Tempat Wisata Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat - Sama dengan sebagian curug yang lain di kaki Gunung Salak, seperti Curug Mulia, Curug Cigamea, Curug Nangka terjadi dari aliran air yang datang dari Gunung Salak. Di kaki Gunung setinggi +- 2000 mtr. dari permukaan laut ini, memanglah banyak diketemukan air terjun kecil.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Curug Nangka Bogor Bila diliat dengan fisik, sesungguhnya tak ada suatu hal yang fenomenal di tempat wisata alam ini. Sebagai andalan untuk menarik wisatawan ke sini terkecuali curahan air dari ketinggian, juga keindahan alam yang masih tetap alami.

Bahkan juga sampai sekarang ini, belum juga sangat banyak yang beralih dibanding waktu ke sana 26 th. yang kemarin. Tetap masih hijau dengan rimba pinusnya serta sudah pasti udara yang fresh sekali.Sudah pasti telah banyak perubahan dibanding berpuluh th. kemarin.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Pemukiman yang mengelilinginya telah makin rapat. Beragam bangunan untuk aktivitas wisata bermunculan. Berjalan-jalan telah ada untuk memudahkan akses.

Dibanding dengan dulu, di mana untuk meraihnya beberapa pramuka mesti jalan berkilo-kilo mtr. dari pertigaan Ciapus ke sini, beberapa wisatawan saat ini dipermudah. Kendaraan baik bus atau mobil atau sepeda motor dapat dengan gampang segera menuju ke tempat tempat.

Yang buat saya berkata sekian karna sebelumnya ini saya telah lihat bagaimana keadaan Curug Mulia yang telah beralih keseluruhan. Air terjun yang ada tidak demikian jauh ini telah jadi satu tempat wisata ala waterboom (silahkan baca Curug Mulia : Dulunya Satu Keindahan Alam)

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Pengelola Curug Nangka rupanya tetap masih menjaga keasrian alami yang berada di satu diantara bagian Gunung Salak ini. Keindahannya tetap masih terbangun.

Aliran Sungai Di Curug Nangka 

Ini sisi yang paling mengasyikkan untuk beberapa orang namun menjengkelkan untuk beberapa yang lain.Untuk menjangkau tempat Curug Nangka, Anda mesti siap BASAH. Iya basah bahkan juga sebelumnya menjangkau curugnya.

Umumnya pengunjung juga akan berbasah-basahan setibanya di tempat curug namun tidak sekian untuk yang satu ini. Anda mesti siap basah bahkan juga sebelumnya lihat batang hidung sang air terjunnya.

Pemicunya satu hal.

Aliran sungai. Untuk menuju ke tempat, siapa saja mesti menyusuri sungai. Bukanlah pinggir sungai namun SUNGAI nya sendiri.

Sungai kecil ini terjadi dari curahan air yang melimpah dari kolam kecil dibawah Curug Nangka. Lebarnya lebih kurang 3-4 mtr. saja.

Anda tidak dapat pilih jalan disisinya karna sungai kecil ini dibatasi oleh tebing terjal. Licin. Penuh Lumut serta tidak dapat didaki. Jadi langkah hanya satu untuk berjumpa dengan si Curug yaitu dengan melaluinya.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Oleh karena itu, jika hujan di Bogor tengah lebat-lebatnya, kadang-kadang wisatawan tidak dapat sampai ke tempat Curug Nangka. Air dari sungainya jadi deras serta kuat serta beresiko untuk siapa saja.

Walau hal itu tidak sering berlangsung, namun apabila tengah turun hujan deras, tambah baik Anda tidak memaksakan untuk masuk lorong menuju ruang Curug Nangka. Terkecuali karna derasnya air, juga karna bebatuan di sana dapat jadi beresiko apabila terjatuh.

Curug Nangka atau ada pula yang mengatakannya dengan nama Curug Cinangka adalah satu diantara demikian banyak curug yang berada di Bogor. Sebagian ada yang gampang di akses tetapi banyak juga yang perlu perjuangan ekstra untuk dapat meraihnya. Satu diantara curug di Bogor yang perlu perjuangan ekstra dengan medan yg tidak dapat di katakan enteng untuk di tempuh adalah Curug Nangka.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Untuk dapat sampai kesini sesungguhnya tidak susah, Anda dapat menaiki kendaraan umum seperti angkot atau membawa kendaraan sendiri. Dengan gampang Anda dapat sampai di pintu masuk menuju Curug, tetapi untuk dapat sampai di tempat curugnya, perjalanan masih tetap mesti dilanjutkan dengan jalan kaki.

Nah, disinilah letak keseruannya. Untuk memudahkan Anda mengerti tempat serta bagaimana caranya menuju ke Curug nangka Bogor, simak keterangan di bawah ini,

Tempat Curug Nangka 

Curug nangka berada di Kecamatan Tamansari, Ds Warung Loa Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Langkah Menuju Curug nangka

Bila memakai kendaraan umum atau angkot, Anda naiklah angkot dari Bogor Trade Mall dengan jurusan Ramayana – Ciapus. Jaraknya sekitaran 25 KM dengan perkiraan saat perjalanan sekitaran 45 menit. Kemudian Anda berhentilah di pertigaan dekat pintu masuk ke Curug nangka.

