20 Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

Tempat Wisata di Kalimantan - Objek obyek wisata di pontianak kalimantan barat serta sekelilingnya daerah pantai singkawang bersejarah alam malam yang ada air terjun angker mencari gambar kabupaten populer nyantai baru daftar nama travel paket agen perjalanan tujuan pulau kota ambawang Pulau Kalimantan mempunyai pesonanya sendiri, satu diantaranya kota Pontianak. Ibu kota Kalimantan Barat ini di kenal karna dilewati oleh khatulistiwa. Kota ini dilewati oleh Sungai Kapuas serta Sungai Landak.

Ada beragam obyek wisata yang di tawarkan dari mulai alam, histori, dan sebagainya. Kita tidak mengulas tempat yang angker disini tetapi object wisata yang layak dikunjungi.

Bila tidak berani sendiri jadi dapat menghubungi agen travel untuk lihat paket perjalanan ke tempat ini. Di bawah ini daftar obyek wisata di Pontianak serta sekelilingnya lengkap dengan info serta gambar :

1. Taman Alun-Alun Kapuas

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Jalan Rahadi Usman, Tengah, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Jam Operasional : 05. 00 – 22. 00 
  • Telepon : 0896-6891-0320 

Taman Alun-Alun apuas ada di dalam kota Pontianak. Taman ini adalah satu diantara project ‘Waterfront City’. Letaknya ada di pinggir Sungai Kapuas, depan kantor walikota Pontianak.

Taman ini mempunyai desain yang tertara rapi. Orang-orang membuatnya untuk tempat berekreasi. Ada sarana air mancur yang terlihat indah dan tiruan Tugu Khatulistiwa. Datang ke Pontianak tidak lengkap bila tidak berkungjung kesini terlebih tempatnya strategis.

2. Museum Tugu Khatulistiwa

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Tempat : Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak Utara, Batu Layang
  • Jam Operasional : 08. 00 – 16. 30 
  • Telepon : (0561) 881643 

Tugu Khatulistiwa dibangun pada saat pemerintahan Hindia Belanda. Tempat ini jadi pemberi tanda letak 0 derajat garis khatulistiwa. Tiap-tiap tanggal 21-23 Maret serta 3 September juga akan diperingati hari kulminasi matahari.

Waktu itu benda-benda tegak di sekitaran Tugu Khatulistiwa tidak mempunyai bayangan. Didalam tugu, ada banyak koleksi yang terkait dengan histori tempat itu.

Ada tugu asli yang pertama berdiri ditempatkan di dalam ruangnya. Koleksi beda berbentuk objek photografi serta teks yang menerangkan mengenai Tugu Khatulistiwa.

3. Museum Kalimantan Barat

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan
  • Tarif : Rp. 3. 000/orang 
  • Jam Operasional : Sabtu, Minggu/Libur Nasional (08. 00 – 14. 00), Selasa – Kamis (08. 00 – 15. 00), Jum’at (08. 00 – 11. 00, 13. 00 – 15. 00) 

Museum Kalimantan Barat menaruh benda-benda bersejarah yang berada di Propinsi Kalimantan Barat. Sebagian peninggalan yang dipamerkan datang dari beebrapa suku bangsa yang hidup di Kalimantan barat, umpamanya Suku Melayu, Dayak, serta Tionghoa.

Ada 3 buah rungan yakni Ruangan Pengenalan, Ruangan Budaya Kalimantan Barat, serta Ruangan Keramik. Terkecuali menunjukkan benda-benda, diselenggarakan beragam kesibukan seperti tuntunan, survey, ceramah, sarasehan, diskusi, lomba, dan sebagainya.

4. Masjid Raya Mujahidin

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Tempat : Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan
  • Telepon : (0561) 732093 

Masjid Raya Mujahidin terdapat di pusat Pontianak. Masjid yang terlihat megah ini bisa menyimpan hingga 9 ribu jamaah. Halaman luar masjid dapat juga menyimpan sekitaran 1. 600 mobil.

Masjid Mujahidin dapat jadikan obyek wisata religi serta seringkali jadi pusat kajian Islam di Pontianak.

5. Istana Kadriah

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Jl. Tanjung Raya No. 1, Dalam Bugis, Pontianak Timur

Istana Kadriah dapat jadi maksud wisata histori waktu bertandang ke Pontianak. Istana ini telah dibuat mulai sejak th. 1771 oleh Syarif Abdurrahman Aladrie dari Kerajaan Mempawah. Hingga saat ini bangunannya masih tetap berdiri mega.

Letaknya dekat dengan pertemuan tiga sungai yakni Sungai Landak, Kapuas Kecil, serta Kapuas Besar. Dari luar Istana Kadriah terlihat mencolok karna berwarna kuning keemasan. Istana ini dibuat dari kayu pilihan. Tidak jauh dari sana ada Masjid Jami Sultan Abdurrahman.

6. Taman Fantasia KalBar

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Lokai : Jl. Ahmad Yani 2/Arteri Supadio, Arang Limbung, Pontianak,
  • Ticket Masuk : Rp. 25. 000/orang 
  • Telepon : (0561) 6726430 

Taman Fantasia sediakan waterboom yang cukup lengkap. Tidak cuma tempat berenang, tetapi pengelola juga mempunyai penginapan serta resort. Untuk yang menginginkan paket wisata lengkap dapat bertandang ke Gardenia Resort and Spa serta Taman Fantasia.

