Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Wisata Alam Cikaret - Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi oleh Deputi Peningkatan Tujuan Pariwisata Kementerian Pariwisata Bapak Dadang Rizki Ratman bersama rombongan hadir acara Penyerahan Sertifikat Geopark Nasional di Geopark Pongkor di Lokasi Wisata Alam Cikaret (Kawaci), Nanggung, Jawa Barat, pada Jumat (30/11/2018)

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Kedatangan rombongan langsung diterima dengan prosesi kebiasaan kebiasaan kebudayaan (Sunda) Jawa Barat, Lengser serta diteruskan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Mars Tegar Beriman yang disebut Lagu Mars Kabupaten Bogor, di pimpin oleh Guru dari Nanggung sebagai Dirgen.

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Tempat sisa pertambangan :

Geopark Pongkor sendiri ada di ruang tempat yang disebut tempat sisa pertambangan di Desa Bantar Karet, Nanggung, Bogor. Waktu operasi produksinya habis pada 2021. Nama Pongkor datang dari Gunung Pongkor yang disebut gunung api purba dengan status gunung tidak aktif semenjak 30 juta tahun yang lalu. Team Geologi Pakuan yang disebut salah satunya penyusun Geopark Pongkor menjelaskan jika nama Pongkor mempunyai nilai plus dari sisi geologi di banding pilihan beberapa nama yang lain.

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Alamat Kawasan Wisata Cikaret (Kawaci Park) : Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat 16650

Jam buka Wisata Cikaret :
  • Senin 07.00–17.00
  • Selasa 07.00–17.00
  • Rabu 07.00–17.00
  • Kamis 07.00–17.00
  • Jumat 07.00–17.00
  • Sabtu 07.00–17.00
  • Minggu 07.00–17.00
Geopark Pongkor sendiri diperlengkapi menjadi lokasi agroedutourism di lokasi Nanggung. Awal mulanya, di lokasi ini, ada Goa Gudawang, Curug Cigamea serta Curug Seribu Malasari. Geopark Pongkor membentang di 15 kecamatan dengan luasan seputar 135 hektare. Lokasi lembah serta dataran yang berada di 15 kecamatan serta 72 desa ini begitu wajar jadi tempat wisata seperti Pabangbon, Kebun Teh Cianten, Curug Seribu, Curug Cigmaea, Kawah Ratu, Curug Nangka, Curug Cikawung, Curug Berundag, Curug Sawer, Bukit Cibodas, Gua Gedawang, Gunung Dahu, Gunung Dango. Curug Cibiit, serta yang lain.

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Wisata pendidikan :

Geopark Pongkor juga jadi sarana pendidikan di mana di seputar ruang, ada beberapa tanaman serta satwa langka yang dapat jadikan object edukasi.Geopark Pongkor mempunyai 30 geosite yang dapat di kembangkan, salah satunya situs geologi, museum tambang emas, air terjun (curug) yang menarik, kampung kebiasaan, pemandian air panas, danau, goa, sampai hamparan sawah yang membentang luas.

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Museum tambang emas Pongkor :

Untuk wisata tambang, di sini PT Antam membuat Museum Tambang Pongkor. Wisatawan sekarang ini bisa berwisata edukasi serta masuk ke lobang penambangan emas. Kehadiran museum tambang bawah tanah merepresentasikan segi edukasi lewat transfer pengetahuan mengenai kegiatan operasional penambangan, sekaligus juga pemrosesan bijih emas, serta beberapa pekerjaan pendukung yang lain.

Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor

Peta Lokasi Cikaret Pongkor Bogor :


Panjang satu lobang penambangan emas mempunyai jarak seputar 500 mtr. sampai 2,5 km.. Tiap-tiap satu lobang ada satu kantin atau rest ruang untuk beberapa pekerja istirahat, makan, sholat, mandi, ataupun bersihkan.

Selamat berlibur......!!!!

0 Response to "Tempat Wisata Alam Baru Geopark Cikaret Pongkor Bogor"

Post a Comment