Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona -  Satu istana yang berada di dalam lingkungan Kebun Raya Bogor ini adalah satu diantara enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai kekhasan sendiri karna memiliki nilai dalam segi historis, kebudayaan, dan faunanya. Satu diantaranya seperti kehadiran dari rusa-rusa yang berniat dihadirkan segera dari Nepal serta dari jaman dulu hingga saat ini tetaplah terbangun.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Saat ini telah jadi tren dari warga orang-orang Bogor serta sekelilingnya pada sehari-hari Sabtu, Minggu, ataupun hari-hari libur yang lain jalan-jalan di sekitar lingkungan Istana Bogor sembari memberi makanan beberapa rusa-rusa yang indah serta hidup di halaman dari Istana Bogor dengan memberi wortel yang didapat dari beberapa petani tradisionil yang warga Bogor serta senantiasa siap untuk sediakan wortel-wortel itu pada sehari-hari libur. Seperti nama dari Istana ini, istana Bogor ini tempatnya ada di lokasi kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Meskipun saat ini beragam jenis aktivitas kenegaraan telah tidak dikerjakan sekali lagi di sini, orang-orang umum diijinkan untuk berkunjung ke dengan rombongan, dengan prasyarat terlebih dulu telah memohon izin ke Sekretaris Negara, c. q. yang disebut Kepala Tempat tinggal Tangga Kepresidenan.

Bila Anda tengah bertandang ke Kebun Raya Bogor, tentunya Anda tidak bisa melepas pandangan mata dari Istana Bogor, tempat tinggal resmi dari Presiden Republik Indonesia. Jangankan cuma lihat saja, Anda dapat juga masuk kedalam Istana Bogor.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Kemegahan dari Istana Bogor bukan sekedar dapat Anda saksikan dengan mata dari luar ataupun dari dalamnya Kebun Raya Bogor. Tempat tinggal dari Presiden RI ini terbuka untuk umum serta untuk beberapa wisatawan yang menginginkan datang bertandang serta melihat-lihat apa sajakah yang berada di dalam istana megah ini.

Agar bisa masuk Istana Bogor, terdapat banyak ketentuan dan prasyarat yang perlu Anda urus terlebih dulu terlebih dulu. Prosedur agar bisa masuk ke Istana adalah lewat gerbang yang ada di samping Gereja Zebaoth yang berada di Jalan Juanda.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Dengan secara singkat, agar bisa masuk Istana Bogor, terlebih dulu yang perlu Anda kerjakan adalah memajukan surat permintaan yang diperuntukkan pada Sekretariat Presiden RI yang berada di Jakarta atau Kepala Istana Bogor yang berada di Bogor. Dalam surat permintaan itu harus juga dilampirkan daftar dari beberapa nama pengunjung yang menginginkan masuk serta foto copy jati dirinya semasing.

Agar bisa bertandang, paling tidak Anda mesti membawa satu rombongan yang terbagi dalam 25 orang. Bila pergi sendirian saja, Anda diwajibkan untuk membawa surat legalisasi dari petinggi kantor kelurahan setempat. Paling lambat surat harusnya di terima oleh pihak Istana dalam satu pekan sebelumnya kunjungan Anda serta izin juga akan diberi paling tidak tiga hari sebelumnya kunjungan, periode waktu segitu adalah yang paling cepat.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Terkecuali dengan cara itu, Istana Bogor akan di buka untuk umum pada saat Hari Jadi Kota Bogor, yakni pada tanggal 3 Juni di tiap-tiap tahunnya. Walau demikian, Anda juga diwajibkan untuk mendaftar terlebih dulu di Kantor Disbudpar Bogor, serta antri terlebih dulu sebelumnya memasukinya.

