Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam - Tempat obyek wisata ini tidak jauh dari Jembatan Barelang, persisnya ada di Pulau Galang Batam. Tempat ini menaruh sejuta cerita menyedihkan pada zaman terjadinya perang saudara di Vietnam.

Sejarah menyedihkan ini berlangsung pada tahun 1979, serta kenapa tempat ini diberi nama “Kampung Vietnam“, untuk hindari keganasan perang saat itu, masyarakat Vietnam pilih untuk mengungsi ke pulau Galang Batam.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Terbangunnya Kampung Vietnam dengan sarana komplet di Pulau Galang adalah kerja sama pada Pemerintahan Indonesia dengan PBB untuk menolong penduduk Vietnam yang mengungsi karena perang saudara di Vietnam.

Kampung Vietnam ialah satu Camp pengungsian masyarakat Vietnam dengan luas seputar 80 hektar, di lokasi ini dibangun beberapa fasiltas, seperti barak-barak pengungsian, rumah sakit, sekolah, gereja, wihara, kantor polisi, serta penjara.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Camp Vietnam bisa menyimpan hampir 250.000 pengungsi, sebelumnya memang Pulau Galang belumlah di huni oleh penduduk seputar. Akhir pemerintahan ditempat bangun tempat ini di buat jadi pengungsian.

Akan tetapi saat ini Kampung Vietnam jadi pilihan tempat isi berlibur sekaligus juga tahu Sejarah yang berlangsung pada zaman itu. Meskipun bangunan yang ada di lokasi ini telah berdiri beberapa puluh tahun

Namun masih tetap di jagalah serta dirawat seperti yang lalu, banyak beberapa tempat yang bisa di telusuri ditempat ini. Dari mulai rumah sakit, tempat beribadah, sekolah serta bahkan juga penjara.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Situasi yang di tawarkan dari Wisata Sejarah Kampung Vietnam begitu berlainan dari beberapa tempat wisata Sejarah biasanya, Anda akan di bawa serta kesuasana perkampungan Vietnam tempo dahulu.

Di Pulau Galang ada tempat yang menaruh Sejarah menyedihkan yang akan membuat beberapa pengunjung tempat ini seakan turut rasakan penderitaan yang dihadapi beberapa penghuni terdahulu pulau ini. Tempat itu bernama Kampung Vietnam.

Cerita ironis menerpa beberapa pengungsi di kampung vietnam. Mereka sebagai korban kekejaman perang sudara harus terpaksa melarikan diri dari negaranya dengan memakai kapal kayu untuk melalui lautan.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Tiap-tiap kapal dapat menyimpan pengungsi hampir 50- sampai 100 orang. Serta mereka juga saat beberapa bulan terombang ambing di dalam ganasnya Laut Cina Selatan.

Tidak teringat begitu sesaknya kapal yang mereka tumpangi saat itu, mulai dari anak-anak, sampai orangtua ada dalam suatu kapal. Banyak juga yang tidak tahan yang pada akhirnya wafat saat ada di kapal.

Tinggalkan narasi menyedihkan, mari kita ulas spot-spot menarik yang ada di Wisata Sejarah Kampung Vietnam, Pulau Galang.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Banyak spot menarik yang dapat ditelusuri waktu Anda bertandang ke Kampung Vietnam, tapi tiap-tiap pengunjung akan dipakai cost ticket masuk untuk lihat serta tahu Sejarah yang ada di lokasi wisata ini.

