Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor - Museum Etnobotani BogorPernah Anda mendengar nama Museum Etnobotani? Tahukah Anda di mana tempatnya ada? Tahukah Anda bila biaya masuk ke museum ini masih tetap dibawah harga semangkuk bakso?

Mohon janganlah tersinggung dengan pertanyaan-pertanyaan itu diatas. Tak ada maksud memojokkan karna saya cukup sadar kalau budaya bertandang ke museum di tanah air kita ini masih tetap begitu rendah dibanding dengan orang-orang di negara-negara maju.

Bukanlah satu hal yang mengherankan mendengar, lihat atau ketahui sebagian kenyataan kalau museum tidaklah tempat kunjungan wisata favorite.

Jadi “no offense”. Jikalau Anda tidak paham jawaban semuanya pertanyaan diatas, bukanlah satu problem. Beberapa ribu, beberapa puluh ribu, atau bahkan juga juta-an orang juga mungkin saja akan tidak dapat menjawab tanpa ada pertolongan Mesin pencari (Search Engine) Google atau Yahoo atau Bing.

Nah, karna Anda pada akhirnya telah tiba ke artikel ini, dari pada cuma ketahui jawaban dari tiga pertanyaan diatas, kenapa tidak Anda lanjutkan untuk ketahui apa, di mana, serta isi dari Museum Etnobotani itu.

Tidak semakin lebih dari 5 menit saja untuk membaca keseluruhnya kata serta kalimat yang ada pada tulisan ini. Bukanlah suatu hal yang lama, bukanlah demikian?

Sesudah membaca artikel ini, dapat di pastikan Anda juga akan dapat menjawab ke-3 pertanyaan itu dengan gampang. Bahkan juga, Anda dapat mulai menceritakan pada rekanan, saudara, pacar, teman dekat mengenai museum yang satu ini.

Apa Itu Museum Etnobotani?

Dapat terbayang apa isi Museum Etnobotani dengan lihat photo perlengkapan memasak serta minum diatas?

Belum juga? Don’t worry. Janganlah cemas. Memanglah masih tetap susah menerka apabila kita tidak ketahui makna kata ETNOBOTANI tersebut. Arti ini sendiri benar-benar sangat berbau ilmiah, serta terkadang buat kita ruwet.

Meski begitu, tak ada kelirunya apabila kita ketahuinya, toh tak ada ruginya menaikkan pengetahuan sedikit dari bagian antropologi (pengetahuan yang pelajari mengenai manusia).

Arti ETNOBOTANI

Kata ini terjadi dari dua buah kata Etno : datang dari kata etnik atau etnis yang bermakna suku bangsa

Botani : datang dari bhs Yunani yang bermakna “rerumputan”. Dalam hal semacam ini kata botani bermakna pengetahuan yang pelajari tentang tumbuh-tumbuhan.

Jadi, saat keduanya dipadukan jadi terwujudlah kata baru etnobotani. Kata ini dapat disimpulkan jadi cabang pengetahuan tumbuh-tumbuhan yang spesial mempelajari mengenai hubungan pada kehidupan suku-suku asli dengan beragam tetumbuhan di sekelilingnya.

Mungkin saja, bila dibuatkan contoh mengenai hal itu dapat diliat dari photo berikut ini.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Gambar diatas memerlihatkan beragam perlengkapan yang terbuat dari bambu (tumbuhan), yang sempat serta masih tetap digunakan, oleh beberapa manusia/suku bangsa di Indonesia.

Ya. Tersebut contoh simpel dari apakah itu etnobotani. Manusia memakai alam untuk melakukan perbaikan kehidupannya. Langkah yang lalu membuat satu langkah hidup didalam satu orang-orang.

Sesederhana itu. Memanglah sesederhana itu keterangan dari etnobotani meskipun arti ilmiahnya berkesan bagus namun buat pening.

