Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren - Wisata Curug Cipamingkis terdapat di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Luas object wisata itu 16, 50 Hektar.

Suhu udara di sekitaran tempat curug ini cukup dingin. Bukanlah sebatas karna temperatur suhu udara disana yang sekitar pada 18-20 derajat celcius semata, namun juga karna ada “hawa lain” yang demikian merasa melingkupinya. Sebab, kehadiran Curug Cipamingkis memanglah tidak dapat dilepaskan dari legenda serta mitos di seputarnya.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Pertemuan Dua Sungai Curug Cipamingkis Bogor

Curug Cipamingkis adalah tempat pertemuan aliran dua sungai yang melintas Kabupaten Bogor, yakni Sungai Cipamingkis serta Sungai Cisarua. Konon, dari nama satu diantara sungai sumber airnya tersebut nama Curug Cipamingkis berasal.

Namun, ada pula sekumpulan orang-orang setempat yang mengatakan, Curug Cipamingkis adalah air terjun terakhir atau paling akhir. Grup orang-orang ini yakini, dari filosofi kata terakhir itu lalu menjelma nama Cipamingkis.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Yang menarik, Curug Cipamingkis tampak semakin banyak didatangi pengunjung daripada Curug Ciherang yang keduanya sama ada di lokasi Bogor. Meski tempat ke-2 curug itu berdekatan, legenda Curug Cipamingkis lebih merasa kental daripada Curug Ciherang.

Penyebabnya hal tersebut tidak dapat dimungkiri karna Curug Cipamingkis begitu lekat memiliki kandungan aroma mistik yang melegenda.

Legenda serta Mitos Curug Cipamingkis Bogor

Terdapat beberapa legenda serta mitos di sekitar Curug Cipamingkis. Satu diantara mitos yang melingkupi Curug Cipamingkis itu menyebutkan, bila seorang yang belum juga memperoleh jodoh dalam kehidupannya lantas mandi dibawah terjunan airnya dengan melafadzkan kemauan, maksud serta maksud yang diinginkan itu juga akan terwujud.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Diluar itu, ada juga mitos yang mengatakan kalau Curug Cipamingkis mempunyai “penunggu”. Menurut mitosnya, penunggu Curug Cipamingkis itu berupa Ular Naga yang digelari orang-orang jadi Ratu Ular atau Dewi Ular, yakni gabungan Pangeran Langit.

Ada juga satu diantara narasi yang konon datang dari satu diantara pengunjung Curug Cipamingkis. Konon, menurut narasi itu, saat ia tengah ada di Curug Cipamingkis, disuatu waktu mendadak ia didatangi sosok yang cahaya matanya pancarkan cahaya tajam berupa bola merah serta makin lama makin dekat menghampirinya.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Pada akhirnya, ia rasakan keanehan pada dianya. Serta mulai sejak itu, konon ia lalu terasa otomatis sudah memperoleh kemampuan gaib serta daya tarik terlebih berkaitan perjalanan cinta kasihnya.

Narasi yang tidak jauh berlainan juga terdengar di sekitar Curug Ciherang yang notabene adalah tetangga dekat Curug Cipamingkis. Website Wisata Curug Ciherang sekarang ini adalah air terjun object wisata religi yang sering didatangi orang-orang. Air terjun ini dilingkupi legenda meski aroma mistisnya tidak sekental Curug Cipamingkis.

Di Curug Ciherang, legendanya dimulai oleh kehadiran tempat pemandian serta pertapaan beberapa keturunan raja yang dikeramatkan oleh orang-orang sekitaran ataupun pengunjung luar kota. Tempat pemandian itu dipercayai bisa memberi tuah sesudah pengunjung mandi disana.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Airnya konon diakui bisa mengobati beragam penyakit dan kesehatan serta barokah untuk pengunjunngnya. Diluar itu, jalan untuk menuju ke Puncak Curug Ciherang berupa seperti lekuk-lekuk badan Ular Naga.

Potensi serta Daya Tarik Curug Cipamingkis Bogor

Meski tidak terlepas dari narasi mistis di sekitar air terjun, Curug Cipamingkis menaruh potensi besar karna kekayaan pesona serta daya tarik alamiahnya. Sebab, Curug Cipamingkis tampak demikian indah dengan hamparan rimba pinus yang hijau mengelilinginya.

