Berikut 10 Daftar Tempat Wisata Alam yang Ada di Jawa Timur

Tempat Wisata Alam di Jawa Timur - Jawa Timur yaitu propinsi terluas yang berada di pulau Jawa, yang didalamnya menaruh banyak kekayaan alam menarik. Seringkali propinsi Jawa Timur ini seringkali jadikan tempat untuk liburan sesudah Yogyakarta. Ada banyak tempat wisata alam dan buatan di propinsi ini yang sayang untuk Anda terlewat. Tersebut penjelasan yang mengulas mengenai sebagian object wisata paling popular di Jawa Timur.

1. Gunung Bromo di Malang 

Gunung Bromo di Malang

Obyek wisata yang satu ini pasti tidak asing untuk Anda, terutama untuk Anda yang suka traveling. Ya, Gunung Bromo. Jika bertandang ke sebagian object wisata Jawa timur namun wisata Bromo tidak Anda kunjungi rasa-rasanya kurang lengkap. Gunung Bromo terdapat di 4 kabupaten, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo serta Lumajang.

Keeksotikan Gunung Bromo telah di kenal oleh wisatawan domestik ataupun mancanegara. Untuk dapat menjangkau Gunung Bromo rute yang Diambil dapat dari Malang, Pasuruan maupun Probolinggo. Di tempat wisata ini Anda dapat menggunakan saat Anda untuk nikmati sunrise, keindahan kawah Bromo dan menelusuri pasir berbisik.

2. Kawah Ijen di Bondowoso 

Kawah Ijen di Bondowoso

Kawah Ijen ada di lokasi Cagar Alam Taman Wisata Ijen yaitu persisnya di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi serta Kabupaten Bondowoso. Wisata alam di Jawa Timur ini adalah kawah asam yang terbesar didunia dengan mempunyai dinding kaldera setinggi 500 mtr. serta luas kawah menjangkau 5, 466 ha. Kawah Ijen ini sempat juga dipakai jadi tempat syuting untuk satu diantara film layar-lebar Indonesia.

Keindahan Kawah Ijen tersohor sampai ke mancanegara. Pada saat pagi hari, panorama ditempat ini begitu menarik. Anda dapat lihat gabungan pada cahaya matahari berwarna orange serta warna kawah yang berwarna hijau toska nan teduh. Sedang waktu awal hari, Anda dapat melihat fenomena alam blue fire yang begitu menarik. Tapi untuk nikmati keindahan dari kawah Ijen ini, terlebih dulu Anda mesti lakukan pendakian ke Gunung Ijen jadi janganlah lupa untuk menyiapkan bekal serta stamina.

3. Pantai Papuma di Jember 

Pantai Papuma di Jember

Pantai Papuma di kenal jadi Pantai Tanjung Papuma karena tempat daratannya menjorok ke arah laut yang mirip tanjung. Pantai ini terdapat di Ds. Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

Pantai Papuma juga memiliki panorama yang demikian indah. Kombinasi pasir putih serta batu karang yang menebar di tepian pantai menaikkan keindahan pantai ini, yang disebut keunikan Pantai Papuma sendiri yaitu 7 karang memiliki ukuran besar menjulang di pantai. Ukuran yang cukup besar dari karang ini buat penampilannya mirip satu pulau.

4. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo 

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura ada di kabupaten Probolinggo serta termasuk juga didalam lokasi Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru. Jadi bila Anda mengambil keputusan untuk pergi ke Gunung Bromo, baiknya singgah dulu untuk lihat keindahan air terjun yang satu ini.

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun teratas di pulau Jawa serta sekalian air terjun teratas ke-2 sesudah air terjun Sigura-gura. Anda juga akan lihat dinding yang mengagumkan tinggi (200 mtr.) dengan lumut-lumut hijau yang melingkari air terjun ini hingga membuatnya makin memukau. Ada satu gua yang berada di sekitaran air terjun ini. Konon tuturnya. gua ini dahulunya jadikan tempat meditasi Patih Gajahmada.

5. Ranu Kumbolo di Malang 

Ranu Kumbolo di Malang

Ranu Kumbolo ada di lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu persisnya diantara kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang. Nah, untuk Anda yang menginginkan lihat keindahan Ranu Kumbolo, Anda mesti mempersiapkan keadaan fisik yang sempurna. Paling tidak lakukan jogging serta berolahraga enteng 1 minggu sebelumnya keberangkatan, karna untuk menjangkau danau ini, Anda mesti trekking sepanjang 4-5 jam.

Tidaklah perlu cemas juga akan jemu sepanjang perjalanan karna waktu perjalanan menuju Ranu Kumbolo juga akan disajikan panorama batuan terjal, bukit yang banyak ditumbuhi pohon pinus serta cemara, juga panorama kepulan asap tidak tipis Gunung Semeru. Di danau ini, Anda dilarang mandi, berenang, maupun buang air karna airnya super jernih serta dapat segera diminum.

