Berikut 4 Kuliner Khas Papua yang Paling Poppuler

Berikut 4 Kuliner Khas Papua yang Paling Poppuler - Tidak diragukan sekali lagi, keindahan wisata Papua memanglah eksotis. Wisata bawah lautnya yang menarik tidak dapat menaklukkan keelokan budaya lokalnya juga. Di samping menghidangkan keindahan wisata alamnya, Papua juga tawarkan wisata kuliner ciri khas Papua yang siap menggoyang lidah anda dengan kesenangan makanan lokal. Papua menantang anda untuk coba kelezatan wisata kuliner ciri khas Papua.

Seperti daerah sisi timur Indonesia, di Papua, Sagu adalah makanan paling utama pengganti nasi, karna memanglah di Papua begitu tidak sering didapati nasi. Umumnya orang-orang makan sagu. Mereka membuatnya sendiri serta mengambilnya dari pohon sagu yang tumbuh di lingkungan rumah mereka. Bahkan juga ulat sagu yang tumbuh di pohon sagu juga mereka mengkonsumsi serta jadi kuliner unik di Papua. Berani coba kuliner Papua? Tersebut disini wisata kuliner ciri khas Papua yang dapat anda cobalah sendiri kelezatannya.

1. Papeda Ikan Kuah Kuning 


Kuliner Papua Papeda Ikan Kuah Kuning

Kuliner ciri khas Papua yang pertama adalah Papeda Ikan Kuah Kuning. Papeda adalah bubur dari sagu. Umumnya orang pedalaman Papua yang membuatnya. Sagu sebenarnya lebih populer di Papua dari pada di daerah beda. Walaupun di Maluku orang juga makan sagu, tetapi di Papua, sagu adalah makanan pokok.

Papeda yang kenyal bisa digabungkan dengan ikan kuah kuning yang rasa-rasanya asam. Pokoknya tentu buat anda ketagihan. Struktur Papeda yang kenyal ditambah dengan kuah kuning yang rasa-rasanya fresh, benar benar kombinasi prima. Terlebih kuah kuning ini didominasi oleh rasa tomat, lemon cui, serta sebagian rempah serta kaldu ikan.

Ikan yang terbagus untuk buat ikan kuah kuning adalah ikan Gabus. Namun ada pula yang memakai Ikan Kue serta Kakap Merah. Umumnya Papeda Kuah Kuning juga akan diperlengkapi dengan hadirnya sayur buah pepaya atau seringkali dimaksud sayur Ganemo. Sayur ini terbuat dari daun muda melinjo yang ditumis dengan bunga pepaya.

2. Sate Ulat Sagu 


Kuliner Papua Sate Ulat Sagu

Kuliner Papua selanjutnya yang jadi kuliner unik Papua adalah Sate Ulat Sagu. Ulat Sagu cuma dapat didapati dibagian timur Indonesia. Ulat sagu sendiri di ambil dari batang pohon sagu yang rubuh dengan alami serta membusuk. Batang membusuk berikut sebagai tempat tinggal ulat ulat gemuk sagu. Memiliki bentuk putih seperti belatung tetapi jauh semakin besar serta tampak berlemak.

Ulat sagu adalah makanan ciri khas rakyat Papua serta beberapa Maluku. Janganlah lihat dari asal atau jijiknya anda pada ulat. Ulat Sagu adalah sumber protein yang tinggi. Apabila anda merasakannya benar benar berlainan dari memiliki bentuk. Rasa-rasanya kenyal seperti makan jeroan ayam.

Ulat sagu umumnya dikonsumsi mentah atau dapat pula digoreng lewat cara umum. Tetapi karna kreatifitas, ulat sagu ini dapat jadikan sate juga. Rasa-rasanya yang sedikit berlemak dengan balutan bumbu sate juga akan menaikkan nikmat ulat sagu ini.

3. Sagu Lempeng 


Kuliner Papua Sagu Lempeng

Sagu Lempeng adalah makanan camilan ciri khas Indonesia sisi Timur, karna Sagu Lempeng ini tidak cuma berada di Papua saja, Maluku ada juga Sagu Lempeng. Langkah membuatnya cukup gampang. Sagu dimasukkan kedalam cetakan yang dimaksud forma lantas dibakar diatas api atau batu panas. Sagu lempeng siap disajikan.

Umumnya sagu lempeng disantap jadi camilan waktu minum kopi atau teh. Sekarang ini sagu lempeng yang umumnya berwarna coklat telah dimodifikasi dengan pemakaian waran warna alami yang lain. Karena itu makanan yang satu ini tambah lebih menarik sekali lagi.

4. Udang Selingkuh 


Kuliner Papua Udang Selingkuh

Kuliner ciri khas Papua yang paling akhir yang dapat saya hidangkan adalah Udang Selingkuh. Udang Selingkuh cuma hidup di sungai sungai di Lembah Baliem, Wamena. Konon di sungai sungai Lembah Baliem Papua hidup beragam type udang. Namun yang populer memanglah Udang Selingkuh ini. Kelebihan udang ini ada pada capitnya. Bentuk badan Udang Selingkuh sama juga dengan bentuk udang yang beda. Yang membedakan adalah capitnya yang lebih serupa capit kepiting. Karena itu udang yang satu ini dimaksud Udang Selingkuh.

Udang Selingkuh umumnya disajikan dengan saus tiram, saus asam manis, saus padang atau saus mentega. Untuk harga, kuliner yang satu ini harga nya cukup mahal, per porsinya dapat menjangkau 100. 000 rupiah.

0 Response to "Berikut 4 Kuliner Khas Papua yang Paling Poppuler"

Post a Comment