Dari pertigaan ambillah jalan ke kiri menuju ke pintu masuk. Jaraknya lumayan jauh dari pertigaan menuju ke pintu masuk, sekitaran 1 Km. Bila Anda tidak mau lelah jalan kaki Anda dapat menyewa ojek yang berada di pangkalan dekat pertigaan barusan.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Dari pintu masuk ini Anda masih tetap mesti meneruskan perjalanan dengan jalan kaki sekali lagi sejauh lebih kurang 1, 5 Km.

Bila Anda datang dari pusat Kota Bogor serta memakai kendaraan pribadi, Anda mungkin saja dapat sampai dengan lebih cepat. Dengan memakai kendaraan pribadi dari Kota Bogor cuma menelan saat 30 menit saja.

Tetapi meskipun memakai kendaraan pribadi, Anda cuma dapat sampai di pintu gerbang saja karna untuk dapat sampai di tempat Curug nangka memanglah mesti di tempuh dengan jalan kaki.

Perjalanan Menuju Curug nangka

Sesudah Anda hingga di pintu masuk, perjalanan masih tetap mesti di teruskan. Track yang perlu dilewati untuk dapat sampai di tempat termasuk cukuplah kuras tenaga. Serta ini adalah sisi yang cukup seru.

Di selama perjalanan menuju curug yang berjarak lebih kurang 1-2 Km dari pintu masuk ini Anda juga akan cukup terhibur dengan panorama alam sekitaran yang Ada. Kadang-kadang Anda juga akan lihat monyet-monyet melintas dari atas pohon.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Karna udara Bogor yang cukup dingin, mungkin saja perjalanan jadi tidak demikian melelahkan. Anda cuma butuh waspada di selama perjalanan terlebih waktu melalui daerah yang mendaki serta dekat dengan tebing.

Setelah tiba di spot curug, semuanya rasa capek Anda sepanjang perjalanan juga akan terbayar lunas. Anda juga akan disuguhi dengan panorama curug yang indah dengan udara yang super sejuk. Air yang jatuh tidak henti-hentinya dari atas tampak putih, bergelombang seperti sutra yang terurai.

Curug Nangka ada di ketinggian 750 mdpl, daerah yang cukup tinggi dengan suhu yang lumayan dingin. Pada siang hari suhu dapat menjangkau 22 derajat serta jadi lebih dingin sekali lagi saat malam hari.

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Aliran air pada curug ini datang dari kaki Gunung Salak. Uniknya, air yang jatuh terdiri jadi tiga sisi. Semasing sisi mempunyai ketinggian menjangkau 20 mtr..

Setelah tiba, janganlah siakan-siakan saat sedetikpun untuk mengeksplore semuanya pojok untuk memperoleh photo yang terbagus!

Harga Ticket Masuk Curug Nangka

Harga ticket masuk ke obyek wisata di Bogor yang satu ini termasuk cukuplah murah. Anda cuma butuh membayar ticket masuk seharga Rp. 4000/orang. Bila Anda membawa kendaraan pribadi, jadi Anda mesti membayar cost penambahan (cost parkir) sebesar Rp. 2000/kendaraan.

Dengan harga ticket yang termasuk sangatlah murah itu Anda juga akan memperoleh pengalaman yang tambah lebih bernilai. Anda dapat nikmati indahnya satu diantara curug yang paling populer di Bogor.

Sarana Di Curug Nangka 

Obyek wisata Curug Nangka ini dikelola oleh pemerintah Bogor, oleh karenanya Anda tidaklah perlu cemaskan.kuatirkan problem sarana. Dapat di katakan cukup lengkap untuk ukuran wisata curug.

Di sini telah ada beragam sarana yang dapat Anda pakai seperti pondok, gardu pandang, toilet, ruangan info, serta sebagian tempat makan. Untuk problem keamanan ditempat ini telah ada pos penjagaan.

Berkemah Di Curug Nangka

Terkecuali sebagi tujuan wisata di Bogor, lokasi di sekitaran curug ini seringkali jadikan bumi perkemahan. Tempatnya yang benar-benar sangat pas untuk berkemah. Di Curug Nangka ada Camping Ground dengan tempat yang cukup strategis serta begitu alami. Terkecuali berkemah Anda dapat juga lakukan aktivitas hiking untuk dapat mengetahui lebih dekat keindahan alam yang berada di sekitaran Curung Nangka.

Peta lokasi Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat :


Oke demikian dahulu mengenai Curug Nangka pada saat ini, bila Anda miliki pengalaman yang menarik untuk dikisahkan silakan sharing dengan kami semuanya di kolom komentar.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat...SALAM

0 Response to "Tempat Wisata Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat"

Post a Comment