Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru - Ada gagasan kemana dengan keluarga menggunakan berlibur akhir minggu?Jadi satu pilihan, Bapak Ibu dapat mengajak anak-anak jalan-jalan ke kota Bogor serta bertandang ke Museum Zoologi disana. Museum Zoologi? Ya, museum berumur 110 th. ini berada di tengahnya rimbunnya pohon-pohon didalam kompleks Kebun Raya Bogor serta adalah satu diantara objek yang harus dikunjungi bila kita masuk landmark Kota Hujan itu.


Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

SEJARAH MUSEUM ZOOLOGI 


Berdirinya Museum Zoologi adalah ide dari J. C. Koningsberger, seseorang pakar botani berkebangsaan Jerman yang tinggal di Belanda. Pada awal pembangunannya th. 1894, tempat ini berperan jadi laboratorium zoologi sebagai wadah riset yang terkait dengan pertanian serta zoologi, mencakup aktivitas inventarisasi fauna Indonesia dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Bersamaan dengan perubahannya, Museum Zoologi merubah namanya sesuai sama peranannya.

Cara Menuju ke Museum Zoologi 

Untuk bertandang ke museum Zoologi, kita mesti masuk lewat Pintu Masuk Paling utama Kebun Raya Bogor yang bertuliskan : KEBUN RAYA BOGOR PINTU 1

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Pintu 1 Kebun Raya Bogor (KRB) adalah pintu yang spesial ditujukan untuk pengunjung Kebun Raya Bogor yang memakai kendaraan. Untuk pengunjung yang jalan kaki, ada pintu masuk yang terpisah. Apabila beberapa pengunjung pejalan kaki menginginkan ke Museum Zoologi jadi waktu didalam Kebun Raya mesti jalan menghadap ke Pintu 1.

Di Pintu 1 berikut pengunjung beli ticket masuk untuk pengunjung yang datang dengan kendaraan. Dengan beli ticket masuk Kebun Raya Bogor, pengunjung juga telah dapat masuk kedalam Museum Zoologi dengan gratis.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Catatan : 

Jadi info, untuk hari Senin s/d Sabtu, kendaraan pribadi roda empat diijinkan masuk kedalam ruang KRB (tetapi Motor & Sepeda tetaplah tidak diijinkan masuk).

Sedang spesial untuk hari Minggu, kendaraan pribadi terkecuali SEPEDA dilarang untuk masuk serta cuma diperbolehkan parkir diluar KRB. Berkeliling-keliling dengan Sepeda spesial hari Minggu di Kebun Raya Bogor ini dapat dikerjakan dari pintu masuk manapun.

Museum Zoologi terdapat tidak jauh dari Pintu 1 KRB dan begitu dekat dengan terminal bis wisata keliling Kebun Raya Bogor.

Megahnya Bangunan & Koleksi Museum Zoologi 

Penampakan Gedung Museum Zoologi ini begitu kental dengan style arsitektur Belanda, di mana bangunannya bertembok kuat dengan pintu dan jendela yang tinggi serta lebar (jadi info museum ini tidak diperlengkapi pendingan ruang serta cuma memercayakan aliran udara dari pintu serta jendela).

Waktu pertama masuk kedalam gedung, pencahayaannya memanglah agak redup serta suasananya sunyi hingga semakin lebih mengasyikkan apabila bertandang ke museum ini beramai-ramai atau minta ditemani oleh guide museum.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Sesuai sama namanya, " Zoologi " yang bermakna pengetahuan mengenai dunia hewan/satwa, museum ini menunjukkan 954 type awetan serta tiruan fauna yang terdiri dari grup burung, mamalia, reptilian, amfibia, ikan, moluska, krustasea, serta serangga, baik yang telah punah ataupun yang masih tetap hidup sampai saat ini.