6. Taman Nasional Baluran di Situbondo 

Taman Nasional Baluran di Situbondo

Taman Nasional Baluran ada di lokasi Banyuputih, Situbondo serta Wongsorejo yaitu persisnya di Banyuwangi samping utara. Taman Nasional Baluran ini aalah padang savana terluas yang berada di pulau Jawa dengan mempunyai bermacam spesies hewan serta tumbuhan. Ya, bertandang ke tempat ini buat Anda seoalah tengah ada di Afrika. Oleh karenanya, Taman Nasional ini seringkali dikatakan sebagai Afrikanya Indonesia.

Di obyek wisata alam di Jawa Timur yang satu ini, Anda juga akan disajikan dengan panorama kawanan hewan yang hidup dengan terlepas seperti di Afrika serta panorama tumbuhan yaitu sekitaran 444 type tumbuhan asli yang ciri khas.

7. Pulau Sempu di Malang 

Pulau Sempu di Malang

Pulau Sempu adalah satu pulau kecil yang keberadaannya tetap dalam satu tempat dengan Pantai Sendang Biru yakni terdapat di Desa Tambakrejo, Kab. Malang. Pulau Sempu ini adalah cagar alam yang memiliki bermacam ekosistem seperti rimba bakau, rimba pantai serta rimba tropis di dataran rendah. Pulau Sempu ini makin istimewa karna ada Laguna Segara Anakan yang ada didalam pulau itu.

Untuk dapat menjangkau Segara Anakan ini, Anda mesti terlebih dulu lakukan trekking sepanjang 2 jam yang juga akan melalui rimba serta jalan yang curam. Air disini sangat tenang, jadi Anda dapat lakukan berenang atau camping dengan rekan-rekan. Yang butuh diingat karna Pulau Sempu termasuk juga cagar alam, baiknya senantiasa melindungi serta melestarikan dengan tidak mencemari lingkungan di sini dengan buang sampah asal-asalan atau mengakibatkan kerusakan ekosistemnya.

8. Pantai Pulau Merah di Banyuwangi 

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah ada di Desa Sumberagung Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Tanda-tanda Pantai Pulau Merah ini seperti umumnya yang berada di pantai Brazil. Pantai ini serupa dengan Pantai Kuta di Bali, hingga pas untuk aktivitas berselancar.

Terkecuali dapat lihat panorama sunset yang indah, Pantai Pulau Merah juga jadi maksud selancar kelas dunia di Pulau Jawa. Ombak yang menjangkau 4 hingga 5 mtr. pasti begitu pas untuk beberapa peselancar dari beragam tingkatan. Terkecuali berselancar diatas gulungan ombak, Anda dapat juga bersantai menikimati indahnya panorama alam pegunungan yang hijau serta udara yang sejuk.

9. Pantai Klayar di Pacitan 

Pantai Klayar di Pacitan

Pantai Klayar ada di Kecamatan Donorojo. Satu diantara obyek wisata alam di Jawa Timur ini termasuk masih tetap alami, hingga jalanan untuk menuju pantai ini cukup susah. Ya, Pantai Klayar ini yaitu satu diantara tempat wisata favorit di Pacitan. Kelebihan yang ada pada Pantai Klayar terkecuali pasirnya yang seputih susu juga ada batu karang yang berupa serupa Spinx serta air mancur alami dengan ketinggian sekitaran 10 mtr.. Bebatuan karang yang ada di Pantai Klayar ini sering disamakan dengan karang di Tanah Lot, Bali.

10. Songa Rafting di Probolinggo 

Songa Rafting di Probolinggo

Sukai dengan aktivitas yang menyebabkan adrenalin? Anda dapat berkunjung ke Songa Rafting di Probolinggo, Jawa Timur persisnya di Jln Krajan Cenderung, Wangkal, Gending.

Sungai yang dipakai untuk aktivitas rafting yaitu Sungai Pekalen. Di sana juga akan ada 2 paket wisata rafting yang dapat Anda tentukan, yakni rafting di Songa Atas serta rafting di Songa Bawah. Sepanjang ikuti trip Songa Atas, sepanjang lebih kurang 2 jam Anda juga akan nikmati keindahan rimba tropis, dengan udara yang sejuk dan sebagian fenomena alam seperti air terjun serta goa kelelawar. Sedang pada trip Songa Bawah, Anda juga akan di ajak mengarungi 34 jeram dengan beragam level sepanjang lebih kurang 2 jam.

0 Response to "Berikut 10 Daftar Tempat Wisata Alam yang Ada di Jawa Timur"

Post a Comment