Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing - Berwisata ke banyuwangi pasti tidak lengkap bila tidak mencicipi kuliner khasnya suku Osing. Satu diantara makanan sebagai primadona Banyuwangi serta banyak di cari oleh wisatawan yaitu Pecel Pitik. Makanan yang memiliki bahan basic dari ayam ini sangat lezat. Terlebih makannya dengan sama. Enaknya lebih merasa.

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Untuk dapat mencicipi Pecel Pitik. Tidak semudah mencari rujak soto atau nasi tempong. Makanan ini cuma dapat didapati saat ada ritual tradisi. Seperti bersih desa, selametan serta hajatan.Ayamnya juga tidak asal-asalan ayam. Mesti belum juga kawin atau masih tetap muda, supaya tidak keras. Walau makanan ini tak ada di warung warung. Anda dapat memesannya di warga sekitaran untuk membuatkannya. Satu diantara desa asli suku osing terdapat di desa kemiren.

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Asal mula nama Pecel Pitik ini karna bahan dasarnya dari ayam. Serta bhs jawanya ayam yaitu pitik. Jadi suku osing menamakannya Pecel Pitik. Suku osing juga menyakralkan makanan ini. Makanan ini tidak dihidangkan atau jadi makanan satu hari hari. Cuma pada upacara upacara spesifik. Pecel Pitik juga jadi makanan faforit bupati kebanggaan rakyat banyuwangi, Abdullah azwar anas.

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Bahan basic Pecel Pitik yaitu ayam yang masih tetap berusia 7-8 bln.. ayam ini diambil karna dagingnya masih tetap lembut serta empuk. Langkah memasaknya begitu mudah. Daging ayam yang sudah dibikin bersih di panggang sampai masak. Untuk menaikkan rasa Pecel Pitik. Suku osing memakai bumbu darigaram, kemiri yang digoreng, air kelapa, cabai merah serta cabai kecil seperlunya, dan parutan kelapa yang tidaklah terlalu tua.

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Sesudah di panggang hingga masak. Daging ayam yang masak barusan di parut kecil kecil serta digabung dengan parutan kelapa. Step setelah itu yaitu penyajiannya. Daging ayam yang sudah digabung barusan digabung sekali lagi dengan kacang tanah yang telah dihaluskan serta sebagian bumbu pedas. Supaya bumbu rata, picil pitik diaduk dengan air kelapa yang masih tetap muda.

Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi

Tertarik coba makanan ini? Datang saja ke desa tradisi kemiren. Siapa tahu di sana ada upacara tradisi serta menghidangkan Pecel Pitik.

0 Response to "Pecel Pitik Makanan Khas Suku Osing Banyuwangi"

Post a Comment