Harga Ticket Masuk Kampung Vietnam Batam 

  • Ticket Masuk : Rp 10.000 / Orang 
  • Ticket Parkir : Rp 3000 / Motor 
  • Ticket Parkir : Rp 5000 / Mobil 

Spot Menarik di Kampung Vietnam Batam 

  • Humanity Statue Tinhn Han Loai 
  • Monumen Perahu 
  • Pemakaman Nghia-Trang Galang 
  • Museum Kampung Vietnam 
  • Vihara Quan Am tu 
  • Rumah Sakit 
  • Penjara Kampung Vietnam 
  • Patung Dewi Kuan Im 
  • Ta On Duc Me Catholic Church 
  • Patung Bunda Maria 
  • Kapal Yang Bercerita Perjalanan Yesus 
  • Gua Maria 
  • Taman Depan Museum 
  • Sejarah Perahu Beberapa Pengunsi 
  • Kebun Rusa 
  • Gereja Khatolik 
  • Patung Budha 

Jam Operasional Kampung Vietnam Batam 

  • Hari Senin – Jum’at : 07:30 – 16:30 
  • Hari Sabtu & Minggu : 07:30 – 17:30 

Tempat Kampung Vietnam Batam 

  • Alamat: Sijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau 

Rute ke arah Kampung Vietnam Batam 

  • Tempat Kampung Vietnam ini terdapat tidaklah terlalu jauh dari Kota Batam seputar 50-60 Km. Perjalanan darat menghabiskan waktu seputar 1,5 jam lewat Jembatan Barelang. 

Untuk mempermudah Anda ke arah tempat dapat lihat peta berikut ini. 

Camp Vietnam masuk dalam katagori wisata Sejarah karna sempat jadi tempat pengungsi masyarakat vietnam yang mencari ketenangan dari peperangan yang berlangsung di negaranya pada saat itu dengan memakai kapal kapal kecil mereka berlayar melalui lautan.

Negara Indonesia menjadi negara yang ikut juga menolong pendamaian dunia dengan tangan terbuka terima beberapa pengungsi vietnam. Beberapa pengungsi membangun rumah hingga kemudian tercipta jadi satu desa.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Tetapi demikian perang selesai mereka dikembalikan ke negaranya tetapi bekas sisa kampung vietnam masih tetap ada seperti fasilitas serta prasarananya juga kapal merekapun masih tetap ada, bahkan juga saat ini telah jadi salah satunya tujuan wisata di Kota Batam.

Kampung Vietnam Batam adalah satu sisa perkampungan yang dulunya sempat ditempati oleh sebagian besar Orang Vietnam Asli yang notabene ialah menjadi pengungsi. Walau sekarang kampung seluas 80 hektar ini telah tidak berpenghuni, tetapi sisa bekas peninggalan pengungsi itu masih dilestarikan serta jadikan obyek wisata. Walau tempatnya agak dikit terpencil, tetapi minat wisatawan yang bertandang tidak sempat menyusut. Hal tersebut karena keingintahuan wisatawan akan histori serta kekhasan Kampung Vietnam yang notabene ialah sisa tempat yang sempat ditempati oleh pengungsi Vietnam itu.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Menilik Sisa Bangunan di Camp Vietnam Batam 

Sangat banyak peninggalan Pengungsi yang masih tetap bisa diketemukan sampai sekarang ini, diantaranya sisa bekas rumah, museum, tempat beribadah, Penjara, bahkan juga ada pula satu monumen yang dibuat oleh pengungsi pengungsi dari vietnam itu. Monumen ini dinamakan “Monumen Perahu”. Perahu itu jadikan satu monumen sebab dengan perahu itu pengungsi Vietnam dapat sampai ke Indonesia.

Monumen Perahu

Pada awal masuk perkampungan ini, wisatawan akan diterima oleh satu Patung yang bernama “Patung Humanity”. Patung ini melambangkan “Kemanusiaan”. Cerita yang melatar-belakangi terdapatnya patung itu ialah tragedi pemerkosaan seseorang wanita Vietnam yang dikerjakan oleh sesama pengungsi pada saat itu.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang

Patung Humanity 

Di Kampung Vietnam ini juga ada satu pemakaman yang terdapat tidak jauh dari Patung Humanity. Makam ini dibikin spesial untuk tempat makan beberapa pengungsi dari Vietnam. Serta kira-kira ada seputar 500 orang Vietnam sudah disemayamkan ditempat ini. Saat masih tetap di Indonesia, beberapa pengungsi Vietnam banyak yang terserang penyakit kelamin (Vietnam Rose). Penyakit Vietnam Rose termasuk juga salah satunya penyakit yang begitu beresiko. Sampai sekarang ini makam ini masih tetap seringkali didatangi oleh masyarakat negara Vietnam yang keluarganya disemayamkan ditempat itu.

Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang Kampung Vietnam, Cerita Ironis Pengungsi Masyarakat Vietnam di Pulau Galang

Pemakaman 

Nyatanya Beberapa Pengungsi Vietnam ini memeluk beberapa jenis agama, ada beberapa dari mereka yang memeluk agama Budha, ada beberapa yang Kristen, Katolik, bahkan juga ada pula yang Muslim. Tidak heran bila di Kampung Vietnam Batam ada beberapa sekali sisa tempat Beribadah yang berbagai macam. Sampai sekarang ini, sisa tempat beribadah itu masih tetap ada. Tiap-tiap wisatawan yang bertandang ke Kampung Vietnam Batam akan menjumpai Vihara, Gereja, serta Musholla.

Narasi / Cerita Kampung Vietnam Batam 

Sebelum tinggal di Indonesia, Orang orang ini sebelumnya cuma mengungsi yang karena terdapatnya perang saudara di negaranya pada seputar tahun 1979. Sebab di Indonesia mereka terasa bisa hidup lebih wajar daripada di negaranya sendiri, pada akhirnya mereka lebih pilih untuk tinggal di Indonesia serta hidup pada sebuah kampung. Diluar itu pengungsi ini dapat dikasihkan fasilitas serta prasarana yang ideal oleh pemerintah RI.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Sesudah kondisi di Vietnam lebih baik, orang orang ini dikit demi sedikit dipulangkan kembali pada negara aslinya. Sesudah pengungsi Vietnam itu pulang ke negaranya, mereka tersisa rumah rumah simpel terbuat dari Kayu yang telah tidak berpenghuni. Serta sisa perkampungan berikut yang dimaksud dengan Kampung Vietnam. Sebab kekhasan orang serta budayanya, jadi kampung ini jadi salah satunya tujuan wisata di Batam.

Misteri Kampung Vietnam Batam Angker? 

Sangat banyak peristiwa kejadian mistis yang dihadapi oleh wisatawan yang bertandang ke Kampung Vietnam. Konon tuturnya, beberapa orang yang menjumpai serta alami beberapa hal aneh, dari mulai penampakan figur mahkluk halus serta peristiwa kejadian aneh lainnya nya, terpenting saat bertandang saat malam hari. Tidak heran bila banyak acara TV swasta yang mengincar penampakan ditempat ini.

Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri

Ada satu mitos yang sangat ditakuti dari tempat ini, yakni larangan untuk ambil buah Mengkudu yang ada ditempat itu. Sempat satu saat ada rombongan wisatawan yang salah satunya ambil serta punya niat membawa pulang buah mengkudu itu. Dari mulai keluar pintu gerbang Kampung Vietnam itu sampai datang di rumah, wisatawan yang ambil buah mengkudu itu alami beberapa beberapa hal yang begitu aneh, dari mulai momen mobil yang setir nya tau-tau tidak dapat dikontrol, sampai terasa kebingungan saat sampai di rumah.

Tempat Kampung Vietnam Batam 

Kampung Vietnam Batam terdapat di Pulau Balang, Kepulauan Riau, persisnya ada di ujung selatan Kota batam serta berjarak kira-kira 50 km dari pusat kota. Untuk ke arah ke Kampung Vietnam ini, ada dua transportasi yang bisa dipakai, yakni kendaraan pribadi serta Ojek. Jika pilih untuk naik ojek, cost yang di keluarkan ialah seputar 200 ribu per orang nya (Pulang Pergi).

0 Response to "Wisata Sejarah Kampung Vietnam Batam yang Penuh Misteri"

Post a Comment