7. Kolam Renang Muara Kapuas

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Sungai Beliung, Pontianak Barat
  • Tarif : Rp. 15. 000/orang 
  • Jam Operasional : 10. 00 – 17. 00, Jumat 13. 00 – 17. 00 

Kolam Renang Muara Kapuas ada di pinggir Sungai Kapuas serta adalah waterboom paling besar di Pontianak. Tempat yang dibuat mulai sejak 2012 ini baru di buka pada th. 2015. Disana ada dua kolam paling utama dengan kedalaman berlainan.

Kolam pertama untuk anak-anak diperlengkapi dengan 3 seluncuran serta ember tumpah. Kolam ke-2 mempunyai kedalaman 1, 5 mtr. untuk orang dewasa. Tidak cuma berenang, pengunjung bisa berwisata lihat ruang sekitaran sungai.

8. Taman Akcaya

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

Alamat Tempat Taman Akcaya : Jalan Sultan Syahrir, Akcaya, Pontianak Kota

9. Taman Digulis

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 110F, Pontianak Tenggara, Bansir Laut 
  • Jam Operasional : 08. 00 – 09. 00 

Taman ini ada dibagian tenggara Tugu Digulis yang disebut bangunan untuk kembali kenang pahlawan. Taman ini banyak dikunjungi warga sekedar untuk nyantai atau olahraga.

Ada arena atraksi sepeda BMX hingga taman ini jadi makin ramai. Pohon-pohon yang ditanam disana datang dari Kalimantan barat seperti Tengkawanng, Belian, Pelaik, dan sebagainya.

10. Wisata Nusantara

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Tempat : Pasir, Mempawah Hilir, Pontianak
  • Ticket Masuk : Rp. 10. 000/orang 
  • Jam Operasional : 08. 00 – 22. 00 
  • Telepon : 0811-5669-600 

Wisata Nusantara adalah tujuan rekreasi berbentuk pantai yang ada di Mempawah, Pontianak. Pada hari libur ada beragam wahana permainan yang di buka diantaranya kolam renang, kolam pancing, perahu bebek, motor roda 4, boogey jumping, dan sebagainya.

Untuk yang menginginkan bermalam, ada sarana hotel atau penginapan. Jadi pengunjung dapat datang hingga malam hari.

11. Pantai Kijing

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Sungai Kunyit Laut, Pontianak
  • Tarif : Rp. 5. 000/orang

Pantai Kijing sudah lama jadi object wisata populer di Pontianak. Pantai dengan pasir putih yang landai serta pasir putihnya dapat menarik banyak pengunjung.

Letaknya bisa diliat dari jalan raya, membutuhkan saat sekitaran 3 jam perjalanan dari Pontianak. Dulu pantai ini adalah habitat alami rimba mangrove.

12. Danau Biru

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Tempat : Wonosari, Roban, Singkawang Timur, Pajintan, Kalbar
  • Telepon : 0813-4521-1234 

Danau Biru ada 6 km dari pusat kota Singkawang. Panorama alam dengan danau berwarna biru yang indah juga akan menyongsong beberapa wisatawan. Wisatawan dapat juga lihat jejeran Pegunungan Pasi Raya.

Dulu daerah ini adalah sisa tambang emas ilegal. Beberapa orang umumnya datang sore hari atau pagi hari. Terkecuali warna airnya yang biru, ada padang pasir bergunduk serta bebatuan yang terjadi oleh air hujan.

Wisatawan butuh waspada karna air danau di kuatirkan beresiko untuk badan hingga tidak bisa berenang disana. Tetapi untuk mencari panorama indah saja dapat bertandang kesini.

13. Pantai Pasir Panjang

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Singkawang, Kalimantan Barat
  • Tarif : Rp. 15. 000 – 25. 000/orang 

Pantai Pasir Panjang ada di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang. Dinamakan Pasir Panjang karna membentang selama 3 km.. Dari sini, wisatawan dapat nikmati pemandangan laut yang indah dan sebagian pulau yang dibatasi perairan laut Natuna.

Ombak pantai ini cukup besar hingga pas untuk berselancar. Wisatawan dapat juga memancing karna terdapat beberapa ikan di pantai ini. Harga ticket masuknya memanglah termasuk cukuplah mahal di banding wisata pantai yang lain.

14. Air Terjun Riam Merasap

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Tempat : Desa Batang Air, Sahan, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang 

Air Terjun Riam Merasap mempunyai ketinggian 20 mtr. serta lebar 8 mtr.. Didekatnya ada aliran air terjun yang beranma Riam Naik Kubik setinggi 8 mtr..

Terkecuali jadi obyek wisata, air terjun ini digunakan sebagai sumber tenaga listrik. Ada sebagian sarana seperti kantin, penginapan, toko souvenir, arung jeram, dan sebagainya.

15. Rimba/Pegunungan Sungai Ambawang

Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal

  • Alamat : Kubu Raya, Kalimantan Barat 

Rimba serta pegunungan di Kecamatan Sungai Ambawang mungkin saja pilihan wisata alternatif. Akses jalan telah dipermudah hingga tidaklah terlalu susah untuk menjangkau ke tempat.

0 Response to "20 Tempat Wisata di Kalimantan Yang Populer dan Terkenal"

Post a Comment