Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Tempat Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga - Taman wisata Purbasari Pancuran Mas yang ada di Desa Purbayasa, Kec. Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah ini memiliki gagasan wisata pendidikan kecuali jadi sarana rekreasi untuk pengunjungnya. Tempat yang berada di desa jauh dari keramaian kota buat kondisi yang tenang jadi tempat rekreasi untuk kembalikan kepenatan aktivitas sehari-harinya dan cocok untuk tempat edukasi tentang flora dan fauna Indonesia.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mulai di buat pada tahun 1993 oleh H. Sarimun Budi Purwanto yang permulaannya yaitu tempat koleksi berbagi tipe ikan air tawar, mulai dari yang mempunyai ukuran kecil hingga yang mempunyai ukuran besar. Koleksi ikan yang demikian lengkap sampai dengan terdapatnya ikan raksasa Arapaima Gigas yang datang dari sungai di Amazon buat tempat ini semakin dikenal beberapa orang.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Kegemaran menjadikan satu ikan dan jadi sarana belajar terlebih tentang tipe ikan tawar selanjutnya di dukung dari keluarga dan pemerintah daerah setempat, jadi tempat ini pada tahun 2001 dibuka untuk umum jadi Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas (PPM) dan diresmikan oleh bupati Purbalingga Triyono Budi S saat itu. 

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Fasilitas-fasilitas jadi tempat rekreasi keluarga senantiasa dibenahi dan ditambah untuk kesenangan pengunjung. Dan tidak lupa sarana wisata pendidikan jadi maksud awal Purbasari Pancuran Mas senantiasa ditingkatkan.

Saat ini Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas memiliki wahana rekreasi :

  • Kolam renang dan water boom 
  • Wisata Praon (perahu) 
  • Taman Bermain 
  • Kolam terapi ikan 
  • Bioskop 3D 
  • Wahana wisata Pendidikan 

Wahana dunia air jadi andalan object wisata ini dengan beragam berbagai tipe ikan yang berada di tempat Akuarium eksotik, Planet Akuarium Toyoshuka, Akuarium Nusantara

  • Istana Burung yang memiliki beberapa koleksi burung. 
  • Taman unggas 
  • Taman Buah Naga 
  • Konservasi Rusa 

Tidak ketinggalan fasilitas umum ada di Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

  • Hall serba faedah yang bisa digunakan untuk pertemuan, seminar, pernikahan, rapat dan lain sebagainya. 
  • Home stay dengan harga yang cukup terjangkau. 
  • Kios souvenir 
  • Purbasari Resto 
  • Parkir luas di dalam dan luar obyek wisata. 

Ticket Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga 

Dengan ticket masuk hanya Rp 16. 000 per orang untuk masuk dalam semua wahana yang ada. Demikian ekonomis namun berkelas.

Alamat : Desa Purbayasa, RT. 03/RW. 02, Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah
Telepon : (0281) 6598666

Tempat Purbasari Pancuran Mas Purbalingga 

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga ada di Desa Purbayasa, RT 03 RW 02, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Tempatnya ada di pinggir jalan raya sampai demikian mudah diketahui.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Rute menuju Purbasari Pancuran Mas, dari Kota Purbalingga, jalan lurus lewat SMA N 1 Purbalingga, lampu merah Karang Sentul, jalan lurus senantiasa ke arah Purwokerto, sampai ketemu Pasar Padamara. Dari Pasar Padamara, ambil arah ke kanan. Jalan sebentar dari Pasar Padamara, di samping kanan jalan, akan kita peroleh Gerbang Masuk Purbasari Pancuran Mas Purbalingga.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Apabila dari arah Purwokerto, rutenya bisa lewat jalan Purwokerto-Padamara-Purbalingga. Setiba di Pasar Padamara, ambil arah belok kiri lalu ketemu deh Purbasari Pancuran Mas di samping kanan jalan. Atau apabila punyai Google Maps, tinggal input saja Purbasari Pancuran Mas dan ikutin deh rute jalannya. Demikian mudah dapatkan alamat Purbasari Pancuran Mas.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Dalam perubahan waktu selama lebih dari 15 tahun ini, Purbasari Pancuran Mas telah berkembang cepat dengan buat bermacam wahana wisata baru kecuali River World. Tentang Wahana Wisata yang ada di Purbasari Pancuran Mas satu diantaranya sebagai berikut :

1. River World 

River World yaitu wahana wisata berupa aquarium raksasa yang mengoleksi bermacam tipe ikan dari bermacam belahan dunia. Konon, ada sekitaran 200 tipe ikan air tawar yang ada di River World ini. Wah, banyak bener ya. River World ini cocok banget jadi object wisata edukasi di Purbalingga karna pengunjung yang datang ke sini bisa ketahui bermacam tipe ikan dari belahan dunia. Ikan-ikan yang ada di River World ini satu diantaranya ada Arapaima Gigas, Piranha, Aba-aba Amazone, yang ketiganya yaitu tipe ikan yang menarik, baik ukuran maupun mempunyai bentuk.

2. Planet Aquarium Toyoshuka 

Saat saya lewat di bawah aquarium besar di Toyoshuka Planet Aquarium ini, saya seperti lewat di bawah pintu masuk Taman Pintar Jogja. Saat masuk Taman Pintar Jogja, ada juga aquarium begini, dengan ikan-ikannya yang besar, dan bisa kita saksikan di samping kanan, kiri, dan dari atas kita. Toyoshuka Aquarium planet juga menyimpan bermacam koleksi ikan, serta beberapa bangunan popular di dunia yang berbentuk mini.

3. Tangkap Ikan 

Ruangan tangkap ikan ini berupa aliran sungai kecil, seperti saluran irigasi, yang di dalamnya di isi bermacam tipe ikan. Ujung dari aliran sungai kecil ini menghadap ke wahana wisata praon atau wisata air bebek-bebekan dan perahu.