Di lokasi sekitaran Istana Bogor, Anda bisa lihat beberapa ratus rusa-rusa yang hidup di tamannya, juga ada patung-patung cantik yang menghiasi pekarangan di sekelilingnya. Bila Anda tidak ingin ribet untuk mengurus kriteria masuk dalam Istana, Anda cuma bisa memandangnya dari luar hingga senang, dari arah Jalan Juanda ataupun dari dalam Kebun Raya Bogor.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Saat ini Istana Bogor jadi sisi dari obyek wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi dengan rombongan, ya meskipun langkah untuk masuknya sedikit rumit tapi paling tidak Anda yang tengah berlibur ke sini bisa berkeliling-keliling di Kebun Raya Bogor yang begitu luas sekali. di Bogor Anda dapat juga berwisata ke Puncak Bogor yang sangatlah popular sekali serta banyak dikunjungi oleh artis-artis Indonesia. yoshiewafa selamat berlibur ke Istana Bogor

Prosedur Kunjungan Istana Bogor

Istana Bogor adalah bangunan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada 1745 oleh Baron Gustaf Willem Van Imhof, Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu. Kompleks Istana Bogor mempunyai luas 28 Ha, dengan sekitaran 600 rusa totol berkeliaran bebas di halaman istana yang diteduhi 346 type pohon.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Saksikan juga Travelog Istana Bogor. Di Gedung Induk, ada Ruangan Garuda untuk resepsi serta pertemuan, Ruangan Teratai untuk penerimaan tamu, Ruangan Film, Ruangan Makan, Ruangan Kerja Presiden, Ruangan Perpustakaan, Ruangan Famili serta Kamar Tidur untuk ruangan tunggulah Presiden, serta Ruangan Tunggulah Menteri.

Di Gedung Paling utama Sayap Kiri ada Ruangan Panca Negara yang sempat dipakai untuk persiapan Konferensi Asia Afrika di Bandung, dan Ruangan Tidur serta Ruangan Tengah untuk tempat bermalam Presiden serta tamu negara yang lain.

Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona

Sedang Gedung Paling utama Sayap Kanan dipakai jadi tempat bermalam Presiden dam tamu negara yang lain. Lantas ada Gedung Dyah Bayurini, dengan kolam renang, untuk tempat istirahat Presiden serta keluarga, dan Gedung Serba Manfaat, paviliun, serta bangunan pelengkap.

