Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor - Kita pasti mengetahui tokoh-tokoh yang perlu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia Jenderal besar Sudirman, Presiden ke 2 RI Jenderal (purn) Soeharto, wapres RI Jenderal (Purn) Umar wirahadikusumah, Menteri panglima Angkatan darat Jenderal anumerta Achmad Yani, Ayah paskibraka, Brigjen (Purn) Latief Hendraningrat, Pimpinan pemberontakan PETA di Blitar Shodancho supriyadi dan tokoh-tokoh yang lain mereka semuanya adalah alumnus Pembela tanah air (PETA) oraganisasi kemiliteran yang dibuat pemerintah Jepang sepanjang berkuasa di Indonesia.

Selintas Museum 

Gedung yang digunakan jadi museum ini dibuat pada th. 1745 oleh tentara Knil dengan style bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen serta Museum PETA (Pembela Tanah Air) atas prakarsa YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang mempunyai tujuan untuk memberi penghargaan pada bekas tentara PETA serta kontribusinya pada pendirian bangsa serta negara ini. Selain untuk memberi deskripsi perjuangan kemerdekaan Indonesia serta persiapan dalam isi kemerdekaan itu.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Persiapan pendirian museum diawali pada tanggal 14 Nopember 1993 dengan penempatan batu pertamanya oleh Wakil Presiden RI, yang sesepuh YAPETA, yakni Ayah Umar Wirahadikusumah. Museum ini terlebih dulu membaur dengan komplek zeni. Gedung ini diresmikan jadi Museum yang didedikasikan untuk beberapa prajurit PETA pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II) sebagai bekas Perwira PETA angkatan I.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Tempat gedung terdapat sekitaran 700m dari Istana Bogor. pada th. 1943 gedung ini dipakai jadi pusat kursus pasukan tanah air (meskipun masih tetap dibawah kontrol Jepang) . tetapi di masa datang, pasukan PETA seringkali membuat perlawanan ke pihak jepang. serta PETA ini lah yang pada akhirnya jadi satu diantara cikal akan unit yang menyatu membuat BKR (lantas TKR serta lantas TNI) .

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Tentara Peta adalah tentara kebangsaan yang oleh pemimpin-pemimpin gerakan kebangsaan Tanah Air waktu itu disiapkan untuk jadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Kota Bogor berikut pertama kalinya diadakan pembentukan taruna-taruna yang lalu melahirkan perwira-perwira Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air, Tentara Kebangsaan Indonesia. Di bumi prajurit Pabaton Bogor berikut sudah dibangkitkan jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang menggerakan tiap-tiap perwira Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air untuk masa datang bertindak di dalam pergerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia hingga pada pembentukan Tubuh Keamanan Rakyat (BKR) sebagai cikal akan Tentara Indonesia.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Kota Bogor berikut dulu sebagai pusat latihan tentara yang bernama Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air di Jawa). Hingga pada tanggal 19 Oktober 1995, lewat surat ketentuan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor. 3/kep/DPRD/1995 sudah mengambil keputusan Bogor jadi Kota Pembela Tanah Air (PETA).

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Hal itu makin mengukuhkan Bogor jadi bumi keprajuritan yang melahirkan perwira-perwira kuat, yang lalu bertindak besar dalam pergerakan persiapan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia yang disebut cikal akan terjadinya TNI.

Seperti biasanya museum histori, penyajiannya berbentuk diorama. Museum Peta mempunyai 14 diorama yang bercerita mengenai momen pembentukan tentara Peta serta sebagian kontribusinya dalam sistem gerakan kebangsaan untuk menjangkau kemerdekaan. Pada tanggal 3 Oktober 1943 berada dibekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton Bogor, saat ini jadi Jl. Jend. Sudirman jadikan jadi tempat diselenggarakannya pendidikan Perwira Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Menurut sejarahnya pembentukan PETA diawali di th. 1943 sesudah di tanggal 3 Oktober 1943 keluar osamu seirei (Dekrit) No. 44 th. 1943 yang mensahkan pembentukan tentara PETA. untuk pemerintah pendudukan Jepang pembentukkan tentara PETA jadi alat menjaga wilayahnaya terlebih di Indonesia dari serbuan tentara sekutu tengah untuk pimpinan gerakan kmeerdekaan indonesia mereka mensupport pembentukkan tentara PETA karna lihat Indonesia saat merdeka memerlukan tentara yang pofesional terlatih untuk menjaga kemerdekaan serta keselamatan rakyatnya serta PETA mereka saksikan jadi fasilitas menjangkau maksud itu.