Sebagian koleksi di museum ini adalah berbentuk badan asli satwa yang diawetkan tetapi ada pula yang berupa tiruan. Satwa-satwa yang telah diawetkan ini diletakkan didalam ruangan kaca yang suasananya di buat begitu mendekati keadaan lingkungan asli rumah satwa itu.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Dari deskripsi di ruangan kaca ini, anak-anak juga jadi dapat mengetahui bentuk, tingkah laku, dan bagaimana kehidupan satu type satwa seakan-akan mereka masih tetap hidup serta kita dapat memandangnya segera ditempat tinggal aslinya.

Serta yang menarik adalah banyak type satwa di museum ini yang mungkin saja baru di kenali pengunjung sesudah memandangnya di Museum Zoologi. Koleksi satwa di museum ini memanglah mengesankan karna sebagian satwa tidak sering berada di dalam pustaka atau mungkin saja mereka telah punah atau nyaris punah.

Kerangka Fosil Paus Biru 

Waktu bertandang ke Museum Zoologi, janganlah lupa ajak anak lihat kerangka Paus Biru (Balaenoptera Musculus). Rangka Paus selama 26 mtr. ini datang dari paus yang terdampar di Pantai Pameungpeuk, Garut pada th. 1916. Dari tempat terdamparnya ini, kerangka Paus seberat 6. 390 kg itu diangkut dengan gerbong kereta api ke Bogor dalam perjalanan sepanjang 44 hari. Untuk mmebersihkan serta membuat kembali rangka itu, dibutuhkan saat lebih kurang 1 th.!

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Dengan lihat kerangka Paus Biru tentunya juga akan memberi deskripsi pada anak-anak begitu hebat serta begitu besar satwa yang hidupnya di lautan ini.

Manfaat ke Museum Zoologi 

Museum Zoologi mempunyai sumbangsih perlu dalam membuat kesadaran manusia mengenai lingkungan. Dengan lihat koleksi di museum ini, kita juga akan memperoleh banyak info masalah fauna yang punah ataupun yang dilindungi karna nyaris punah. Harimau Bali, umpamanya, telah punah. Disamping itu Harimau Sumatera saat ini tengah terancam. Ada pula Penyu Hijau yang dahulu seringkali dipakai untuk persembahan di Bali serta untuk export, untungnya hal semacam ini telah dilarang oleh Pemerintah.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Berjalan-jalan wisata ke Museum Zoologi ini tentunya juga akan berguna untuk anak-anak karna terkecuali untuk isi waktu libur, pikiran serta kesadaran mereka mengenai pentingnya melindungi kesesuaian dengan lingkungan juga juga akan makin besar.

PETA LOKASI Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor terdapat di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, Jawa Barat dengan pintu masuk lewat Gerbang Kebun Raya Bogor.

JAM BUKA 
  • Museum Zoologi Bogor buka tiap-tiap hari 
  • Senin - Kamis : 07. 30 - 16. 00 WIB 
  • Jumat : 07. 30 - 11. 30 & 13. 00 - 16. 30 WIB 
  • Libur : 08. 00 - 17. 00 WIB 
HARGA TIKET MASUK 

Mulai th. 2008, ticket masuk Museum Zoologi Bogor Menyatu dengan ticket masuk Kebun Raya Bogor. Dengan beli satu ticket, Anda dapat berkunjung ke Museum Zoologi Bogor serta Kebun Raya Bogor.

Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru

Per tanggal 24 Desember 2012, mulai 1 Maret 2013 berlaku tarif masuk untuk pengunjung Kebun Raya Bogor seperti berikut :
  • Ticket Masuk Rp. 14. 000, -/orang. 
  • Ticket Spesial Wisatawan Asing Rp. 25. 000, -/orang. 
  • Kendaraan Keliling Roda 4 Rp. 30. 000, -. 
  • Parkir Kendaraan Roda 2 Rp. 5. 000, -. 
  • Ticket Sepeda Keliling Rp. 5. 000, -.
Ticket masuk telah termasuk juga Asuransi Jasa Raharja Distribusi Pemkot serta Masuk ke Museum Zoologi.

0 Response to "Harga Tiket Masuk Museum Zoologi Bogor Terbaru"

Post a Comment