6 Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Kuliner Aceh Unik Dan Ciri khas - Bertandang ke Aceh pastinya tidak komplit bila tidak membawa pulang oleh-oleh ciri khas. Bila telah jemu dengan oleh-oleh seperti aksesori, kerajinan tangan, atau kaus, tak ada kelirunya memperhitungkan untuk beli beberapa varian kuliner Aceh yang ciri khas serta unik.

Berdasar sebagian sumber, makanan yang berkembang di orang-orang Negeri Serambi Mekah banyak memperoleh dampak dari budaya asing seperti Arab, India, Belanda, Spanyol, dan Tiongkok. Oleh karenanya tidak salah bila jadikan kuliner Aceh jadi oleh-oleh untuk diberi pada sanak famili maupun kerabat dekat dirumah. Bila bingung memastikan pilihan, tersebut TravelingYuk telah sediakan sebagian referensinya.

1. Kue Adee 

Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Kue Adee adalah satu diantara kue ciri khas Aceh yang terakhir mulai populer serta diburu wisatawan untuk jadikan oleh-oleh. Meureudu yaitu satu diantara daerah di Serambi Mekah yang mempunyai banyak kios-kios penjual kue Adee dengan bermacam merk serta harga.

Kue Adee sendiri pada intinya serupa dengan bikang. Berdasar sebagian sumber, kue Adee telah ada mulai sejak 80an yang lalu, tetapi kurang demikian populer. Terlebih dulu, kue ini cuma dapat didapati di hajatan besar seperti pesta perkawinan serta bln. Ramadan. Tetapi saat ini kue Adee gampang diperoleh serta pas jadikan oleh-oleh.

2. Kue Bhoi 

Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Satu sekali lagi kue yang cukup popular di Aceh yaitu kue bhoi. Bhoi miliki struktur yang lembut serta seringkali jadikan jadi rekan minum kopi. Penyajiannya juga menarik, ada yang dibuat seperti ikan, bintang, atau bunga. Demikian di celupkan dalam kopi atau teh, struktur bhoi juga akan jadi lebih lembut. Dari bagian kebiasaan kue ini seringkali jadikan jadi sisi dari seserahan pengantin pria pada pengatin wanita. Seringkali juga diambil jadi oleh-oleh saat ada sanak saudara yang baru dikhian atau melahirkan.

3. Kopi Gayo

Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Sesuai sama namanya, Kopi Gayo diperkembang di Tanah Gayo yang berada di Aceh Selatan. Kopi Gayo konon telah jadikan jadi komoditas export mulai sejak 1908 yang lalu serta disukai banyaknya pengagum kopi diluar negeri karna aroma serta rasa-rasanya yang ciri khas.

Tidak seperti kopi beda yang bila di nikmati meninggalkan rasa pahit, Kopi Gayo tidak meninggalkan sensasi seperti itu. Bahkan juga ada rasa gurih dan aroma harum yang membuatnya demikian menggoda untuk selalu diminum. Banyak yang menilainya Kopi Gayo mutunya diatas kopi Blue Mountain yang berada di Jamaika.

4. Dendeng Aceh 

Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Kuliner Aceh yang lain yang layak jadikan oleh-oleh yaitu dendeng. Bahan intinya dapat dari daging sapi ataupun rusa serta juga akan tahan sampai maksimum tiga bln.. Begitu pas untuk dibawa jadi oleh-oleh ke luar kota. Sistem pembuatan dendeng Aceh sendiri tidaklah terlalu rumit. Daging dipotong bebrapa tidak tebal lantas dikeringkan. Selanjutnya, mulai di beri bumbu spesial yang kombinasi intinya terbagi dalam ketumbar serta sedikit gula. Varian rasa yang di tawarkan berbagai macam, dari mulai manis, asing, sampai kari. Diluar itu harga nya juga tidaklah terlalu mahal, pada Rp200 ribu sampai Rp300 ribu per kg.

5. Kue Timpan 


Satu sekali lagi kue ciri khas kuliner Aceh yang layak jadikan jadi oleh-oleh. Kue Timpan terlebih dulu umum dihidangkan di Hari Raya Idul Fitri, tetapi terakhir mulai ngetren jadi oleh-oleh di kelompok beberapa wisatawan. Bahan dasarnya makanan terbagi dalam ketan serta pisang raja, tetapi terkadang terdapat banyak produsen yang menambahkan macam penambahan berbentuk parutan kelapa atau srikaya. Dimatangkan lewat cara dibungkus daun pisang serta dikukus, kue Timpan yaitu satu diantara kue tradisionil yang cukup popular di Aceh serta seringkali dihidangkan di beberapa hajatan besar.

6. Ayam Tangkap

Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer

Bila ada satu makanan yang susah terlepas dari kebudayaan orang-orang Aceh, jadi itu yaitu Ayam Tangkap. Pada intinya hidangan ini yaitu ayam goreng yang terlebih dulu telah dibumbui dengan rempah-rempah ciri khas. Bumbu yang umumnya dipakai yaitu bawang putih, lada, kemiri, garam serta jahe. Sesudah bumbu meresap seutuhnya, ayam lalu digoreng. Di tengahnya akhirnya, sebagian lembar daun kari, pandan, serta salam koja dimasukkan untuk buat rasa ayam makin nikmat.

Penyajiannya juga unik, karna daun-daun itu dilewatkan berantakan demikian saja diatas ayam. Terkecuali dapat jadikan jadi lalapan, dedaunan itu dapat juga mempunyai struktur serupa krupuk bila digoreng sampai kering.

Tersebut barusan beberapa kuliner Aceh yang dapat jadikan jadi alternatif oleh-oleh bila kebetulan bertandang ke Serambi Mekkah. Tidak cuma accessories atau kerajinan tangan, kuliner ciri khas dapat juga jadi oleh-oleh yang tidak kalah menarik

Baca juga : 50 Tempat Wisata di Aceh Yang Keren Banget

0 Response to "6 Kuliner Khas Aceh Yang Enak Dan Populer"

Post a Comment