4. Konservasi Rusa 

Di konservasi rusa ini kita dapat saksikan rusa-rusa yang cantik tengah bermain di kandangnya. Di dekat konservasi rusa ini ada taman yang cantik untuk sebagian foto, persawahan di belakangnya, dan ada juga kebun buah naga.

5. Wisata Air Terminal Praon 

Semua wahana di Purbasari Panncuran Mas gratis, sudah masuk dalam harga ticket masuk, kecuali Tempat Wisata Praon dan Theater 3D. Nah, di Terminal Praon ini, kita bisa menyewa bebek-bebekan air atau beramai-ramai naik perahu keliling perairan kolam yang cukup besar. Cukup cuma menyewa pelampung pengaman, kita dapat nikmati perahu wisata dan sepeda air dengan gratis. Biaya sewanya 3 ribu per orang untuk perahu wisata dan 10 ribu rupiah per sepeda air. Anak-anak paling kegemaran nih disuruh bermain di sini.

6. Cinema 3 D 

Untuk yang suka pada nonton film 3 dimensi, dapat juga masuk ke Theater 3 D di Purbasari Pancuran Mas, dengan membayar ticket masuk lebih dahulu. Tempat Cinema 3 D ini ada didepan mushola dekat dengan pintu keluar dan Wisata Praon. Yang masuk ke Theater 3 D biasanya anak-anak muda atau anak-anak sekolah yang suka pada nonton film.

7. Kolam Renang dan Waterboom 

Yang jadi incaran pengunjang juga nih, terutama anak-anak, yaitu kolam renang dan waterboom di Purbasari Pancuran Mas. Pengunjung tidak butuh membayar ticket masuk lagi ke waterboom ini, karna sudah masuk ke harga ticket masuk Purbasari Pancuran Mas. Saat saksikan kolam renang ini, Alya dan Fiqih juga selekasnya minta turun dan berenang di kolam renang anak-anak. Sepenglihatan saya, ada 4 buah kolam renang di sini, dengan 1 slide dan 3 waterboom. Seru banget ngelihat mereka bermain air, dan saya cuma bisa nonton, tidak bawa baju ganti soalnya hehehe.

8. Bird Park 

Bird Park ini berbentuk satu taman, ada tempat sekedar untuk duduk enjoy, dan diisi berupa koleksi burung-burung yang dikandangkan disangkar burung yang besar. Apabila inginkan saksikan burung onta, kita dapat berkunjung ke Taman Burung ini. Tempatnya enak banget buat wisata keluarga dan wisata pendidikan.

9. Istana Burung 

Apabila di Bird Park kita saksikan koleksi bermacam tipe burung di taman terbuka, di Istana Burung ini, kita akan masuk ruangan seperti kandang burung raksasa. Saat keluar dari kolam renang dan waterboom, pengunjung diharuskan untuk keluar lewat istana burung ini. Di istana burung, kita bisa lihat burung-burung terbang di atas kepala kita dan di sekitaran kita, kecuali beberapa koleksi burung yang diletakkan di kandang juga.

9. Kebon Buah Naga 

Kebun buah naga ini ada di samping konservasi rusa. Kebun buah naganya memang tidak sangat luas, tapi pohon buah naganya demikian banyak. Sayangnya, saat kita berkunjung ke sini buah naganya tidak lagi buah. Apabila buah semua, tentunya lebih cantik lagi, bisa ambil juga kali ya hehehe. Jalan sebentar dari kebun buah naga, ada jembatan cinta, kita bisa sebagian foto di sini nih. Di bawah jembatan ini ada kuda nil dengan ukuran besar yang mengapung, tidaklah kuda nil beneran ya, tapi kuda nil buatan :)

10. Taman Bermain 

11. Diorama Satwa 

Wahana wisata diorama satwa berupa berbagai type binatang yang telah diawetkan sampai pengunjung dapat menyimak binatang dengan lebih bebas. Binatang-binatang yang diawetkan ini yakni koleksi binatang di Purbasari Pancuran Mas yang telah mati karna tua, sakit, atau sebab lain serta ada juga koleksi binatang yang diawetkan hasil dari hibah beberapa orang.

Nah, itu wahana-wahana wisata yang ada di Purbasari Pancuran Mas. Tahun-tahun mendatang, saya yakin wahana wisata yang ada disini semakin tambah dan semakin lengkap. Silakan beri di kolom komentar ya apabila ada yang kurang.

Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Untuk fasilitasnya, Purbasari Pancuran Mas memiliki ruang pertemuan, terapi pijit ikan, sebagian tempat foto selfie menarik, mushola, toilet, warung-warung makan, ruangan parkir yang luas, gazebo, dan sebagian tempat penjualan souvenir.

Demikian cerita liburan kita di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga. Mudah-mudahan pariwisata Purbalingga makin maju... AMIN

2 Responses to "Harga Tiket Masuk Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga"

  1. Ada tempat recommend satu lagi nih di Purwokerto....
    The President Executive SPA and Karaoke Purwokerto, Relaksasi dengan suasana yang nyaman plus therapis cantik dan asik, pokoknya pelayanannya oke laah dan ada room karaokean nya juga looh.... highly recommended in a town!!!
    www.thepresidentspa.com

    ReplyDelete
  2. Ada tempat recommend satu lagi nih di Purwokerto....
    The President Executive SPA and Karaoke Purwokerto, Relaksasi dengan suasana yang nyaman plus therapis cantik dan asik, pokoknya pelayanannya oke laah dan ada room karaokean nya juga looh.... highly recommended in a town!!!
    www.thepresidentspa.com

    ReplyDelete