Situasi yang asri, sejuk serta udara fresh ciri khas pegunungan juga demikian merasa waktu masuk ruang air terjun. Potensi alam yang demikian indah itu jadi daya tarik Curug Cipamingkis untuk beberapa wisatawan, terkecuali aroma mistis yang sekian kental.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Terlebih, tempat Curug Cipamingkis relatif gampang untuk dijangkau. Dari Bogor, jaraknya cuma sekitaran 40 km. Rutenya dengan melalui Bogor-Sentul-Babakan Madang-Sukamakmur-Desa Wargajaya-Curug Cipamingkis.

Untuk pengunjung dari Jakarta, jaraknya juga tidak sangat jauh, cuma sekitaran 60 km dari Pintu Tol Cibubur. Rutenya yaitu Cibubur-Gunung Putri-Jonggol-Sukamakmur-Desa Wargajaya-Curug Cipamingkis.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Dari arah Jonggol, pengunjung yang memakai kendaraan pribadi bisa ambil jalan menuju Sukamakmur ke arah Cipanas. Beberapa pengunjung diprediksikan tidak juga akan banyak alami kesusahan untuk tiba di tempat Curug Cipamingkis sesudah keluar pintu tol Cibubur. Sebab, perjalanan dari sana cuma tinggal lurus saja ikuti jalan raya ke arah timur.

Gampang Diakses Curug Cipamingkis Bogor

Diliat dari tempat tempat wisata, Curug Cipamingkis juga mempunyai kelebihan. Tempat parkirnya lebih dekat dengan jalan paling utama. Demikian tiba di ruang air terjun, tempat parkir juga akan selekasnya tampak. Banyak kendaraan roda empat serta roda dua yang parkir disana.

Hal tersebut buat Curug Cipamingkis lebih dekat serta lebih gampang dibuka daripada Curug Ciherang yang tempatnya berjarak kurang lebih 500 mtr. dari gerbang intinya.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Ticket masuk Curug Cipamingkis seharga Rp 9000 plus cost parkir untuk mobil @ Rp 4000. Di pelataran parkir, pengunjung telah juga akan diterima oleh deretan pohon pinus yang hijau serta tinggi menjulang, dihiasi alur parit kecil yang dingin airnya.

Di sekitaran tempat parkir ada pondok-pondok yang jual minuman dan makanan enteng. Dari tempat parkir, ada jembatan bambu yang perlu dilalui untuk menyeberang. Hingga, sepintas telah tampak pengelolaan yang cukup baik disana.

Curug Cipamingkis juga diperlengkapi sebagian sarana. Umpamanya, disana sudah ada areal perkemahan, jongging trek, outdoor activity, toilet, musholla, dan tenda-tenda serta saung-saung untuk istirahat.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Serta situasi di dalam rimba pinus yang asri juga buat banyak pengunjung yang mengadakan tikar diantara pokok-pokok pohon pinus, lantas duduk serta nikmati bekal yang mereka bawa.

Pilihan Menarik Curug Cipamingkis Bogor

Memanglah, aliran sungai sebagai sumber air terjun Curug Cipamingkis tidak selebar Curug Ciherang. Namun, pesona Curug Cipamingkis tidak kalah dari Curug Ciherang. Banyak diantara pengunjung yang mengabadikan beberapa photo disana.

Jadi, kedekatan tempat dua air terjun ini menimbulkan potensi sendiri. Pengunjung juga ditempatkan pada pilihan yang menarik. Bila pengunjung menginginkan berkunjung ke wisata alam dengan maksud untuk menunjukkan mitos mengenai panjang jodoh, datang saja ke Curug Cipamingkis.

Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren

Namun bila menginginkan nikmati wisata alam dengan maksud untuk nikmati situasi main air yang seru, Curug Ciherang nampaknya pas juga. Kenyataannya, ke-2 curug ini dapat menghipnotis pengunjungnya dengan pesona semasing.

Peta lokasi Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren :


Untuk beberapa pengunjung, bila akan naik ke bawah air terjun, sebaiknya memerhatika banyak hal. Yang pertama, sebaiknya menggunakan sandal atau sepatu yang spesial untuk beberapa pendaki gunung. Hingga, pijakan kaki juga akan tetaplah mantap waktu melalui jalan berbatu, jalan tanah, serta medan yang licin.

Jangan pernah Anda sangat terpaksa mesti melepaskan serta membawa sepatu cantik, lantas jalan kaki berjinjit-jinjit karna kesusahan berdasar.

0 Response to "Curug Cipamingkis Bogor Air Terjun Keren"

Post a Comment