Berikut Wisata Kuliner 12 Makanan Khas Wonosobo Terfavorit

Berikut Wisata Kuliner 12 Makanan Khas Wonosobo Terfavorit - Wonosobo, satu Kabupaten di Jawa Tengah yang bersebelahan segera dengan Rekanggung ini memanglah cukup menarik untuk dikunjungi, satu diantara obyek wisata popular di Wonosobo adalah Dataran Tinggi Dieng, di Dieng kita dapat temukan banyak obyek wisata bagus sebagai ikon dari daerah itu. Tidak cuma wisata saja yang menarik di Wonosobo, tetapi juga makanan ciri khas Kabupaten ini cukup menggoda untuk kita cicipi, Wonosobo mempunyai banyak makanan ciri khas dengan ramuan bumbu resep yang memanjakan lidah, jadikan kita menginginkan cobanya sekali lagi serta sekali lagi, nah berikut ini adalah daftar makanan ciri khas di Wonosobo yang perlu anda cicipi saat tengah ada di sana.

MIE ONGKLOK WONOSOBO



Tentu anda telah tidak asing dengan Mie Ongklok, Mie Ongklok memanglah telah jadi ikon kuliner di Wonosobo, Mie Ongklok Wonosobo di buat berbahan mie, kubis, kol, daun kucai digabung dengan kuah kacang kental berkanji yang umum dimaksud dengan loh. Untuk dapat mencicipi Mie Ongklok kita cuma butuh bertandang ke Wonosobo saja, Mie Ongklok Wonosobo telah banyak dijajakan di warung-warung, jadi cukup gampang untuk menemukannya, pertama kalinya kita lihat Mie Ongklok tentu tidak juga akan menganggap bila rasa dari makanan itu sangat lezat serta buat nagih. Ongklok, sesungguhnya adalah nama alat bantu untuk merebus mie. Seperti keranjang kecil dari anyaman bambu yang digunakan untuk menolong perebusan mie. Pemakaian alat bantu ini ciri khas daerah setempat hingga diberikanlah nama mie rebus ini sesuai sama alat itu. bacalah juga : daftar obyek wisata yang harus anda kunjungi di Dieng

CARICA



Saat anda bertandang ke Wonosobo, tentu anda seringkali lihat buah yang memiliki bentuk serupa dengan pepaya, tetapi lebih kecil, buah itu bernama Carica, untuk orang-orang Wonosobo, Carica dibuat jadi bermacam type camilan, dari mulai manisan, keripik, dodol sampai sirup. Buah Carica cuma tumbuh di dataran tinggi sekitaran 1. 500 hingga 3. 000 Mdpl, Carica mempunyai nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis serta termasuk juga Family Caricaceae yang aslinya dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Untuk temukan penjula Carica di Wonosobo tidak susah, olahan paling popular serta gampang diketemukan adalah berbentuk manisan botol, rasa dari buah ini cukup manis, jadi ditanggung anda segera sukai.

PURWACENG



Untuk orang yang telah bertandang ke Wonosobo, tentu telah tidak asing dengan yang satu ini, Purwaceng sesungguhnya adalah tanaman obat yang dibuat oleh orang-orang dataran tinggi Dieng dibuat jadi minuman kesehatan, tetapi kadang-kadang banyak yang salah kira mengartikan Purwaceng jadi obat ketahanan untuk pria. Tetapi hal itu memanglah tidak seutuhnya salah, karna Purwaceng seringkali dimaksud sebagai Viagra tradisionil, yang diakui dapat tingkatkan stamina pria Purwaceng mempunyai banyak faedah untuk badan, tanaman satu ini mempunyai manfaat menghangatkan badan, saraf serta otot, menyingkirkan masuk angin serta pegal linu, memperlancar buang air kecil, obat analgetika (menyingkirkan rasa sakit), turunkan panas, obat cacing, antibakteri dan anti kanker.

KACANG DIENG 



Sesuai sama namanya, kacang ini memanglah identik dengan dataran tinggi Dieng, orang-orang sekitaran seringkali mengatakannya dengan kacang babi, Kacang Dieng ini mempunyai bentuk yang berlainan dengan umumnya kacang biasanya, Kacang Dieng berkesan semakin besar. Rasa dari Kacang Dieng benar-benar sangat nikmat, kombinasi bumbu serta gurihnya kacang jadikan Kacang Dieng jadi primadona camilan di Wonosobo, jadi saat anda bertandang ke Dieng anda harus mencicipi camilan ini.

