Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo - Apabila Bantul memiliki Karst Tubing Sedayu jadi wisata baru, Kulon Progo juga tidak mau kalah. Kabupaten yang makin banyak popular dengan wisata alam pegunungan dan Air Terjun ini kenyataannya juga memiliki panorama keindahan di pesisir pantainya. Tidaklah pantai Glagah Indah saja, sekarang ini primadona wisata pantai di Kulon Progo jadi ada di samping barat yaitu Hutan Mangrove Pantai Congot. Eits, sebenarnya tempat Hutan Mangrove Kulon Progo ini tidaklah ada di Pantai Congot loh ya,

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Namun karna sudah terlanjur salah kaprah, pengunjung pertama menyebutkannya Hutan Mangrove Pantai Congot, walaupun sesungguhnya letak Hutan Mangrove ini tetap masih jauh ke barat dari Pantai Congot. Jadi apabila anda mencari Hutan Mangrove Kulon Progo dan kemukakan pertanyaan pada warga atau Mbah Google dengan mencari Pantai Congot, bisa saya optimis anda akan peroleh Zonk. Pasalnya Tempat Pantai Congot dan Hutan Mangrove ini tempat lain, ya itu baru saja karna banyak yang salah kaprah menyebutkannya Hutan Mangrove Pantai Congot, untuk tempat dan rute sedetailnya akan kita bahas di bagian bawah.

Keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo 

Oke, bagian ini kita akan bahas dulu keindahan dan panorama apa yang dapat kita temui di obyek wisata baru yang ngehits banget ini. Permulaannya, tempat ini yaitu tempat konservasi yang dibuat sekitaran th. 90an oleh group Wanatirta dengan menanami pohon bakau faedah menghindar abrasi.

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Namun siring berjalannya waktu keluar ide untuk buka Hutan bakau ini jadi wisata edukasi pada wisatawan/beberapa orang agar " concern " pada pantai dengan kerjakan penanaman bakau. Namun diluar keinginan, ide buka wisata HUtan Mangrove di Kulon Progo ini jadi jadi booming dan jadi hits di sosial media sampai pengunjungnya bisa mencapai sebagian ribu. Tidaklah heran apabila lantas Hutan Mangrove Pantai Congot ini senantiasa dikembangkan jadi wisata alternatif dan wisata mendidik.

Tempat Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo ini memang jadi wisata konservasi pertama tanaman bakau di daerah Jogja, di samping Pantai Parangtritis sebenarnya ada juga Hutan Bakau namun belum sebesar Hutan Mangrove di Kulon Progo ini.

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Ok back to topik, di sini kita dapat saksikan hamparan Hutan bakau seluas 3 hektar yang ada di tepi pantai dan sepanjang sungai Bogowonto. Nuansa hijau keunikan Hutan bakau jadi panorama paling penting, selain itu ada juga spot spot selfie sepeti ayunan, gazebo, serta jembatan Api Api. Nah yang paling banyak diggunakan untuk spot foto yakni Jembatan Api Api, Gazebo dalam Hutan, serta jalan yang digunakan untuk menembus rimbunny Hutan.
Jembatan Api Api

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Jembatan Api Api Hutan Mangrove Kulon Progo 

Jembatan di Hutan Mangrove Kulon Progo ini sempat ambruk demikian masa dulu karna permulaannya memang tidak diset untuk wisata dengan volume wisatawan mencapai sebagian ribu dan hanya terbuat dari bambu, namun sekarang ini sudah diperbaiki dan lebih kuat dnegan menggunakan kayu. Berwisata ke Hutan Mangrove Kulon Progo yang cocok yakni saat pagi hari atau sore hari mendekati sunset. Sebab apabila siang hari berkunjung ke sini terasa sekali panasnya tidaklah main hehe.

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Tempat Hutan Mangrove Kulon Progo 

Ok kita akan meluruskan salah kaprah mengenai Hutan Mangrove Pantai Congot, jadi sebenarnya Hutan Mangrove in letaknya ada di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kulon Progo. Tempatnya sekitaran 15 menit dari Pantai Congot, persisnya 7 km. Untuk mencapai tempat Htan Mangrove Pasir Mendit ini bisa ditempuh daru dua jalur jalur utara dan jalur selatan.
Hutan Mangrove Pasir Mendit

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo 

Apabila dari Jogja menuju ke Hutan Mangrove Kulon Progo cukup ambil arah ke jalan Wates, lantas lurus senantiasa hingga samapi ke pertigaan patung kuda (Nyi Ageng Serang) ambil arah ke kiri (Purworejo) lurus senantiasa hingga sampai ke terminal Wates, dan senantiasa ke barat sampai dapatkan Rumah Makan Padang Sederhana, samping baratnya ada pertigaan ambil kiri. Ikuti jalur Ke Pantai Congot lantas ada pertigaan (ke kiri Pantai Conot) tetap masih senantiasa ke barat hingga lewat Jembatan, lalu belok kiri (Arah Desa Jangkaran) dari situ sudah banyak tips arah ke Hutan Mangrove Pasir Mendit.

Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Apabila dari arah Bantul meu ke Hutan Mangrove Kulon Progo tinggal ikuti arah ke Pantai Glagah lewat Jalan Daendels, lurus ke Barat sampai dapatkan Jembatan seperti yang disebut di atas.

Harga Ticket masuk Hutan Mangrove Kulon Progo 

Untuk masuk dan menikamati pemandangan di Hutan Mangrove, pengunjung harus membayar ticket sebesar Rp. 3. 000/orang dan parkir Rp. 2. 000/sepeda motor atau Rp. 5. 000/mobil. Di sini ada banyak pintu masuk karna dikelola oleh 3 group.

0 Response to "Haraga Tiket Masuk Tempat Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo"

Post a Comment