Prosedur Mengajukan Permintaan Ijin Kunjungan ke Istana Bogor 

Sesuai sama Protap Nomor 01/RTK/06/2009, mengenai Service Kunjungan Orang-orang Ke Istana-Istana Presiden (Progran Istana Untuk Rakyat), jadi tata langkah kunjungan ke Istana Bogor adalah seperti berikut :
  1. Buat permintaan izin kunjungan pada Kepala Tempat tinggal Tangga Kepresidenan u. p. Kepala Istana Bogor. 
  2. Surat permintaan mesti memberikan : a) istana yang juga akan dikunjungi, yakni Istana Bogor ; b) hari, jam, serta tanggal kunjungan ; c) jumlah serta daftar nama peserta kunjungan ; d) alamat lengkap pemohon ; e) nama serta nomor telepon/ponsel, serta nomor faks pemohon. 
  3. Surat permintaan ijin kunjungan diantar segera atau di kirim lewat pos/faks ke : a) Biro Istana-istana, Tempat tinggal Tangga Kepresidenan, Telp. (021) 23545001, ext. 7171, 7276, Faks. (021) 3442224 ; atau 2) Tempat tinggal Tangga Kepresidenan Istana Presiden Bogor di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Telp. (0251) 8321001, 8328172 Faks. (0251) 8328172. 
  4. Surat permintaan mesti telah di terima paling lambat 5 hari kerja sebelumnya saat kunjungan. 
Ketetapan Kunjungan ke Istana Bogor 
  1. Kunjungan orang-orang umum ke Istana Bogor tidak dipungut cost apa pun. 
  2. Umur pengunjung ke Istana Bogor minimal 10 th. atau siswa kelas 4 Sekolah Basic (SD). 
  3. Saat bertandang sehari-hari kerja Senin s. d. Kamis jam 09. 00-14. 00 WIB, hari Jum’at jam 09. 00 s. d. 11. 00 serta 14. 00 s. d. 16. 00 WIB 
  4. Masuk lewat pintu gerbang III Istana Bogor (Jalan Ir. H. Juanda No. 1, 
  5. Bogor, di samping Gereja Zebaoth) 
  6. Kendaraan bus parkir di halaman parkir bus pariwisata (di terminal bus 
  7. Damri Baranangsiang Bogor/IPB), serta kendaraan pribadi parkir di 
  8. halaman Istana Bogor. 
  9. Rute serta object kunjungan : 
  10. a) masuk ke ruang Istana lewat security door ; b) menuju gedung induk sayap kiri ; c) masuk ke gedung paling utama lewat Ruangan Film, Ruangan Teratai, serta Ruangan Garuda ; d) masuk ke gedung induk sayap kanan, keluar lewat pintu samping kanan menuju halaman depan Istana Bogor  photo dengan di serambi depan gedung paling utama ; f) keluar menuju halaman parkir.
Beberapa hal yang butuh diperhatikan 
  1. Pengunjung mesti melindungi sopan santun serta ketertiban sepanjang bertandang 
  2. Kenakan pakaian sopan serta rapi. 
  3. Pria menggunakan baju, celana panjang, bersepatu (bukanlah baju enjoy atau celana memiliki bahan jeans serta T-shirt). 
  4. Wanita bergaun paling pendek hanya bawah lutut, blus berlengan, setelan celana panjang atau baju muslim, tidak memakai baju enjoy atau celana/rok memiliki bahan jeans serta T-shirt, serta menggunakan sepatu/selop. 
  5. Pengunjung mesti sesuai sama daftar nama yang diserahkan dalam surat permintaan. Di luar daftar nama itu tidak diperbolehkan masuk. Jika ada perubahan nama, supaya selekasnya diberitahukan. 
  6. Pimpinan rombongan mesti melapor dulu pada petugas keamanan (posko Istana). 
  7. Pengunjung mesti senantiasa ikuti panduan petugas. 
  8. Dalam tiap-tiap rombongan cuma satu juru photo yang diperbolehkan membawa camera serta berfoto ditempat yang sudah ditetapkan. 
  9. Pengambilan gambar untuk maksud spesial (video atau photo) cuma bisa di keluarkan atas izin Kepala Tempat tinggal Tangga Kepresidenan. 
  10. Tas serta pembungkus yang lain supaya disimpan di kendaraan atau ditempat penitipan barang yang disiapkan oleh pihak Istana. 
Beberapa hal yang Tidak Diperkenankan 

Pengunjung tidak diperbolehkan :
  1. membawa senjata api, senjata tajam, serta obat-obat terlarang 
  2. membawa tas serta/atau pembungkus lainnya 
  3. membawa makanan serta minuman 
  4. membawa anak-anak di bawah umur 10tahun/kelas 4SD 
  5. menyentuh/memegang benda-benda koleksi atau lukisan 
  6. memphoto patung, lukisan, serta object seni yang lain dan berfoto di tempat- tempat yang bertanda ”DILARANG MEMOTRET” 
  7. mengakibatkan kerusakan tanaman serta mengganggu binatang peliharaan yang berada di lingkungan Istana. 
  8. membawa binatang peliharaan 
Peta Lokasi Istana Bogor Yang Mempesona :


Ketentuan-aturan itu diatas supaya di konfirmasi ulang ke pihak Istana Bogor, karna mungkin sudah berlangsung perubahan. Untuk jumlah pengunjung, ada yang mengatakan angka minimum 10 orang, walau jumlah ini tidak terdaftar dalam Protap.


0 Response to "Tempat Wisata Istana Bogor Yang Mempesona"

Post a Comment