Pencetus kata ini adalah seseorang antropolog (pakar antropologi) asal Amerika Serikat, Harsberger, th. 1895.

Jadi, apakah itu Museum Etnobotani?

Sama sederhananya penuturannya. Museum Etnobotani adalah tempat untuk menaruh beragam artefak atau peninggalan materi yang datang dari alam (tumbuhan) serta perannya dalam kehidupan suku-suku bangsa asli (di Indonesia).

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Tempat Museum Etnobotani 

Nah, dari sub judul diatas, satu pertanyaan sekali lagi telah terjawab, bukanlah demikian?

Memanglah demikianlah ada. Museum Etnobotani berada di Bogor, persisnya di Jalan Juanda no 22-24. Tempat yang begitu dekat dengan Istana serta Kebun Raya Bogor. Bahkan juga sesungguhnya ada di seberang ke-2 tempat ini, yakni di Gedung Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) – Pusat Riset Biologi.

Tempat yang saat ini dipakai dahulu di kenal jadi HERBARIUM BOGORIENSE, satu pusat riset mengenai tanaman yang lain yang dibuat oleh pengelola Lands Platentuin (cikal akan Kebun Raya Bogor) th. 1834.

Herbarium Bogoriense lalu dipindahkan ke Cibinong supaya dapat menyimpan semakin banyak sekali lagi specimen serta adalah Herbarium paling besar ke-3 didunia.

Oleh karenanya di halaman depan gedung juga akan tampak dua tulisan sekalian yakni Herbarium Bogoriense serta Museum Etnobotani. Silahkan saksikan photo dibawah.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Histori Singkat Museum Etnobotani

Museum Etnobotani Bogor sendiri berdiri di th. 1982 dengan peresmian yang dikerjakan oleh BJ Habibie yang waktu itu menjabat jadi Menristek (Menteri Penelitian Serta Tehnologi).

Inspirasi awal keputusannya sendiri dicetuskan 20 th. terlebih dulu, th. 1962 oleh Ketua LIPI waktu itu, Prof. Sarwono Prawirohardjo. Realisasinya nyatanya memerlukan saat panjang, 20 th. sebelumnya dapat terwujud.

Apa Yang Dapat Diliat Di Museum Etnobotani?

Good question! Satu pertanyaan yang begitu bagus serta baik karna mencerminkan inti dari kenapa museum ini tidak ramai dikunjungi serta bahkan juga di kenal.

Wisatawan menginginkan “hasil” dari uang yang dikeluarkannya. Lantas apa yang dapat diperoleh dari masuk ruangan gelap di museum ini?

NORMAL! Tak ada yang salah karenanya sifat manusia.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Museum Etnobotani BogorSaya cuma juga akan merekomendasikan seidkit saja supaya hasil yang didapat maksimum. Tanpa ada ini, Anda cuma juga akan melihat-lihat benda tanpa ada tahu arti dari benda-benda itu.

PERGUNAKAN IMAJINASI! Itu saja sarannya. Berpura-puralah Anda tengah jadi seseorang travel blogger atau bahkan juga tambah baik sekali lagi apabila dapat “menjadi” sisi dari suku-suku asli di Indonesia.

Pikirkan Anda tengah jadi pemakai dari artefak-artefak yang berada di depan Anda.

Kenapa anjuran ini diberi? Karna yang juga akan diliat didalam Museum Etnobotani umumnya adalah berbentuk diorama (etalase kaca dengan topik) dan benda-benda yang umumnya telah tidak dipakai dalam kehidupan manusia Indonesia saat ini.Jadi dibutuhkan ada imajinasi dari yang lihat.

Diorama Di Museum Etnobotani 

Diorama dalam Museum Etnobotani Bogor dapat dipisahkan dalam dua type besar.Yang pertama melukiskan type tumbuhan serta beragam barang yang dapat dibuat dari tumbuhan itu.

