiwa Karawang - Bicara tentang sejarah rasanya tidak akan ada habisnya, Dunia yang luas ini pasti masih menyimpan banyak sekali sejarah dan misteri yang belum pernah seorangpun tahu. Berikut ini kita akan membahas tempat Wisata Bersejarah yang ada di Kecamatan Pakisjaya kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Apa yang ada di tempat wisata bersejarah ini ialah beberapa bangunan Candi yang berbahan dasar batu bata dengan susunan yang sangat rapih, diantara bangunan Candi tersebut salah satu yang dikenal oleh masyarakat setempat adalah Candi Jiwa terletak ditengah persawahan dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, penamaan Candi Jiwa ini juga memiliki ceritanya tersendiri, seperti apakah ceritanya mari kita simak dibawah ini.

Asal Mula Penamaan Candi Jiwa Karawang


Wisata Bersejarah Candi Jiwa Karawang

Candi Jiwa ini mulai diteliti sejak 1984 dan dipugar pada tahun 1996. Sebelum dipugar, kawasan candi hanya berbentuk gundukan tanah atau unur. Banyak yang menyebutnya bukit. Warga lantas memanfaatkan gundukan tanah tersebut untuk bercocok tanam dan mengamankan ternak mereka. Soalnya kawasan Batujaya termasuk daerah rawan banjir.

Baca Juga: Beberapa Tempat Bersejarah Daerah Bekasi yang Menjadi Objek Wisata

Setiap banjir datang, warga terpaksa menginapkan ternak mereka di atas gundukan tanah tersebut. Namun, keesokan paginya ada saja ternak yang mati tanpa sebab. Dari situ, warga tak lagi menyebut gundukan tanah tersebut dengan unur, tapi unur jiwa, karena sudah memakan jiwa-jiwa binatang tersebut. Alhasil ketika tahun 1996 dilakukan pemugaran dan ditemukan candi di bawah gundukan tersebut, warga lantas menyebutnya dengan Candi Jiwa.

Sejarah Candi Jiwa Karawang


Wisata Bersejarah Candi Jiwa Karawang

Berdasarkan prasasti yang pernah ditemukan di kawasan percandian, Candi Jiwa diperkirakan merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara. Kerajaan Tarumanegara berkembang pada abad ke-4 masehi dan merupakan kerajaan tertua di Jawa Barat. Jika dilihat dari atas, struktur paling atas dari Candi Jiwa memperlihatkan bentuk seperti bunga teratai.

Baca Juga: Bantar Gerbang Bekasi Menyimpan Keindahan Alam Curug Parigi

Cara mereka menyusun batu bata candi yaitu dengan sistem gosok spesi dan menggunakan batu kunci. Jenis batu bata yang digunakan untuk membangun Candi Jiwa diperkirakan jauh lebih tua dari jenis batu penyusun Candi Borobudur.

Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk mengunjungi Wisata Bersejarah ini, jika iya sepertinya untuk berkunjung ke Wisata Candi Jiwa lebih cocok bersama keluarga agar bisa sama-sama mengenal sejarah lebih dalam lagi, namun tidak ada salahnya kalian mengajak teman maupun kekasih untuk melihat bangunan bersejarah ini, jika dia memang suka dengan sejarah kenapa tidak.

0 Response to "Tempat Wisata Bersejarah Candi Jiwa Karawang"

Post a Comment