Inilah 7 Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Makanan Ciri khas Tanjung Selor - Tanjung Selor ialah Kota yang mempunyai riwayat panjang perdagangan di waktu lampau. Mempunyai tempat strategis pada lokasi Kesultanan Bulungan, kota ini sudah lama jadi jalan perdangangan internasional semenjak era ke-19.

Akan tetapi, ibukota dari Propinsi Kalimantan Utara ini bukan sekedar populer akan riwayat perdagangannya yang panjang, akan tetapi ikut cita perasaan kuliner ciri khas yang menarik. Bertandang ke Kalimantan Utara, harus hukumnya untuk cicip macam kuliner tradisionil ciri khas Tanjung Selor tersebut!

1. Kepiting Soka

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Buat Toppers penggila kepiting, jadi makanan tradisionil ciri khas Tanjung Selor ini harus dicoba. Kepiting Soka ialah salah satunya kuliner ciri khas Tanjung Selor yang disukai sebab tidak hanya rasa-rasanya yang lezat, kepiting type ini termasuk rendah lemak serta kaya mineral, protein, dan vitamin.

Di Tanjung Selor sendiri kuliner ini di proses dengan beberapa langkah. Dari mulai langkah ditumis dengan saos berbumbu, sampai digoreng krispi. Apa pun pilihanmu, ditanggung makanan ciri khas Tanjung Selor ini masih akan berasa nikmat.

2. Tumis Kapah

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Kota Tanjung Selor memang kaya kuliner lautnya, tidak hanya Kepiting Soka, masih tetap ada Kerang Kapah yang mempunyai cita perasaan tidak kalah menarik. Tumis Kapah adalah salah satunya makanan ciri khas Kalimantan Utara yang begitu popular, terutamanya di Tarakan.

Kaya protein, ditambah gurihnya tumisan beberapa bumbu rempah serta kesegaran perasan jeruk nipis, siapa yang dapat menampik untuk mencicip kuliner ciri khas Kalimantan Utara satu ini?

Lebih komplet kembali, nikmati Tumis Kapah ini dengan sepiring nasi hangat dan segarnya air kelapa muda menjadi minuman pendamping.

3. Nasi Subut

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Makanan Tradisionil Ciri khas Tanjung SelorNasi jadi makanan inti di banyak lokasi di Nusantara. Perihal ini membuat ada jumlahnya olahan nasi ciri khas di beberapa daerah. Di Tanjung Selor sendiri Toppers dapat coba nasi dengan resep ciri khas, yakni Nasi Subut.

Lihat warnanya yang keunguan, pasti kuliner ciri khas Tanjung Selor, atau lebih persisnya Tana Tidung ini telah memilikin penampilan menarik. Warna ungu ini sendiri didapatkan berbahan ubi ungu. Tidak hanya ubi ungu, makanan ciri khas Tanjung Selor ini pula diperlengkapi bulir jagung serta beberapa bumbu pemicu yang membuatnya mempunyai perasaan gurih yang nikmat.

4. Ikan Asin Richa

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Menjadi pendamping nasi subut, ada makanan ciri khas Tanjung Selor lainnya yang dapat jadi lauknya, yaitu ikan asin richa. Kuliner ciri khas Kalimantan Utara ini juga dikenal dengan nama ikan asin pedas atau gami.

Kuliner tradisionil ini biasanya ditumis dengan saus gurih serta dengan sayur singkong tumis untuk lengkapi sepiring nasi subut hangat untuk makan siang atau makan malam.

5. Lawa

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Lawa adalah hindangan ciri khas dari Kerajaan Bulungan, salah satunya kerajaan yang ada di lokasi Kalimantan Utara. Makanan tradisionil ciri khas Kalimantan Utara ini terbuat berbahan penting timun atau rumput laut. Ke-2 sayuran ini lalu di proses dengan kelapa sangrai serta udang galah atau kerang-kerangan.

Dengan perasaan yang beri kesegaran, kuliner ciri khas Tanjung Selor ini sering jadi menu makanan pembuka yang disukai sebelum memakan sajian penting.

6. Sate Ikan Pari

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Bila sate biasanya terbuat dari daging ayam atau daging sapi, di Tanjung Selor Toppers dapat temukan Sate yang terbuat dari Daging Ikan Pari. Berbahan utamannya saja, pastinya makanan ciri khas Tanjung Selor ini memberikanmu perasaan unik yang berlainan.

Diperkaya rempah-rempah, perasaan dari makanan ciri khas Kalimantan utara ini semakin menarik dengan penambahan madu serta kecap manis yang diberi waktu proses pembakaran.

7. Tudai

Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer

Pilihan kuliner laut ciri khas Tanjung Selor lainnya yang bisa saja pilihan santapanmu waktu bertandang ke Ibukota Kalimantan Utara ini. Kerang Tudai adalah kerang berdaging tebal dengan cangkang kehitaman serta jingga yang banyak diketemukan di daerah Bulungan.

Tidak hanya di rebus serta disantap langsung, makanan ciri khas Tanjung Selor ini pula biasa di proses menjadi sambal goreng serta sering jadi sajian saat perayaan-perayaan seperti pernikahan atau pesta kebiasaan.

Dengan cita perasaan ciri khas, memang tidak ada kelirunya memanjakan lidahmu dengan macam makanan ciri khas Tanjung Selor, Kalimantan Utara waktu berkunjung ke Kota ini. Ingin mulai penjelajahan kulinermu di Tanjung Selor ?

Terima kasih sudah berkunjung,selamat berlibur....!!!

0 Response to "Inilah 7 Makanan Khas Tanjung Selor Kalimantan Utara Yang Populer"

Post a Comment