Jadi misalnya, ada diorama mengenai pandan. Dengan keterangan singkat, didalamnya juga akan ada benda-benda yang terbuat dari daun tanaman ini, seperti tikar, topi, tas, serta beragam jenis hasil pemakaian daun pandan.

Sebagian diorama terpisah juga akan memerlihatkan bambu serta manfaatnya untuk suku-suku asli (manusia) di Indonesia.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Yang Ke-2 juga akan memerlihatkan bagaimana suku-suku di Indonesia memakai tumbuhan. Misalnya, adalah diorama Batak yang memerlihatkan bentuk tempat tinggal suku tersebut di waktu dulu di mana atapnya masih tetap mempergunakan “rumbia”.

Juga ada diorama Toraja yang membawa topik hubungan pada tumbuhan serta budaya di tanah itu.

Bentuk Tempat tinggal Tradisionil Dengan Atap Dari Rumbia

Paling tak ada sekitaran 50 diorama dengan beragam topik yang berjejer dalam 5 lajur. Semasing juga akan membawa Anda ke satu tema yang berlainan. Sebagian tema atau topik yang lain seperti “Permainan Anak-Anak”, “Labu Minum” serta “Pakaian”

Anda dapat juga temukan info yang tertulis di dekat kaca mengenai beberapa nama benda yang berada di balik kaca. Pengaturannya begitu apik di mana artefak-artefak di beri nomor serta daftar namanya terdaftar dibagian yang bisa diliat oleh pengunjung.

Artefak-artefak di Museum Etnobotani 

Terkecuali diorama, ada juga beragam benda yang dipakai oleh beragam suku di Indonesia, di waktu dulu (bahkan juga mungkin saja masih tetap dipakai sekarang ini).

Seperti misalnya, bajak sawah yang sampai saat ini masih tetap dipakai untuk mengerjakan sawah serta ladang di beberapa daerah. Benda ini ditempatkan pada panggung sendiri.

Silahkan saksikan dibawah ini

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Pada sebagian bagian museum, dapat diketemukan beragam jenis benda beda yang terkait dengan kehidupan manusia, seperti alat berburu, perlengkapan untuk mengangkut barang, perlengkapan tenun tradisionil.

Kesemuanya dipamerkan dengan terbuka dalam ukuran sesungguhnya.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Saat Anda menelusuri lajur dengan lajur, Anda juga akan temukan juga sebagian toples atau tabung bertutup tembus pandang dari plastik.

Ada yang dipajang diatas satu rack spesial dengan topik spesifik. Ada juga yang ditempatkan pada rack dengan berjejer tanpa ada topik namun dengan info.

Ini adalah beragam spesimen tanaman yang telah diawetkan. Spesimen-spesimen ini di ambil dari semua penjuru Indonesia serta lalu dikeringkan, disimpan serta di beri label info.

Museum Etnobotani Bogor

Ini adalah sisi dari Herbarium Bogoriense yang tetaplah jadi sisi dari Museum Etnobotani.

Sebagian dari spesimen tidak dikeringkan serta terendam dalam cairan dalam toples atau wadah tembus pandang. Mirip contoh, photo pertama di tulisan ini yang di kenal jadi “Nenas Gila“. Semuanya dapat diliat pada “Koleksi Basah” dengan kata lain spesimen yang diawetkan lewat cara di rendam.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Saya akan tidak menguraikan satu persatu mengenai apa yang dapat diliat. Namun, saya rasa beberapa photo diatas juga akan memberi deskripsi apa yang juga akan diketemukan dalam Museum Etnobotani Bogor.

Tersebut kenapa Anda di beri anjuran untuk membiarkan imajinasi Anda bebas. Pikirkan Anda mempergunakan alat tenun, ada didalam tempat tinggal Toraja beratap rumbia. Hal tersebut juga akan memberi kesan sendiri dibanding cuma lihat serta membaca info.

Berapakah Harga Ticket Masuk Museum Etnobotani Bogor? 

