Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Air Terjun Songgo Langit di Jepara - Menyebutkan nama kota Jepara, satu diantara yang terbayang yaitu sosok Ibu Kartini dan seni ukiran kayu yang telah popular. Jika menyebutkan obyek wisata di Jepara, Karimunjawa lah yang bakal nampak pertama kalinya terlintas. Sesungguhnya ada kian lebih 15 obyek wisata alam lain yang ada di Jepara yang dapat Anda kunjungi. Satu diantara salah satunya yang cukup menarik yaitu Air Terjun Songgo Langit.

Kontributor Travelingyuk yang bernama Venicka Arlia Putriana bakal memberi penjelasan selanjutnya tentang daya pikat serta cerita menarik di balik Air Terjun Songgo Langit di Jepara yang tersohor.

Tempat Air Terjun Songgo Langit 

Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Songgo Langit yang terdapat di Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara. Akses jalan menuju tempat itu bisa dilewati roda dua serta roda 4, bahkan juga untuk ukuran bus dengan keadaan jalan yang telah beraspal halus. Selain itu, ruang tempat parkir yang luas serta
ada banyak penjual makanan disana bakal menaikkan kenyamanan anda nikmati berlibur.

Asal Usul Nama Songgo Langit 

Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Air terjun itu diberi nama Songgo Langit lantaran jika dipandang dari bawah, jadi tebing penyangganya seakan-akan tengah menyokong langit yang ada di atasnya. Menyokong dalam bhs Jawa dimaksud dengan ‘nyonggo’. Air terjun itu mempunyai tinggi 80 mtr. serta lebar 2 mtr. dilengkapi dengan kolam penampung sedalam 3 mtr.. Di seputar air terjun juga banyak dihiasi kupu-kupu cantik berwarna-warni.

Konon Airnya Dapat Buat Awet Muda 

Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Diluar itu, air dari tempat itu dikira memberi manfaat awet muda untuk mereka yang membersihkan berwajah atau mandi. Tetapi hal yang butuh di perhatikan yakni ada palung sedalam 8 m pas dibawah jatuhnya air yang bisa menyeret orang ke dalamnya. Anda yang main disini mesti sangatlah siaga. Jangan pernah berlangsung beberapa hal yang tidak dikehendaki.

Berdasar pada warga seputar, dulu ada pagar besi yang membatasi ruang palung dengan dengan sekitarnya untuk melindungi keamanan beberapa pengunjung. Tetapi sayang sekali pagar itu saat ini telah hilang disebabkan tersapu oleh derasnya aliran air. Untuk nikmati keindahan Songgo Langit sepenuhnya, baiknya anda janganlah berkunjung ke air terjun itu ketika musim kemarau panjang lantaran debet airnya bakal menipis, hingga anda tak dapat lihat keindahan aliran airnya.

Legenda yang Menyelimuti Air Terjun 

Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Terkecuali keindahan alamnya yang mempesona, cerita di balik Air Terjun Songgo Langit juga jadi daya tarik sendiri. Cerita yang berlangsung tak ada hubungannya dengan nama Songgo Langit, tetapi legenda itu sangatlah menempel dengan tempat itu. Dikisahkan bahwa dulu ada seseorang pemuda dari Desa Tunahan jatuh cinta dengan gadis asal Desa Blucu, Kecamatan Kembang. Mereka berdua pada akhirnya menikah serta tinggal berbarengan dengan orangtua istrinya.

Karena satu kesalahpahaman dengan ibu mertua, pada akhirnya si pemuda membawa istrinya untuk pergi ke desa asal sang suami pada tengah malam. Di dalam perjalanan yang demikian gelap, pedati yang mereka berdua tunggangi pada akhirnya salah arah serta jatuh ke jurang yang sangatlah dalam yang saat ini di kenal sebagai tempat air terjun itu ada. Sampai sekarang ini tak di ketahui kehadiran jasad mereka berdua ataupun pedati yang mereka tunggangi.

Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara

Diakui bahwa arwah mereka saat ini arwah mereka diakui melindungi keamanan serta kenyamanan beberapa pengunjung yang datang ke sana, lantaran untuk mereka beberapa wisatawan yang datang adalah tamu yang pantas dihormati. Dari narasi turun temurun inilah nampak satu pantangan untuk masyarakat Desa Blucu serta Desa Tunahan untuk menjalin jalinan terlebih hingga menikah, di kuatirkan bakal nampak ketegangan dalam rumah tangga mereka.

Keindahan alam yang menakjubkan dan narasi menarik di baliknya jadikan tempat itu sangatlah pas untuk isi saat liburanmu waktu bertandang ke Jepara. Terkecuali dapat menaikkan koleksi photo untuk diupload ke media sosial, anda dapat juga belajar menaikkan wawasan tentang legenda satu tempat. Yuk selekasnya agendakan saat untuk jelajah air terjun Jepara itu.

0 Response to "Wisata Air Terjun Songgo Langit di Jepara"

Post a Comment