7 Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Kuliner Pernikahan - Indonesia adalah negara yang kaya suku, komplit dengan kebiasaan menariknya. Tidak cuma upacara kebiasaan, kuliner yang disiapkan waktu perayaan satu acara juga berlainan di semasing daerah. Demikian halnya saat mengadakan pernikahan. Terdapat beberapa makanan mengundang selera yang nyatanya mempunyai makna sendiri untuk pengantin. Wah, penasaran kan dengan kuliner enak di acara nikahan sekalian arti di dalamnya? Yuk, simak penjelasan sedetailnya tersebut.

1. Kue Roti Buaya 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Anda tentu tidak asing dengan roti manis berupa buaya ini, kan? Sajian itu senantiasa ada waktu acara pernikahan kebiasaan Betawi serta ditempatkan di bagian mempelai wanita. Konon, Suku Betawi meyakini kalau buaya cuma kawin sekali dengan pasangannya. Hal tersebut juga yang buat mereka yakin bila roti buaya melambangkan kesetiaan dalam perkawinan. Diluar itu, roti itu juga diakui berarti kemapanan.

2. Sayur Besan 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Sempat dengar sayur besan? Makanan ini sepintas serupa dengan laksa Betawi. Seporsinya terbagi dalam terubuk, kentang, soun, petai, ebi dan kuah santan yang warnanya relatif kekuningan. Sesuai sama namanya, sayuran ini jadi sinyal jalinan yang erat dengan besanan (dalam bhs Betawi bermakna pernikahan). Anda yang menginginkan coba, datang saja di pernikahan kebiasaan Betawi. Pasalnya sayur besan telah tidak sering diketemukan di warung-warung.

3. Wajik 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Kue beraroma pandan dengan cita rasa manis ini umum jadikan jadi hantaran pernikahan. Umumnya, wajik digabungkan dengan jadah, sajian sama yang berlainan warna. Keduanya mempunyai arti jadi lambang doa supaya pasangan pengantin senantiasa menyatu serta tidak terpisahkan. Seperti harus serta jadah yang lengket. Nah, telah sempat cobalah jajanan ini belum juga?

4. Dawet 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Masih tetap ingat prosesi pernikahan putri Joko Widodo di th. 2017 lantas? Dalam rangkaian acara itu, presiden berserta ibu negara juga melakukan prosesi jualan dawet atau dimaksud sadeyan dawet. Disamping itu, tamu yang bisa bertindak jadi konsumen dawet. Uniknya, bukanlah uang yang dipakai untuk membelinya, tapi kereweng atau pecahan tembikar. Telah sempat beli dawet dengan kereweng belum juga?

5. Lemper 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Pernikahan kebiasaan Jawa juga identik dengan kue lemper. Jajanan ini terbuat dari ketan yang diisi ayam suwir serta dibungkus daun pisang. Lemper sendiri diakui jadi singkatan dari kalimat ‘Yen dilem atimu ojo memper’ yang dalam bhs Indonesia yaitu ‘ketika dipuji, hatimu janganlah sombong’. Maknanya itu supaya pasangan pengantin senantiasa rendah hati serta jadi pribadi yang tidak sombong.

6. Kelicuk 

Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan

Makanan tradisionil sebagai sajian pernikahan setelah itu yaitu Kelicuk. Kuliner ini adalah ciri khas Rejang yang terbuat dari pisang serta digabung dengan beras ketan. Adonan itu dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk kerucut. Kekhasan dari bentuk itu diinginkan supaya pengantin tidak alami kemandulan serta cepat dikaruniai anak.

Nah, tersebut kuliner yang senantiasa berada di tiap-tiap upacara pernikahan. Bagaimana dengan di daerahmu, ada makanan yang mempunyai arti untuk pengantin? Lantas mana nih jajanan yang paling anda sukai

0 Response to "7 Jajanan Kuliner Enak Yang Disajikan Acara Pernikahan"

Post a Comment