Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Oleh-oleh khas Gorontalo - Gorontalo ialah salah satunya Propinsi di Indonesia yang mempunyai bermacam macam kebudayaan yang tercermin dari jumlahnya suku serta etnis yang ada. Sebab jumlahnya suku serta etnis yang ada itu, terciptalah keanekaragaman yang tidak terhingga, dari makanan ciri khas sampai kerajinan tangan asli Gorontalo.

Tentu saja untuk yang tengah berjalan-jalan ke Gorontalo, tentunya akan beli oleh-oleh kan? Nah, kamu dapat pilih oleh-oleh ciri khas Gorontalo berikut ini!

1. Duduli

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Oleh-oleh ciri khas Gorontalo yang satu ini adalah makanan tradisionil yang terbuat berbahan baku beras ketan, gula merah serta santan, yakni duduli.

Serupa yang seringkali kita temui, dodol, oleh-oleh dari Gorontalo ini ialah makanan “selamat datang” serta “selamat berpisah” buat masyarakat Gorontalo, melambangkan pertemanan.

2. Ilabulo

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Tidak hanya duduli yang melambangkan pertemanan, ada satu oleh-oleh ciri khas Gorontalo yang lain yakni ilabulo yang melambangkan perdamaian serta kesatuan.

Ilabulo terbuat dari tepung sagu yang didalamnya berisi kombinasi telur ayam, amplea ayam ayam, daging ayam waktu lalu dibumbui rempah serta dibungkus daun pisang. Makanan ini gampang sekali diapatkan sebab banyak penjualnya hampir di tiap-tiap pinggir jalan.

3. Pia Gorontalo

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Bukan sekedar di Jawa, Gorontalo ikut mempunyai pia khasnya sendiri. Pia Gorontalo mempunyai perasaan yang bermacam, dari mulai kacang hijau, keju, serta cokelat, sampai perasaan durian.

Pia Gorontalo umumnya jadi pilihan beberapa wisatawan menjadi oleh-oleh ciri khas dari Gorontalo sebab rasa-rasanya yang enak serta gampang dibawa.

4. Songkok Gorontalo

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Songkok Gorontalo atau upiya karanji dalam bahasa Gorontalo ialah penutup kepala dengan bahan baku berbentuk kulit kayu pohon mintu. Pohon semacam rotan ini cuma tumbuh dalam hutan-hutan di Gorontalo, membuat songkok Gorontalo ini unik serta jadi pilihan oleh-oleh ciri khas dari Gorontalo favorite.

Topi ini dipopulerkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Diluar itu, Presiden Joko Widodo juga mengenakannya saat bertandang ke Gorontalo.

5. Kue Karawo

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Kue Karawo ialah kue yang dihias dengan motif kain Karawo ciri khas Gorontalo yang bergambar bunga-bunga. Oleh-oleh ciri khas Gorontalo yang manis ini terbuat berbahan gula halus, telur, susu, mentega, maizena, vanili serta tepung terigu.

6. Kain Karawo

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Jika barusan kuenya, saat ini kainnya sebagai ide kue itu. Kain karawo atau kain karawang adalah kerajinan ciri khas tradisionil asli dari Gorontalo. Motif kain karawo melambangkan tiga perihal yakni hubungan (kaita), bongkaran (wo’ala) serta rantai (rantheya).

Walau harga nya cukup lumayan mahal seperti kain-kain tradisionil Indonesia yang lain, tetapi bisa dipahami sebab proses membuatnya yang susah.

7. Kopi Pinogu

Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer

Kopi Pinogu ialah type kopi Robusta yang datang dari Pinogu, Gorontalo. Kopi ini telah jadi produk oleh-oleh favorit Daerah Propinsi Gorontalo yang tengah di kembangkan serta dipropagandakan.

Itu ia Toppers, 8 oleh-oleh ciri khas Gorontalo yang bisa kamu beli waktu kamu berkunjung ke Gorontalo. Yang manakah sebagai pilihan favorite buat kamu bawa serta pulang waktu liburan ke Gorontal...!!

0 Response to "Inilah 7 Oleh-oleh khas Gorontalo Yang Populer"

Post a Comment