Untuk menjawab pertanyaan paling akhir, yakni cost yang perlu di keluarkan untuk lihat beragam manfaat tumbuhan untuk suku-suku di Indonesia.

Berapakah Anda membayar untuk nikmati semangkuk bakso faforit Anda? Rp. 10. 000. -? Rp. 20. 000. -? Ambil Rp. 20. 000. - untuk seporsi bakso.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Jadi, ticket masuk museum ini adalah 1/4 saja dengan kata lain cuma Rp. 5. 000. - saja per orang.

Mahal? Murah? Semuanya juga akan bergantung pada Anda.

Saya cuma dapat menyebutkan kalau dengan pengetahuan mengenai kehidupan serta budaya manusia yang berada di dalam museum ini, rasa-rasanya harga itu sangat murah.

Sayangnya, bila lihat daftar tamu yang datang melihat-lihat nyatanya begitu pendek. Rupanya, mungkin saja, banyak yang masih tetap berasumsi nilai uang Rp. 5. 000. - sangat mahal.

Jam operasi Museum Etnobotani 

Senin-Kamis 08. 00-16. 00
Jumat 08. 00-11. 00 13. 00-16. 00

Langkah Menuju Museum Etnobotani 

Begitu tidak susah temukan tempat museum ini. Tempatnya di Jalan Juanda membuatnya gampang dibuka dari semuanya arah.

Apabila Anda menginginkan pergi ke museum Etnobotani ini, silahkan ikuti sebagian tips sebelumnya

Dari Arah Stasiun Bogor : Menuju Kebun Raya Jalan Kaki Dari Stasiun Bogor

(Up-date : dengan pemberlakukan/eksperimen System Satu Arah Sekitar Kebun Raya Bogor tanggal 1-4 April 2016, memakai angkot malah juga akan menggunakan saat karna mesti melingkari Kebun Raya Bogor dahulu. Lebih gampang dengan jalan kaki)

Dari Arah Terminal BaranangSiang : Langkah Menuju Ke Bogor Trade Mall/Mall BTM

(Up-date : dengan pemberlakuan/eksperimen System Satu Arah Sekitar Kebun Raya Bogor. Jadi langkah menuju ke Museum Etnobotani dari Terminal Baranangsiang alami perubahan.

Gunakan angkot no 03 merah dari depan Tugu Kujang atau Pintu masuk Terminal, atau dapat pula 08 Merah. Angkot ini juga akan melalui Jalan Juanda dari arah Jalan otista.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Museum Etnobotani BogorMungkin, sepinya banyak museum di Indonesia dikarenakan oleh minimnya promosi mengenai beberapa tempat ini. Mungkin saja juga itu yang mengakibatkan orang Indonesia lebih sukai membelanjakan uangnya, bahkan juga membayar lebih mahal. untuk semangkuk bakso. Walau sebenarnya tempat seperti Museum Etnobotani ini dapat memberi lebih pada kita.

Itu kata pepatah. Tidaklah heran apabila banyak yg tidak dapat menjawab ke-3 pertanyaan dimuka artikel ini. Argumennya karna mereka tidak mengetahui Museum Etnobotani.

Bila mereka tidak mengetahui, bagaimana mereka juga akan menyayangi.

Tersebut kenapa artikel ini di buat. Mudah-mudahan dengan tulisan simpel ini dapat mengenalkan tempat ini jadi satu diantara tujuan wisata budaya di Kota Bogor.

Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor

Dengan membaca tulisan ini bermakna paling tidak Anda telah mengetahui. Oleh karenanya, saya mohon pertolongan Anda untuk dapat menebarkannya. Makin banyak yang mengetahui museum ini serta selanjutnya juga akan makin banyak yang menyayanginya.

Terima kasih terlebih dulu atas kesediaannya.

0 Response to "Wisata Sejarah Museum Etnobotani Bogor"

Post a Comment