Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu

Kebun Teh Kaligua - Tidak hanya kopi, teh ikut cukuplah seringkali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tidaklah heran ada banyak perkebunan teh yang menyebar di pelosok Tanah Air. Tidak hanya menjadi penghasil daun teh terunggul, beberapa kebun ikut jadikan menjadi tujuan wisata. Tidak dikit ikut yang menaruh narasi asal-usul menarik, salah satunya ialah riwayat Kebun Teh Kaligua yang ada di Brebes. Nah untuk lebih komplet, yuk dibaca penjelasan tersebut!

1. Dibuat waktu Kolonial Belanda Tahun 1889

Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu

Riwayat kebun teh Kaligua yang terdapat di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini dijelaskan jika adalah peninggalan dari jaman Belanda tahun 1889. Dibuatlah pabrik untuk memproses hasil perkebunan jadi teh hitam yang diurus oleh masyarakat Belanda. Sampai waktu mendekati kemerdekaan Indonesia, kebun teh ini diambil alih oleh Jepang. Seiring waktu berjalan, pengelola juga berubah-ubah sampai saat ini dipegang oleh PTPN 9, perusahaan bagian perkebunan di Indonesia.

2. Kesenian Ronggeng pada Perayaan Lagi Tahun Kebun Teh Kaligua

Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu

Dulu saat proses pembangunan pabrik teh pada tahun 1901, pekerja membawa ketel uap serta mesin yang lain dari Paguyangan ke arah Kaligua, ditempuh dengan berjalan kaki saat kira-kira 20 hari. Untuk menghilangkan capek waktu beristirahat, pekerja-pekerja itu disajikan oleh kesenian tari Ronggeng Banyumas. Bahkan juga sampai sekarang juga, pertunjukan seni itu jadi salah satunya atraksi waktu perayaan ulang tahun Kebun Teh Kaligua.

3. Gua Jepang di Lokasi Kebun Teh

Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu

Salah satunya bukti riwayat kebun teh Kaligua masih tetap dapat dilihat sampai saat ini lewat Gua Jepang, yang ada di lokasi kebun. Karena seputar tahun 1942, kebun teh ini diambil alih oleh pasukan Jepang, hingga banyak tanaman teh yang rusak ditukar dengan tanaman pangan lainnya. Mulut gua Jepang itu memiliki ukuran pendek mempunyai tujuan supaya pasukan Belanda yang bertubuh tinggi kesulitan masuk ke. Jika Rekan Traveler menelusuri gua, akan diterima oleh tiruan pasukan Jepang dengan orang Indonesia, memvisualisasikan penjajahan oleh bangsa itu. Waktu bertualang di gua Jepang semestinya menggunakan layanan pemandu untuk keselamatan, serta supaya lebih tahu sejarahnya.

4. Berwisata di Kebun Teh Kaligua

Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu

Kebun Teh Kaligua memang di buka untuk umum menjadi salah satunya tujuan wisata. Daerah ini juga cukuplah tersohor di kelompok pelancong, karena beberapa atraksi salah satunya gua Jepang, hamparan teh tersebut, lalu ikut Tuk Bening adalah mata air yang bisa diminum langsung. Bahkan juga sudah disiapkan ikut beberapa wahana sebutlah saja flying fox, jaring laba-laba, serta pemandian air panas.

Tidak diduga perkebunan teh yang sampai kini populer menjadi wana wisata ini sudah berdiri saat sekurang-kurangnya 1 era. Dan menaruh narasi menyedihkan di waktu kemarin. Rekan Traveler ada tidak nih yang telah berkunjung ke kebun teh Kaligua? Bisa dong di sharing fotonya!

1 Response to "Keindahan Wisata Kebun Teh Kaligua Bumi Ayu"