Pada akhirnya Pemerintah pendudukan Jepang pilih kota Bogor jadi pusat tempat kursus tentara PETA yang dimaksud Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Suka-rela Pembela Tanah Air) serta berdiri di atas sisa tangsi serta markas tentara KNIL (Koninklijik Nederlands Indische Leger) kursus tentara PETA berjalan sepanjang 3-4 bln. sesudah lulus kursus mereka kembali pada daerahnya semasing.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Untuk mengingatkan generasi muda juga akan cerita perjuangan PETA serta kembali kenang tentara PETA yang sudah gugur dalam perjuangan ataupun yang sudah di panggil Yang maha Kuasa karna aspek umur jadi dibangunlah museum PETA atas prakarsa YAPETA (yayasan Pembela Tanah Air) yang diawali th. 1993 serta usai di th. 1995 serta diresmikan oleh Ayah H. M. Soeharto presiden ke 2 RI dan alumni PETA

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Waktu kami berkunjung ke museum PETA keadaannya masih tetap sepi lumrah karna hari minggu serta masih tetap pagi

Jadi monumen penyambut selamat datang untuk pengunjung ada patung chudancho supriyadi disamping kiri serta patung jenderal besar sudirman di samping kiri dan tank. sesudah masuk pintu gerbang serta membayar ticket masuk serta memohon ijin ambil photo kami diantar petugas museum

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Object wisata kami yang pertama adalah relief yang melukiskan perjalanan PETA serta peranannya dalam kemerdekaan Indonesia. di diorama juga kita bisa lihat tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia. ada 2 ruang disisi samping kiri serta kanan yang semasing dinamakan ruangan Jenderal Sudirman serta Ruangan Chudancho Supriyadi. di ke-2 ruang itu kami lihat diorama diisi pertemuan tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia, diorama pertempuran 10 November 1945, patung tentara PETA lengkap dengan seragam serta senjatanya. beberapa photo aktivitas tentara PETA di th. 1940 an, diorama pemberontakan tentaraPETA di Blitar 14 Februari 1945 yang di pimpin Chudancho supriyadi, daftar tentara PETA yang turut dan dalam pemberontakan PETA di Blitar serta hukuman yang mereka terima,

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Koleksi persenjataan peninggalan perang dari rampasan tentara Jepang ataupun dari tentara sekutu baik senapan mesin, senapan panjang serta pistol yang dalam keadaan tersimpan di almari kaca pengaturan yang teratur serta rapi mempermudah pengunjung dalam nikmati koleksi yang ada di sini.

Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor

Sesudah senang ambil dokumentasi maksud paling akhir kami adalah patung jenderal besar Sudirman kenakan pakaian seragam tentara PETA berdisri atas marmer putih serta di kiri serta kanan beliau diapit 2 meriam medan serta pas dibelakang beliau asrama tentara RI sesudah ambil photo paling akhir kami berpamitan dengan penjaga museum serta meninggalkan museum.

Peta lokasi Museum Pembela Tanah Air Di Bogor


Ringkasan Museum PETA Bogor 

1. alamat
Jl. Jenderal Sudirman N0. 35 Bogor Jawa Barat, Indonesia
Telp/Fax : 0251-8344560
2. Sebelumnya bertandang baiknya memajukan surat permintaan bertandang pada pengelola museum paling lambat 1 minggu sebelumnya hari bertandang
2. dalam surat permintaan tercantum hari/tanggal, jam serta jumlah peserta (Minimal 25 orang)
4. Kenakan pakaian rapai (untuk pelajar kenakan seragamsekolah)
5. jadwal bertandang
Hari senin-kamis 08. 00-14. 00
Hari Jumat 08. 00-11. 00
Hari sabtu serta minggu serta hari besar libur/tutup

0 Response to "Wisata Sejarah Museum Pembela Tanah Air Di Bogor"

Post a Comment