DENDENG GEPUK 



Dendeng umumnya identik dengan darah hewan yang dibekukan, tetapi berlainan dengan Dendeng Gepuk ciri khas Wonosobo ini, makanan ciri khas satu ini terbuat dari daging sapi pilihan yang mempunyai rasa begitu lezat, umumnya untuk nikmati Dendeng Gepuk kita butuh sepiring nasi putih supaya rasa-rasanya lebih nikmat.

SAGON



Namanya memanglah tidaklah terlalu asing, Sagon terbuat dari sagu, parutan kelapa serta gula, dibuat lewat cara dibakar di atas bara kayu bakar atau arang, jadikan aroma dari makanan ciri khas satu ini begitu menggoda. Tetapi berlainan dengan makanan ciri khas yang lain, untuk dapat nikmati Sagon di Wonosobo saat ini cukup sulit, karna sedikit yang masih tetap buat makanan tradisionil itu, paling gampang untuk temukan Sagon yaitu dengan bertandang ke lantai 3 pasar Induk Wonosobo.

OPAK SINGKONG



Sesuai sama namanya, Opak Singkong memiliki bahan basic dari Singkong yang di rebus serta ditambah sedikit kucai dan garam seperlunya, lantas ditumbuk sampai halus, lalu dipipihkan serta dijemur, sesudah kering siap untuk digoreng dengan minyak yg cukup hingga masak. Opak Singkong ciri khas Wonosobo ini umumnya mempunyai rasa asin serta gurih, panduan untuk anda yang menginginkan beli Opak Singkong, belilah yang tetap dalam bentuk 1/2 masak (banggli) atau belum juga digoreng. Janganlah lupa tanyakanlah pada penjual, bagaimana caranya menggoreng opak singkong ini dengan benar.

TEMPE KEMUL



Kemul adalah bhs Jawa yang jika disimpulkan dalam bhs Indonesia mempunyai makna “selimut” Tempe kemul berlainan dengan tempe mendoan, tempe kemul sedikit semakin banyak tepungnya, hingga lebih keras di banding mendoan, oleh karenanya makanan ciri khas ini diberi nama Tempe Kemul, Tempe kemul umumnya dihidangkan sebagi rekan minum teh tambi atau purwaceng.

TEH TAMBI



Teh Tambi di buat dari pucuk daun teh pilihan yang ditaman di dataran tinggi Wonosobo, serta diolah dengan higienis lewat pengalaman bertahun-tahun, hingga memiliki aroma serta warna yang kuat, Teh Tambi begitu pas diminum sembari nikmati Tempe Kemul.

KERIPIK JAMUR



Jaman dahulu orang-orang Wonosobo memakai Jamur jadi bahan makanan basah atau makanan kaleng. Bersamaan jalannya saat, inovasi didunia kuliner makin berkembang hingga orang-orang setempat membuat jamur jadi keripik, satu camilan yang banyak disenangi wisatawan serta orang-orang Wonosobo sendiri. Kerennya sekali lagi Keripik Jamur memiliki kandungan kandungan protein lebih tinggi bila dibanding dengan beras serta gandum. Keripik Jamur juga memiliki kandungan sembilan type Asam amino esensial, yang lebih menarik Jamur di kenal jadi makanan yang bisa mengobati beragam jenis penyakit.

GEBLEK



Nama yang unik untuk satu makanan, Geblek adalah camilan ciri khas Wonosobo, umumnya makanan ini banyak di jual oleh tukang gorengan, Geblek berwarna putih serta terbuat dari tepung pati yang digabung dengan taburan daun kucai serta digoreng, meskipun cukup alot tetapi rasa-rasanya enak lho.

NASI MEGONO



Nasi Megono adalah makanan tradisionil ciri khas Wonosobo meskipun kita dapat juga menemukannya di Pekalongan, tapi rasa dari ke-2 daerah ini cukup berlainan, umumnya Nasi Megono dihidangkan dengan Tempe Kemul serta Teh Tambi. bacalah juga : liburan ke Jakarta? yuk cobalah makanan ciri khas betawi ini daftar makanan ciri khas Jogja yang perlu anda cobalah Nah, tersebut daftar makanan ciri khas Wonosobo yang perlu anda cicipi saat bertandang di Kabupaten Wonosobo, dari beberapa makanan di atas mana saja sebagai favoritmu?

0 Response to "Berikut Wisata Kuliner 12 Makanan Khas Wonosobo Terfavorit"

Post a Comment